Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Trik Mudah Kurangi Asupan Gula Sehari-hari

List Artikel
29 Januari 2020 | 0 Komentar

Makanan dan minuman yang memiliki citarasa manis memang sangat menggoda siapa saja. Kuliner manis memang bisa menimbulkan efek menenangkan dan bisa menghilangkan stres karena bisa memicu hormon endorfin yang membawa rasa bahagia. Dalam setiap kuliner yang kita santap sehari-hari, pasti akan ada kandungan gula di dalammya. Sebenarnya mengonsumsi kuliner manis boleh-boleh saja karena jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat maka bisa membawa manfaat untuk tubuh. Tapi jika dikonsumsi secara berlebihan tentunya kamu akan mendapatkan dampak negatifnya bagi tubuh. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, batas penggunaan gula perharinya adalah sekitar 50 gram atau 12 sendok makan per harinya. Lantas bagaimana caranya mengurangi asupan gula? Ada trik mudah kok yang bisa kamu terapkan tanpa perlu meninggalkan kuliner manis, yaitu:



Sumber: wongcoco.com


1. Batasi Kuliner Manis

Seperti yang sudah dikatakan di atas, tak perlu meninggalkan makanan dan minuman manis karena tubuh juga butuh asupan yang manis untuk menjaga gula darah dan memberikan energi. Tapi sebaiknya kamu membatasi jumlah konsumsinya. Terutama pada minuman manis. Minuman manis, terutama minuman kemasan punya kadar gula yang cukup tinggi sehingga harus kamu batasi. Selain minuman manis, makanan manis juga perlu dibatasi. Misalkan jika kamu sudah makan dua slice cake sebaiknya tidak tergoda lagi untuk makan martabak manis. Jika ingin makan martabak manis, kamu bisa menyantapnya besok.


2. Kombinasikan dengan Protein dan Serat

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi asupan gula sehari-hari, kamu bisa mengombinasikan kuliner manis dengan protein dan serat pada saat menyantapnya. Kuliner manis bisa membuat kadar gula dalam darah cepat dan menurun dengan cepat. Akibatnya perut akan mudah lapar. Kalau kamu mengimbanginya dengan makan protein dan serat yang cukup, maka kombinasi tersebut bisa memperlambat pelepasan gula dalam tubuh.


3. Selalu Santap Buah Segar

Tubuh memang membutuhkan asupan gula per harinya, tapi ingatlah kalau hal tersebut tak hanya bisa didapat dari makanan dan minuman manis yang dibuat dari campuran gula pasir di dalamnya.  Tapi kamu juga bisa mendapatkan asupan gula dari buah-buahan. Dengan mengonsumsi buah-buahan, kamu bisa mendapatkan asupan gula alami dari rasa manisnya. Selain itu, buah-buahan juga mengandung serat yang tinggi sehingga bagus untuk tubuh. Kamu bisa menyantap buah dalam bentuk jus, smoothie, atau salad buah.


4. Gunakan Pemanis Alami

Trik lain untuk mengurangi asupan gula adalah dengan menggunakan pemanis alami, bukan pemanis buatan. Pemanis alami memang memiliki citarasa manis, tapi rasa manisnya ini tidak sedalam rasa manis dari pemanis buatan. Meski demikian, tentu saja pemanis alami jauh lebih sehat. Pemanis alami yang bisa kamu gunakan adalah madu murni.


5. Pilih Produk yang Kadar Lemaknya Normal

Trik terakhir ini sangat penting untuk kamu ketahui, apalagi untuk orang-orang yang sedang berdiet. Biasanya produk yang berlabel low fat memiliki kadar gula yang lebih tinggi loh jika dibandingkan produk yang normal alias tidak berlabel low fat. Hal ini dikarenakan produk berlabel low fat atau rendah yang sudah dikurangi kadar lemaknya ini punya cita rasa yang tidak terlalu legit sehingga penambahan gula mau tak mau ditambahkan untuk memperkaya rasanya. Jadi kalau kamu sedang mengurangi asupan gula sebaiknya hindari produk berlabel low fat.

 

Itulah beberapa trik yang bisa kamu terapkan untuk mengurangi asupan gula sehari-harinya. Nah, jika kamu masih ingin menikmati aneka hidangan manis, kamu bisa menyantapnya di salah satu tempat makan di bawah ini ya!

COCOBOWL

Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL

Sal En Co

Foto Sal En Co
Foto Sal En Co
Foto Sal En Co

Lewis & Carroll Tea

Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea

TWG Tea Salon & Boutique

Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?