Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

4 Tips dan Trik Jitu Membeli Roti yang Masih Fresh

List Artikel
8 September 2023 | 0 Komentar

Roti adalah salah satu makanan yang tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Dalam pola makan sehari-hari, roti sering menjadi pilihan setelah nasi. Ini tidak mengherankan, mengingat roti adalah sumber karbohidrat yang cukup tinggi, yang dapat memberikan energi yang diperlukan untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Roti memiliki peran yang beragam dalam kuliner Indonesia, sering kali dijadikan menu sarapan atau sebagai makanan pengganjal saat rasa lapar menyerang. Di antara berbagai jenis roti yang ada, roti tawar menjadi salah satu yang paling populer di Indonesia karena fleksibilitasnya yang memungkinkan berbagai kreasi olahan. Meskipun begitu, ada juga roti manis dan roti dengan beragam isian yang memiliki tempat istimewa di hati pecinta roti.



Sumber: Pergikuliner.com


Namun, ketika kita berbelanja roti di toko roti, sering kali kita dihadapkan dengan pilihan yang beragam, dan kadang-kadang kita bingung memilih roti mana yang masih fresh. Hal ini menjadi perhatian karena kebanyakan dari kita tidak hanya membeli satu roti saja, melainkan lebih dari satu. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa roti yang kita beli masih dalam kondisi segar. Namun, bagaimana caranya agar kita dapat membeli roti yang masih fresh? Mari kita cek bersama-sama beberapa tips dan trik yang dapat membantu kita dalam memilih roti yang terbaik saat berbelanja di toko roti.


1. Cek Toko Roti Artisan atau Tidak

Hal yang paling mudah untuk dilakukan saat ingin membeli roti yang masih fresh adalah dengan mencari toko roti artisan. Toko roti artisan adalah toko roti yang menjual roti-roti masih fresh. Jadi pada hari itu mereka membuat roti, maka pada itu juga roti akan dijual hingga habis. Artisan adalah sebutan untuk orang yang ahli membuat sesuatu. Jadi kalau toko roti yang Teman Kuliner tuju adalah artisan bakery, maka toko roti tersebut dibuat langsung oleh ahlinya, bukan membuat dengan menggunakan mesin.

 

2. Perhatikan Kemasan Roti

Jika tidak menemukan artisan bakery, Teman Kuliner bisa juga membeli roti yang masih fresh di toko roti biasa. Tipsnya adalah dengan memperhatikan kemasan roti yang akan dibeli. Kemasan yang tertutup rapat memungkinkan kalau roti yang dibeli bisa tahan hingga berhari-hari lamanya. Jadi bisa dikatakan kalau roti tersebut tidak dijual fresh. Tidak hanya plastik kemasan yang tertutup rapat, jika ada silicon gel di dalam kemasan, roti tersebut juga bisa bertahan lama. Sebaiknya cari roti yang tidak dikemas dalam plastik jika ingin mencari yang masih fresh karena roti yang masih fresh biasanya hanya dipajang begitu saja dalam etalase kaca.


3. Cek Bahan Pembuatan Roti

Jika membeli roti yang sudah dikemas, Teman Kuliner bisa mengecek bahan pembuatan roti. Teman Kuliner bisa mengecek apakah ada bahan pengawet dalam bahan pembuatan roti atau tidak. Roti yang masih fresh tidak akan menggunakan bahan pengawet karena mereka kebanyakan dibuat langsung pada hari itu juga. Roti yang dibuat dengan campuran susu biasanya akan lebih fresh karena susu bisa membuat roti cepat basi sehingga toko roti yang tidak menjual roti fresh akan mengurangi kandungan susu di dalam roti buatannya.

 

4. Ukuran dan Bentuk Juga Bisa Diperhatikan

Tips lainnya yang juga bisa digunakan saat membeli roti yang masih fresh adalah memperhatikan ukuran dan bentuk dari roti tersebut. Semakin besar dan gembul ukuran roti, maka semakin tinggi tingkat kesegarannya. Roti yang ukurannya tipis dan kempes menandakan kalau roti tersebut sudah tidak fresh lagi. Selain ukuran dan bentuk, Teman Kuliner juga bisa melirik bagian luar roti. Roti yang masih fresh bagian permukaannya masih sangat glossy alias mengkilap karena setelah matang roti akan langsung dioles dengan margarin atau mentega. Tapi jika roti sudah lama, maka lapisan olesan margarin atau mentega tersebut perlahan memudar. Jadi selalu beli roti yang bentuknya masih terlihat gembul dengan lapisan luar yang glossy ya Teman Kuliner!

 

Itulah beberapa tips dan trik jitu membeli roti yang masih fresh. Semoga dengan adanya informasi tersebut bisa membantu Teman Kuliner saat membeli roti. Buat yang bingung mencari toko roti enak, di bawah ini ada beberapa rekomendasi bakery yang cocok untuk Teman Kuliner datangi!

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Dandy Co Bakery & Cafe

Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe

Dandy Bakery

Foto Dandy Bakery
Foto Dandy Bakery
Foto Dandy Bakery

Michelle Bakery

Foto Michelle Bakery
Foto Michelle Bakery
Foto Michelle Bakery

Soon Coffee & Bakery

Foto Soon Coffee & Bakery
Foto Soon Coffee & Bakery
Foto Soon Coffee & Bakery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?