Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Wajib Tahu! Ini Perbedaan Es Selendang Mayang dan Es Bongko

List Artikel
19 September 2020 | 0 Komentar

Indonesia sangat terkenal akan kekayaan ragam kulinernya. Seperti yang kita ketahui, banyaknya ragam kuliner di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti keanekaragaman budayanya hingga bahan-bahan makanan yang melimpah. Salah satu kuliner yang punya banyak variannya di Indonesia adalah dessert seperti es. Berhubung Indonesia memiliki iklim tropis yang panas, maka tak heran kalau ada banyak varian es menyegarkan yang bisa kamu temukan. Dari sekian banyak es khas Indonesia, ada dua es segar yang tampilannya serupa sehingga kita seringkali salah mengenalinya, yakni es bongko dan es selendang mayang. Keduanya sama-sama memiliki tampilan berlapis dan disajikan bersama dengan kuah santan dan gula merah. Padahal kedua es segar ini sangat berbeda loh. Lantas di mana letak perbedaannya?



Es Selendang Mayang (Sumber: resepkoki.id)


Asal Usulnya

Jika dilihat dari asal usulnya, kedua ez segar berlapis ini berbeda asal daerahnya. Es selendang mayang berasal dari Jakarta, konon es ini didagangkan dengan menggunakan gerobak pikul dan dijajakan ke kampung-kampung yang ada di area Jakarta. Sedangkan es bongko asalnya dari Pontianak, Kalimantan Barat. Tak jauh berbeda dengan es selendang mayang, es bongko ini juga sama-sama menjadi jajanan kaki lima yang dijajakan dengan menggunakan gerobak pikul.

 

Bahan Pembuatan

Dari segi bahan pembuatannya, es bongko dan es selendang mayang ini sama-sama terbuat dari bahan dasar tepung hunkwe. Hanya saja, untuk es selendang mayang ditambahkan dengan tepung sagu tani. Es bongko dibuat dari bahan campuran tepung hunkwe, air, dan gula yang dimasak hingga matang lalu dituang dalam cetakan. Sedangkan untuk es selendang mayang dibuat dari tepung sagu tani, tepung hunkwe, gula, dan air yang dimasak dan dicetak dalam cetakan khusus.


Es Bongko (Sumber: resepanekakuelapis.com


Tampilan

Kalau dari segi tampilannya, keduanya ini memang terlihat mirip, tapi kamu tetap bisa membedakan keduanya kok. Untuk es selendang mayang, tampilannya terdiri dari lapisan warna merah atau merah muda, hijau muda, dan putih. Sedangkan untuk es bongko kebanyakan hanya memiliki dua warna pada lapisannya, yakni hijau muda dan putih. Beberapa es bongko ada yang  hanya berwarna hijau saja. Es bongko biasanya disajikan dengan bahan tambahan lainnya seperti irisan nangka atau kacang merah. Berbeda dengan es selendang mayang yang hanya disajikan dengan kuah santan dan gula merah saja. 

 

Tekstur dan Rasa

Jika kamu melihat dari segi tekstur dan citarasanya, antara es bongko dan es selendang mayang memang berbeda. Untuk tekstur dari es selendang mayang lebih kenyal. Sementara es bongko lebih padat tapi lembut. Berhubung keduanya ini sama-sama disajikan dengan kuah santan dan gula merah, maka citarasanya menjadi manis dan legit.

 

Jadi sekarang kamu sudah tahu khan perbedaannya. Semoga nantinya kamu tak akan keliru lagi mengenali kedua es menyegarkan yang punya citarasa tradisional tersebut. Menurutmu, dari keduanya ini manakah yang paling dekat dengan seleramu?

Es Campur Ko Acia

Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia

Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)

Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)
Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)
Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)

Es Teler 77

Foto Es Teler 77
Foto Es Teler 77

Mpek - Mpek & Es Campur Nana

Foto Mpek - Mpek & Es Campur Nana

Es Teler Sumatera Aho

Foto Es Teler Sumatera Aho
Foto Es Teler Sumatera Aho
Foto Es Teler Sumatera Aho

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?