Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Trik Simpan Bolu agar Tetap Lembut dan Enak Saat Disantap Kembali

List Artikel
1 Agustus 2023 | 0 Komentar

Bolu menjadi salah satu kue yang paling sering disantap oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, kue ini sudah sangat dikenal dan bisa dengan mudah dijumpai di toko kue. Kue bolu terdiri dari berbagai macam jenis, ada yang polos tanpa topping dan ada yang diberikan topping seperti butter cream, parutan keju, hingga taburan meises atau kacang tanah sangrai yang dicincang.


Kue ini juga bisa dijumpai dalam bentuk utuh seperti kotak, bulat, hingga ada yang digulung. Bolu juga bisa dijumpai dalam bentuk potongan atau irisan. Biasanya, bolu yang dijual dalam bentuk potongan ini akan disajikan sebagai isian snack box atau jajanan yang disajikan pada saat berkumpul, entah itu acara keluarga, arisan, hingga rapat kantor.


Saat kamu membeli atau mendapatkan bolu, terkadang tidak langsung habis hari itu juga. Baik itu karena alasan kenyang atau ingin menyantapnya di kemudian hari. Namun sayangnya, tidak semua orang tahu bagaimana cara menyimpan bolu yang benar. Bolu yang tidak disimpan dengan baik akan memiliki tekstur yang kering dan rasanya bisa berubah. Nah, di bawah ini ada beberapa trik simpan bolu agar tetap lembut dan enak saat disantap kembali.


 

Sumber: pergikuliner.com


Letakkan dalam Wadah Kedap Udara

Trik simpan bolu agar tetap lembut dan enak yang pertama adalah dengan meletakkannya di dalam wadah kedap udara. Trik ini berlaku untuk bolu yang memiliki topping maupun tidak. Tujuan meletakkan bolu di dalam wadah kedap udara adalah untuk menjaga kelembapannya. Bolu yang dibiarkan saja di udara terbuka akan cepat kering karena kelembapannya akan menguap. Saat bolu menjadi kering, maka rasanya juga akan berbeda. Lain halnya jika disimpan dalam wadah kedap udara, bolu tidak akan terpapar udara sehingga teksturnya akan tetap lembut dan moist.

 

Masukkan dalam Plastik Ziplock

Jika kamu tidak punya wadah kedap udara, ada plastik ziplock. Plastik ziplock merupakan jenis plastik kemasan yang bisa dijadikan sebagai wadah penyimpanan karena pada bagian atasnya ada ziplock yang bisa merekatkan plastik sehingga menjadi kedap udara. Plastik ziplock ini harganya sangat terjangkau dan memiliki beragam ukuran. Jadi, kalau bolu sisa tidak banyak, kamu bisa menggunakan plastik yang berukuran kecil. Dengan menggunakan plastik ziplock, maka tekstur dari bolu bisa tetap lembut dan enak saat disantap kembali.

 


Sumber: pergikuliner.com


Simpan di Udara yang Sejuk

Trik simpan bolu agar tetap lembut dan enak adalah dengan menyimpannya di udara yang sejuk. Baik itu bolu yang tidak memiliki topping maupun yang memiliki topping, sebaiknya kamu menjauhkannya dari paparan sinar matahari saat menyimpannya. Udara yang sejuk bisa menjaga kelembapan dari bolu sehingga teksturnya tetap lembut dan enak. Jika disimpan dekat paparan sinar matahari maka kadar air di dalam bolu akan menguap. Saat kadar air di dalam bolu menguap, maka teksturnya menjadi kering dan lama-lama mengeras.

 

Simpan dalam Kulkas

Trik lain untuk menyimpan bolu agar tetap lembut saat dikonsumsi kembali adalah dengan menyimpannya di dalam kulkas. Dengan menyimpannya di dalam kulkas, bolu memang akan lebih tahan lama jika dibandingkan disimpan di ruangan biasa. Tapi ingat ya, bolu tetap harus diletakkan di dalam wadah kedap udara atau plastik ziplock sehingga tidak kering. Saat disimpan di dalam kulkas, bolu akan cepat kering jika tidak diletakkan di dalam wadah kedap udara. Jadi, pastikan untuk meletakkannya dulu dalam wadah kedap udara, baru kemudian dimasukkan ke dalam kulkas.



Sumber: pergikuliner.com 


Gunakan Silicon Gel

Trik yang terakhir adalah menggunakan silicon gel. Silicon gel sangat sering digunakan dalam kemasan makanan. Tujuan utamanya adalah untuk menjaga kelembapan dan menjaga agar aroma makanan tetap baik. Silicon gel juga bisa membuat bolu tidak mudah berjamur. Kamu bisa menaruh silicon gel ke wadah kedap udara atau ke dalam plastik ziplock. Cukup gunakan satu buah silicon gel saja pada satu wadah penyimpanan.

 

Itulah beberapa trik untuk simpan bolu supaya tetap lembut saat nanti disantap kembali. Semoga dengan adanya informasi di atas, kamu kini bisa menyimpan bolu dengan benar. Buat yang suka menyantap bolu dan kue manis lainnya, di bawah ini ada beberapa rekomendasi tempat yang bisa kamu datangi!

Bolu Bakar Tunggal

Foto Bolu Bakar Tunggal
Foto Bolu Bakar Tunggal
Foto Bolu Bakar Tunggal

Sponji Traditional Spongecake

Foto Sponji Traditional Spongecake
Foto Sponji Traditional Spongecake
Foto Sponji Traditional Spongecake

Tata Cakery

Foto Tata Cakery
Foto Tata Cakery
Foto Tata Cakery

C for Cupcakes & Coffee

Foto C for Cupcakes & Coffee
Foto C for Cupcakes & Coffee
Foto C for Cupcakes & Coffee

Hakuna Cake

Foto Hakuna Cake
Foto Hakuna Cake
Foto Hakuna Cake

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?