Wah, Ternyata Tidur dalam Keadaan Lapar Berdampak Negatif Bagi Kesehatan!

12 Maret 2020 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang sering banget langsung tidur meski perut terasa lapar? Hal ini tidak hanya dilakukan segelintir orang saja lho, tapi banyak orang. Ada tiga alasan mengapa orang memilih untuk tidur dalam keadaan lapar seperti malas karena tidak tahu mau makan apa, sudah kecapean sehingga ingin langsung tidur, hingga sengaja tidak makan karena sedang diet. Rata -rata orang akan menganggap kalau tidur dalam kondisi lapar, nantinya rasa lapar tersebut akan hilang dengan sendirinya. Ternyata kamu salah nih! Jika kamu tidur dalam keadaan lapar, ada banyak resiko yang bisa kamu alami lho, yaitu:

 


Sumber : Pergikuliner.com


1. Tidur Tidak Nyenyak

Hal pertama yang akan terjadi ketika kamu tidur dalam keadaan lapar adalah tidurmu tidak akan nyenyak karena akan terus-terusan terbangun. Hal ini disebabkan karena dalam keadaan lapar, otak akan terus bersikap siaga alias tidak beristirahat. Akibatnya, kamu akan mudah terbangun dan saat terbangun, perut akan keroncongan sehingga kamu akan sulit tidur kembali.

 

2. Massa Otot Berkurang

Saat lapar, tubuh akan kekurangan protein yang bisa diolah menjadi massa otot. Akibatnya, tubuh nantinya justru akan memecah massa otot agar bisa mendapatkan energi. Jika hal ini terus berlanjut, maka lama-lama jaringan otot terpenting dalam tubuh, yaitu jantung akan rusak. Oleh karena itu, jangan biarkan dirimu tidur dalam keadaan lapar supaya nantinya tubuh tetap bisa mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap sehingga anggota tubuh selalu sehat.

 

3. Gula Darah Menurun

Saat tubuh lapar dan kamu memaksakan diri untuk tidur, maka di keesokan harinya tubuh akan mengalami penurunan gula darah yang drastis sehingga kamu merasa lemas dan mudah lapar. Akibatnya sudah pasti makanan yang dilahap akan lebih besar. Tentu saja hal seperti ini akan sangat berbahaya bagi penderita diabetes. Beberapa orang yang sehat malah bisa mengalami sakit kepala di pagi harinya.

 

4. Kurang Energi

Seperti yang sudah dikatakan di atas sebelumnya, ketika tidur dalam keadaan lapar, maka keesokan harinya gula darah akan turun dan tubuh akan lemas. Kurangnya bahan bakar juga menjadi penyebab tubuh kurang energi. Ketika tidur, ada organ tubuh yang tetap bekerja seperti jantung, paru-paru dan lain sebagainya. Untuk membiarkan organ tubuh ini bekerja dibutuhkan asupan nutrisi yang memadai. Jadi wajar saja kalau kamu tidur dalam keadaan lapar, keesokan harinya tubuh akan merasa kurang energi.

 

5. Mood Jadi Tidak Bagus

Resiko terakhir saat kamu tidur dalam keadaan lapar adalah mood akan menjadi tidak bagus seharian. Perut yang lapar akan mempengaruhi kadar hormon endorfin dan serotonin dalam darah. Jika sudah seperti ini, kamu akan mudah bad mood, uring-uringan, serta merasa kesal di pagi. Apalagi jika sampai melewatkan sarapan pagi. Sudah malamnya tidur dalam keadaan lapar, paginya tidak sempat sarapan.

 

Jadi, mulai sekarang kamu jangan lagi tidur dalam keadaan perut kosong ya! Setidaknya isi perutmu dulu agar ada makanan yang bisa dicerna oleh tubuh, bisa berupa buah, kacang-kacangan, atau  yoghurt. Semoga informasi di atas bisa mengubah jalan pikiranmu selama ini agar tetap mengisi perut yang lapar sebelum tidur. Nah, sekarang mari simak beberapa makanan  dan minuman yang bisa kamu nikmati saat lapar melanda di malam hari ya!

SaladStop!

Crunchaus Salads

101+ Juice

Salad Bar by Hadi Kitchen

Berrywell


Topik artikel ini: