Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Yuk Ketahui 7 Tips Sehat Mengkonsumsi Kepiting

List Artikel
21 Februari 2017 | 0 Komentar

Kepiting merupakan salah satu makanan seafood yang banyak mengandung protein dan kalsium yang baik bagi kesehatan. Meskipun begitu, namun kamu tetap harus berhati-hati mengkonsumsinya. Sebab kepiting memiliki zat kontaminan yang berbahaya bagi tubuh manusia seperti logam berat dan merkuri. Disamping itu pula, daging kepiting biasanya juga tidak bisa dikonsumsi secara bersamaan dengan beberapa jenis makanan lainnya. Untuk itu, sebelum mengkonsumsi kepiting ada baiknya jika kamu mengenali dan memperhatikan pantangannya berikut ini!



Sumber: PergiKuliner.com


1. Makanlah Kepiting Secukupnya


Kepiting mengandung kolestrol yang cukup tinggi yakni 76 mg/100 gram, sedangkan tubuh manusia hanya mampu menerima kolestrol kurang dari 300 mg/hari. Maka dari itu, kamu disarankan untuk mengkonsumsi kepiting secukupnya, terutama bagi kamu yang memiliki masalah dengan penyakit kolestrol.


2. Asam Urat


Khusus bagi kamu yang menderita asam urat sebaiknya kamu jangan mengkonsumsi kepiting berlebihan karena kandungan purin dalam daging kepiting ini sangat tinggi sehingga dapat memicu kandungan asam urat kamu meningkat di dalam darah. Batasilah mengkonsumsi kepiting agar kamu tetap dapat merasakan manfaatnya!


3. Buah Kesemek


Ketika kamu mengkonsumsi daging kepiting, ada baiknya kamu jangan mengkonsumsi buah kesemek dalam rentang waktu yang bersamaan karena kandungan asam tanat dalam buah kesemek dapat mengurangi kandungan protein yang terdapat pada daging kepiting. Selanjutnya, kamu akan mengalami beberapa gangguan pencernaan seperti sakit perut, mual, muntah, bahkan diare karena zat asam tanat tadi telah membuat kandungan protein menjadi sulit dicerna oleh tubuh.


4. Buah Pir


Buah yang selanjutnya yang tidak boleh dikonsumsi setelah menyantap daging kepiting adalah buah pir. Mengapa? Karena hal tersebut dapat menganggu sistem pencernaanmu. Buah pir memiliki sifat yang sama dengan sifat daging kepiting yakni sifat dingin maka jika keduanya dikonsumsi secara bersamaan akan menyebabkan resiko pencernaan dan membuat limpa lambungmu terluka.


5. Teh


Adakah diantara kamu yang sering meminum teh setelah mengkonsumsi makanan? Jika sering, maka sebaiknya kamu menghindari hal tersebut setelah mengkonsumsi kepiting karena teh juga mengandung asam tanat sama seperti buah kesemek. Akibatnya, kamu akan mengalami gangguan pencernaan dan penyakit lambung jika melakukannya. Selain itu, teh juga dapat merusak fungsi lambung jika diminum setelah kamu mengkonsumsi kepiting. Fungsi lambung yang telah rusak dapat memudahkan bakteri dan virus masuk ke tubuh kamu.


6. Daging Kambing


Berikutnya, daging kambing sangat pantang dikonsumsi secara bersamaan dengan kepiting. Daging kambing memiliki sifat panas, sementara daging kepiting memiliki sifat dingin maka jika dikonsumsi secara bersamaan dapat mengganggu fungsi kerja limpa lambung.


7. Ikan Gabus


Pada beberapa alasan yang sama, menyantap ikan gabus dan kepiting secara berbarengan juga tidak baik karena sama halnya dengan daging kambing yakni hal tersebut dapat merusak fungsi limpa lambung. Untuk itu, janganlah mengkonsumsi ikan gabus dalam selang waktu yang berdekatan dengan mengkonsumsi kepiting!

Layar Seafood

Foto Layar Seafood

The Holy Crab

Foto The Holy Crab
Foto The Holy Crab
Foto The Holy Crab

Cranky Crab

Foto Cranky Crab
Foto Cranky Crab
Foto Cranky Crab

Seafood Kalimati 94 Mulyono

Foto Seafood Kalimati 94 Mulyono
Foto Seafood Kalimati 94 Mulyono

Jemahdi Seafood (Hot N Juicy Seafood)

Foto Jemahdi Seafood (Hot N Juicy Seafood)

Sudah tahu kan pantangannya apa saja? Jadi, jangan sampai diabaikan ya!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?