Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Manakah yang Lebih Sehat? Minum Es Kopi atau Kopi Panas?

List Artikel
18 Desember 2020 | 0 Komentar

Kopi menjadi minuman favorit di dunia yang paling banyak mengalami perkembangan inovasi rasa. Tak heran jika dihitung, ada lebih dari 20 jenis varian minuman kopi yang ada di dunia mulai dari espresso, cappuccino, americano, latte, mochaccino, dan masih banyak lagi. Awalnya kopi hanya disajikan di cangkir dalam keadaan panas, saat ini kopi juga bisa diseruput dalam keadaan dingin. Ada banyak perdebatan apakah kopi lebih sehat disantap dalam keadaan panas atau dingin?

 

Sumber: Pergikuliner.com


Dari segi kafeinnya, kadar kafein yang ada kopi panas memiliki pH yang lebih rendah dibanding es kopi sehingga kopi panas memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi. Berbeda dengan kandungan es pada es kopi yang bisa membantu mengencerkan konsentrasi kopi sehingga tak terlalu kuat tingkat keasamannya. Jadi es kopi lebih dianjurkan dibanding kopi panas untuk orang yang menderita maag atau asam lambung.

 

Sumber: Pergikuliner.com


Jika dilihat dari nilai gizinya, baik itu kopi panas maupun es kopi yang belum dicampur dengan bahan apapun, keduanya sama-sama memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh karena bisa meredakan stress dan depresi, meningkatkan konsentrasi, menurunkan resiko penyakit jantung, dan lain sebagainya. Kopi mengandung kandungan antioksidan yang tinggi, polifenol, dan mineral. Tak peduli disajikan dalam bentuk panas atau dingin.



Sumber: Pergikuliner.com


Tapi lain cerita jika kamu menyeruputnya dengan tambahan bahan lain seperti gula, susu, dan krim yang biasanya ditambahkan pada kopi. Jumlah bahan tambahan tersebut bisa mempengaruhi tingkat nilai kesehatan pada minuman kopi. Baik itu disantap panas maupun dingin, usahakan untuk tidak menambahkan banyak bahan tambahan karena cita rasa asli kopi itu sendiri sudah cukup enak kok.


Sumber: Pergikuliner.com 


Dari segi penyajiannya, es kopi disajikan dengan menggunakan sedotan sehingga gigi kamu tak langsung bersentuhan dengan kopi. Hal ini mengurangi dampak resiko warna gigi yang menguning akibat sering meminum kopi. Namun di sisi lain, es kopi selalu disajikan dalam porsi yang lebih besar dibanding kopi panas dengan banyak bahan tambahan.


Jadi kalau diperdebatkan lagi, mana yang lebih sehat di antara keduanya, masing-masing tentu memiliki manfaat kelebihan dan kekurangan masing-masing. Baik itu kopi panas atau kopi dingin, paling enak kalau kamu minumnya di tempat-tempat ini lho!

Kopi COD

Foto Kopi COD
Foto Kopi COD
Foto Kopi COD

JEP Kopi

Foto JEP Kopi
Foto JEP Kopi
Foto JEP Kopi

Kopi Nako

Foto Kopi Nako
Foto Kopi Nako
Foto Kopi Nako

Kopi Kanto

Foto Kopi Kanto
Foto Kopi Kanto
Foto Kopi Kanto

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?