Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

10 Istilah Babi dalam Kuliner, Jangan Sampai Salah Mengenali Ya!

List Artikel
7 Agustus 2019 | 0 Komentar

Daging babi dalam dunia kuliner memang bisa diolah menjadi beragam makanan lezat yang bisa membuat kamu ketagihan. Daging babi dinilai memiliki tekstur yang lebih kenyal dan juga citarasa juicy yang tidak dimiliki oleh jenis daging lainnya. Inilah yang membuat daging babi banyak disukai. Tapi tahukah kamu kalau ternyata daging babi ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Beberapa kandungan nutrisi yang ada pada daging babi adalah protein, kalsium, fosfor, zat besi, hingga kandungan karbohidrat yang bisa memberikanmu energi setelah menyantapnya. Meski namanya daging babi, tapi dalam dunia kuliner ada beberapa istilah berbeda yang digunakan sehingga terkadang sering membingungkanmu. Supaya tak salah mengenali lagi, coba cek dulu beberapa istilah daging babi dalam dunia kuliner di bawah ini!



Sumber : Pergikuliner.com


1. Ham

Istilah ham tampaknya menjadi istilah daging babi yang paling populer. Istilah ham ini sering disalahartikan sebagai daging olahan yang menyerupai daging asap. Padahal ham merupakan bagian daging babi yang berasal dari kaki belakang. Ham ini menjadi istilah daging babi di semua negara.

 

2. Swine

Swine sebenarnya merupakan istilah paling umum untuk menyebutkan daging babi secara keseluruhan, baik itu yang berupa bagian daging babi perut, kaki, atau apapun. Jadi sebutan swine bisa berupa daging babi perut bakat, babi guling, hingga babi goreng.

 

3. Butaniku

Jika kamu sering mampir ke restoran Jepang pastinya pernah melihat nama butaniku. Butaniku adalah istilah daging babi dalam bahasa Jepang. Istilah ini bisa digunakan untuk beragam kuliner Jepang yang menggunakan bahan utama daging babi di dalamnya.

 

4. Char Siu

Kalau char siu ini memang sering dijumpai di beberapa restoran China yang ada di Indonesia. Tapi tahukah kamu kalau char siu ini merupakan daging babi panggang merah. Dalam bahasa aslinya, char siu merupakan makanan yang diolah dengan cara dibakar atau dipanggang. Tapi di Indonesia, char siu merupakan daging babi yang dipanggang dengan bumbu khusus sehingga warnanya menjadi agak kemerahan.

 

5. Bak

Nama bak juga tak kalah terkenalnya jika dibandingkan char siu. Nama bak bisa kamu temukan pada beberapa kuliner Tionghoa seperti bak kut teh dan bak kwa. Bak ini merupakan istilah daging babi pada kuliner Tionghoa, tidak peduli bagian daging babi yang mana atau dimasak dengan cara apa.

 

6. Zhu Rou

Zhu rou adalah istilah babi dalam bahasa Mandarin. Istilah ini diambil dari kata ‘zhu’ yang berarti babi dan ‘rou’ yang berarti daging. Istilah ini bisa kamu jumpai pada beberapa masakan khas Tionghoa seperti olahan mie yakni zhu rou noodle, zhu rou bao zi, zhu rou bing, dan lain sebagainya.

 

7. Dwaeji

Selanjutnya kita beralih ke negeri ginseng yakni Korea Selatan yang punya julukan nama dwaeji sebagai istilah nama dari daging babi. Istilah dwaeji ini selalu disematkan pada kuliner-kuliner Korea yang menggunakan daging babi seperti dwaeji bulgohi, dwaeji gukbap, dwaeji galbi, dan masih banyak lagi.

 

8. Tonkatsu

Lanjut lagi ke istilah babi berikutnya, ada tonkatsu yang muncul pada menu kuliner masakan Jepang. Yups, tonkatsu memang merupakan istilah yang digunakan pada irisan daging babi yang dibalut dengan tepung roti dan digoreng kering lalu disajikan bersama dengan saus. Nama tonkatsu ini sering tertukar dengan istilah tonkotsu yang sebenarnya juga sama-sama kuliner Jepang berbahan dasar babi. Hanya saja tonkotsu ini digunakan pada ramen.

 

9. Kakuni

Masih dengan kuliner Jepang yakni kakuni yang merupakan kuliner dari babi yang dipotong persegi lalu direbus dalam waktu yang lama dengan api kecil hingga empuk dan lembut. Citarasanya sangat lezat karena kaya akan bumbu. Beberapa bumbu yang digunakan saat merebus adalah mirin, kecap asin, sake, dashi, gula, dan lain sebagainya.

 

10. B2

Istilah  lain dari daging babi adalah B2 yang merupakan istilah dalam bahasa Indonesia. Istilah ini paling banyak digunakan di daerah Sumatera Utara oleh masyarakat Batak dan juga di daerah Yogyakarta. Seperti yang kamu duga, B2 merupakan singkatan dari kata babi yang memiliki 2 huruf B di dalamnya. Jadi kalau kamu sedang kulineran ke Yogyakarta atau Sumatera Utara dan menemukan menu dengan tulisan B2, maka kuliner tersebut terbuat dari daging babi.

 

Itulah beberapa istilah babi dalam dunia kuliner. Semoga informasi di atas bisa berguna untukmu ya! Nah, jika kamu jadi kepingin menikmati kuliner babi setelah membaca artikel ini, kamu bisa langsung datangi salah satu restoran di bawah ini ya!

Depot Gimbo Babi Asap

Foto Depot Gimbo Babi Asap
Foto Depot Gimbo Babi Asap
Foto Depot Gimbo Babi Asap

Babi Guling Ko Made

Foto Babi Guling Ko Made
Foto Babi Guling Ko Made
Foto Babi Guling Ko Made

Nedhise'i

Foto Nedhise'i
Foto Nedhise'i
Foto Nedhise'i

Liyen Restaurant

Foto Liyen Restaurant
Foto Liyen Restaurant
Foto Liyen Restaurant

Pig Me Up

Foto Pig Me Up
Foto Pig Me Up
Foto Pig Me Up

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?