Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Menyimpan Sushi agar Tetap Aman Dikonsumsi Keesokan Harinya

List Artikel
18 November 2023 | 0 Komentar

Sushi merupakan salah satu kuliner khas Jepang yang memiliki banyak sekali penggemar yang tersebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Sushi aslinya dibuat dari bahan dasar nasi yang diberi topping atau lapisan seafood mentah. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, variasi sushi kini semakin beragam dengan mencakup campuran bahan lainnya seperti telur, daging ayam, daging sapi, hingga seafood matang. Ciri khas dari sushi adalah bentuknya yang mini sehingga bisa disantap dalam satu kali suap. Karena bentuknya mini, seseorang bisa menikmati beberapa piring sushi sekaligus karena setiap piring sushi biasanya hanya menyajikan 2-4 buah sushi. Sushi memang lebih nikmat jika disantap langsung setelah disajikan karena lebih fresh. Namun, bagaimana kalau kita tidak punya waktu dan ingin mengonsumsinya besok? Tenang saja, di bawah ini ada beberapa tips menyimpan sushi agar tetap aman dikonsumsi keesokan harinya.



Sumber: pergikuliner.com

 

Simpan dalam Suhu 8-10 Derajat Celcius

Tips menyimpan sushi agar tetap aman dikonsumsi keesokan harinya adalah menyimpannya di bawah suhu 8-10 derajat celcius. Hindari menyimpan sushi di atas suhu tersebut, tapi kamu juga tidak boleh menyimpannya di bawah suhu 0 derajat celcius karena akan menjadikan sushi beku dan membuat tekstur serta rasanya berubah. Simpan sushi di kulkas bagian depan atau rak tengah yang memiliki suhu tepat. Jika menyimpan di rak bawah atau rak belakang, maka suhunya lebih dingin sehingga bisa membuat sushi membeku.

 

Perbedaan Waktu Penyimpanan Sushi Mentah dan Matang

Saat menyimpan sushi, kamu sebelumnya harus mengetahui dulu jenis sushi yang dibeli. Secara umum, terlepas dari variannya, ada dua jenis sushi, yakni sushi mentah dan sushi matang. Jika kamu membawa pulang sushi mentah, biasanya hanya akan bertahan hingga 2 jam saja di suhu ruangan. Namun, kalau dimasukkan ke dalam kulkas maka sushi akan bertahan antara 24-48 jam tergantung dari kesegaran bahan mentah yang digunakan. Lebih baik lagi jika disimpan dalam kurun waktu kurang dari 24 jam. Hal ini dikarenakan bahan mentah pada sushi bisa membuat sushi mudah basi karena pertumbuhan bakterinya yang cepat. Lain halnya untuk sushi matang yang memiliki waktu simpan lebih lama di dalam kulkas. Sushi matang bisa bertahan lebih dari dua hari atau sekitar 3-4 hari jika disimpan dalam kulkas. Ini dikarenakan sushi sudah matang betul sehingga perkembangan bakteri lebih lambat.

 

Bungkus Rapat Sushi

Tips selanjutnya untuk menyimpan sushi agar tetap aman dikonsumsi keesokan harinya adalah dengan membungkus rapat sushi. Walaupun disimpan di dalam kulkas, baik itu sushi matang maupun sushi mentah, keduanya harus sama-sama dibungkus rapat atau dimasukkan ke dalam wadah yang tertutup rapat. Dengan membungkus atau memasukkan sushi ke dalam wadah kedap udara, maka tidak akan ada paparan bakteri dari udara yang masuk ke dalam sushi sehingga sushi bisa bertahan lebih lama.

 

Simpan dalam Porsi Sedikit-sedikit

Tips terakhir untuk menyimpan sushi agar tetap aman dikonsumsi adalah kamu harus menyimpannya dalam porsi sedikit-sedikit. Misalkan, kamu tidak sanggup untuk menghabiskan semua sushi yang dibeli, maka sebaiknya simpan per porsi sekali makan saja. Dengan begitu, kamu tidak perlu membuka-tutup wadah kedap udara atau plastik kemasan sushi secara berkali-kali. Karena jika dibuka-tutup secara berkali-kali, bakteri akan lebih mudah masuk ke dalam wadah atau plastik kemasan sushi. Jadi, kalau sudah terlanjur dikeluarkan dari kulkas dan dibuka kemasan atau plastiknya, maka sebaiknya langsung dikonsumsi hingga habis.

 

Itulah beberapa tips menyimpan sushi agar tetap aman dikonsumsi keesokan harinya. Semoga dengan adanya tips di atas bisa membantu kamu saat akan menyimpan sushi, ya. Nah, buat kamu yang ingin menyantap sushi, berikut ini ada rekomendasi beberapa tempat yang menyajikan sushi yang bisa kamu coba!

Kappa Sushi

Foto Kappa Sushi
Foto Kappa Sushi
Foto Kappa Sushi

Umaku Sushi

Foto Umaku Sushi
Foto Umaku Sushi
Foto Umaku Sushi

Okinawa Sushi

Foto Okinawa Sushi
Foto Okinawa Sushi
Foto Okinawa Sushi

Genki Sushi

Foto Genki Sushi
Foto Genki Sushi
Foto Genki Sushi

Sushi Maru

Foto Sushi Maru
Foto Sushi Maru
Foto Sushi Maru

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?