Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Menyimpan Croissant yang Tepat Agar Tekstur dan Rasanya Tetap Enak

List Artikel
4 Mei 2023 | 2 Komentar

Tak hanya roti, aneka jenis pastry juga sangat mudah berubah tekstur dan rasanya sehingga kamu harus menyimpannya dengan benar. Salah satu jenis pastry yang akan kita bahas cara penyimpanannya kali ini adalah croissant. Sebelum mengetahui tips menyimpan croissant, kamu wajib tahu dulu apa itu croissant. Croissant adalah salah satu jenis pastry khas Perancis yang memiliki bentuk unik karena berbentuk seperti bulan sabit. Teksturnya sudah pasti garing dan renyah pada bagian luar, sedangkan pada bagian dalamnya cenderung kopong. Sama seperti jenis pastry lainnya, jika tidak disimpan dengan baik dan benar, croissant ini bisa rusak tekstur dan rasanya. Mengapa demikian? Rongga dalam pastry bisa membuat kelembaban udara mudah masuk dan merusak tekstur serta rasanya. Rata-rata, pastry yang tidak disimpan dengan benar akan memiliki tekstur sangat keras dan aroma wangi dari butternya menghilang. Lantas apa yang bisa kita lakukan? 



Sumber: Pergikuliner.com


1. Simpan dalam Wadah Tertutup Rapat

Tips menyimpan croissant yang pertama adalah dengan meletakkannya dalam wadah yang tertutup rapat. Seperti yang sudah dijelaskan di atas sebelumnya, salah satu hal yang membuat tekstur dan rasa croissant ini rusak adalah karena terpapar udara. Jadi sebaiknya untuk menghindari paparan udara, kamu harus menyimpan croissant dalam wadah kedap udara supaya udara tidak mudah masuk dan mempengaruhi tekstur dan rasa dari croissant.

 

2. Gunakan Plastik Jika Tak Ada Wadah

Jika tidak ada wadah kedap udara, kamu bisamenggunakan plastik untuk membungkus croissant. Plastik yang digunakan bisa plastik wrap atau cling wrap karena bisa melekat kuat sehingga croissant tidak terpapar udara. Kamu bisa membungkus satu-satu croissant yang telah dibeli. Hindari membungkus croissant sekaligus jika kamu tidak ingin menyantapnya sekaligus. Karena saat membungkus croissant sekaligus, tapi kamu hanya menyantap satu saja, maka sisanya akan terpapar udara ketika kamu membuka bungkusan plastiknya sehingga daya rekatnya akan berkurang sehingga memungkinkan udara bisa mudah masuk.

 

3. Simpan di Tempat yang Sejuk dan Kering

Meski sudah dimasukkan dalam wadah kedap udara atau dibungkus dengan plastik wrap, kamu tetap harus menyimpannya di tempat yang sejuk dan kering. Croissant yang diletakkan di ruangan lembab bisa menyebabkan jamur mudah tumbuh dalam pori-pori di dalam croissant. Hindari juga croissant dari paparan sinar matahari. Sinar matahari yang mengenai croissant bisa merusak teksturnya nanti.

 

4. Bekukan dalam Freezer

Tips menyimpan croissant yang tepat agar tekstur croissant tetap enak adalah dengan cara membekukannya di dalam freezer. Mengapa tidak disimpan di kulkas saja? Pastry yang disimpan dalam kulkas bisa membuat tekstur croissant jadi mengeras dan kering karena kelembapannya berkurang akibat penguapan. Lain halnya jika disimpan di freezer. Proses pembekuan dalam freezer bisa membekukan kandungan air dalam roti sehingga saat kamu memanaskan croissant, kandungan air akan tetap ada karena akan mencair. Walaupun dimasukkan dalam freezer, kamu juga harus meletakkannya dalam wadah kedap udara atau plastik wrap.

 

Itulah beberapa tips menyimpan croissant yang tepat agar teksturnya tetap enak dan tidak rusak. Semoga informasi di atas berguna untuk teman kuliner, ya. Kalau teman kuliner ingin membeli croissant enak untuk dikonsumsi sebagai menu sarapan, bekal makan siang, atau cemilan, teman kuliner bisa datang ke salah satu toko kue dan pastry atau kedai kopi yang punya croissant enak di bawah ini!

Olive Tree House of Croissants

Foto Olive Tree House of Croissants
Foto Olive Tree House of Croissants
Foto Olive Tree House of Croissants

Becca's Bakehouse

Foto Becca's Bakehouse
Foto Becca's Bakehouse
Foto Becca's Bakehouse

Gramasi Coffee

Foto Gramasi Coffee
Foto Gramasi Coffee
Foto Gramasi Coffee

Dolls Bakeshop

Foto Dolls Bakeshop
Foto Dolls Bakeshop
Foto Dolls Bakeshop

Social Affair Coffee & Baked House

Foto Social Affair Coffee & Baked House
Foto Social Affair Coffee & Baked House
Foto Social Affair Coffee & Baked House

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
tSCuBmsXv
pagevirgil46@gmail.com | 24 Mar 2021 pk. 12:03 AM
Foto user umum
pvRIqEtVM
pagevirgil46@gmail.com | 24 Mar 2021 pk. 12:03 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?