Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Menyimpan Sayur dan Buah Agar Tetap Segar dan Terjaga Nutrisinya

List Artikel
7 Januari 2017 | 0 Komentar

Tubuh manusia membutuhkan nutrisi, vitamin serta mineral yang dapat menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit menjalani aktivitas. Maka tak heran jika selain minum air putih dan makan aneka protein hewani, kamu juga diharuskan banyak makan sayur dan buah untuk dapat memenuhi asupan yang dibutuhkan oleh tubuh kamu. Ada banyak sekali manfaat sayur dan buah bagi tubuh seperti melancarkan pencernaan, menurunkan kolesterol, mengurangi dehidrasi, hingga mencegah penyakit kanker. Sayur dan buah yang segar dipercaya dapat memberikan nutrisi yang lebih bagus. Biasanya orang menyimpan buah dan sayuran ke dalam kulkas begitu saja. Tapi tahukah kamu kalau beberapa sayur dan buah itu tidak bisa diperlakukan sama. Pergi Kuliner akan memberikan beberapa tips untuk menyimpan sayur dan buah agar tetap segar dan terjaga nutrisinya. Yuk lihat!

 


Sumber: popsugar-assets.com


1. Jangan Cuci Sayur dan Buah Sebelum Disimpan

Biasanya hal yang pertama kali kamu lakukan setelah membeli sayur dan buah adalah mencucinya sebelum memasukkan dalam lemari es. Tapi tahukah kamu kalau ternyata sayur dan buah yang telah dicuci akan hilang lapisan pelindung alaminya. Lapisan pelindung alami tersebut berguna untuk menjaga sayur dan buah agar tidak cepat berjamur atau membusuk. Jika sayur dan buah terlihat kotor, sebaiknya kamu mengelapnya dengan lap kain atau tisu sebelum menyimpannya. Cuci sayur dan buah sebelum kamu mengkonsumsinya saja.

 

2. Jangan Menyimpan Sayur dan Buah Tertentu Secara Bersamaan

Beberapa sayur dan buah akan mengeluarkan ethylene saat mereka mulai matang seperti buah pisang, apricot, melon, pir, plum, mangga, dan tomat. Nah, beberapa sayur dan buah  ternyata ada yang sensitif banget sama ethylene seperti apel, terong, semangka, kentang, labu, wortel, dan brokoli yang akan cepat membusuk kalau disimpan bersamaan dengan sayur dan buah yang mengeluarkan ethylene saat mereka matang. Jadi sebaiknya simpan sayur dan buahmu secara terpisah ya!

 

3. Tak  Semua Sayur dan Buah Bisa Disimpan di Dalam Kulkas

Ternyata tak semua sayur dan buah bisa disimpan di dalam kulkas, contohnya seperti pisang, paprika, tomat, dan mentimun. Rasa kenyal serta tekstur daging yang ada pada sayur dan buah tersebut bisa hilang dan rusak seperti tomat dan mentimun yang akan berlendir atau benyek saat kamu simpan dikulkas setelah dipotong.

 

4. Menyimpan Sayur dan Buah di Tempat yang Kering

Sayur dan buah memang sebaiknya tidak disimpan di ruangan yang lembab karena mudah berjamur dan busuk. Simpanlah sayur dan buah di tempat yang kering. Jika terpaksa menyimpannya di kulkas, maka lapisi bagian bawah tempat penyimpanan dengan kain kering yang bertujuan untuk mengurangi kelembapan serta menjaga sayur dan buah agar tetap segar.

 

5. Perlakuan Khusus Pada Sayur dan Buah Tertentu

Tak semua sayur dan buah bisa disimpan dengan cara yang sama. Misalkan buah alpukat yang sebaiknya disimpan dalam plastik kedap udara atau kertas. Lalu kentang yang sebaiknya dijauhkan dari sinar matahari karena pancaran sinar matahari justru akan membuat kentang cepat layu dan busuk. Terakhir ada pisang yang harus disimpan dalam suhu ruangan serta tangkainya harus kamu balut dengan plastic wrap agar daging pisang tidak cepat berubah warna. 

Maple & Oak

Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak

Bourbon Eatery & Coffee

Foto Bourbon Eatery & Coffee
Foto Bourbon Eatery & Coffee
Foto Bourbon Eatery & Coffee

La Hoya Comida Mexicana

Foto La Hoya Comida Mexicana
Foto La Hoya Comida Mexicana
Foto La Hoya Comida Mexicana

SNCTRY & Co

Foto SNCTRY & Co
Foto SNCTRY & Co

Berrywell

Foto Berrywell
Foto Berrywell
Foto Berrywell

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?