Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Bunga yang Bisa Dicampurkan dalam Masakan Indonesia

List Artikel
11 Mei 2019 | 0 Komentar
Bunga sangat identik sebagai tanaman yang sering dijadikan untuk hiasan atau hadiah kepada orang tersayang. Hal ini dikarenakan bunga memiliki bentuk yang sangat indah sehingga bisa membuat orang yang melihatnya merasa senang, ditambah lagi bunga memiliki aroma yang cukup wangi. Tapi tahukah kamu kalau ternyata bunga juga bisa dijadikan sebagai makanan lezat lho. Memang tidak semua bunga bisa dijadikan makanan atau dicampurkan ke dalam makanan, karena pastinya hanya bunga-bunga yang memiliki cita rasa khusus yang cocok untuk dijadikan olahan makanan. Berikut lima bunga yang bisa dijadikan makanan, yaitu:

1. Bunga Pepaya


Sumber : Manfaat.co.id

Pertama ada bunga pepaya yang bisa dijadikan sebagai makanan lezat. Semua bagian pada tumbuhan pepaya, mulai dari buah, daun, dan bunganya memang bisa diolah dan disantap. Untuk membuat olahan bunga pepaya ini, kamu harus merebusnya terlebih dahulu dengan air garam hingga layu. Setelah itu baru bisa digunakan untuk bahan campuran makanan. Beberapa makanan yang terbuat dari bunga pepaya adalah tumis bunga pepaya dengan ikan teri, bunga pepaya bumbu tauco, hingga gulai bunga pepaya.

2. Bunga Turi


Sumber : Pertanianku.com

Mungkin beberapa di antara kamu ada yang tidak mengenal jenis bunga yang satu ini karena bunga turi lebih banyak tumbuh di daerah Jawa Timur. Bunga turi memiliki kelopak bunga yang berwarna putih dengan bagian bawahnya yang berwarna agak kehijauan. Untuk mengolahnya kamu harus mencuci bersih bunga turinya dan membuang bagian putiknya, karena bagian itu bisa membuat bunga turi menjadi lebih pahit. Rebus bunga turi hingga layu, dan kamu bisa menjadikannya olahan tumisan atau disantap dengan sambal pecel layaknya makanan masyarakat Jawa Timur.

3. Bunga Sedap Malam


Sumber : Gellsy.com

Kalau bunga yang satu ini pastinya kamu sudah tahu, karena bunga sedap malam sangat sering dijadikan olahan sup, seperti sup kimlo, dan tekwan. Tidak seperti bunga kebanyakan yang dijadikan olahan makanan dalam bentuk segar, bunga sedap malam justru lebih banyak dijumpai dalam keadaan kering. Sehingga untuk mengolahnya kamu harus merendamnya di dalam air terlebih dahulu sehingga bunga tidak lagi kering. Baru setelah itu kamu bisa mengolahnya menjadi aneka masakan.

4. Bunga Kecombrang


Sumber : Kumparan.com

Selanjutnya ada bunga kecombrang atau yang lebih dikenal dengan nama honje, merupakan tanaman dengan bunga yang berwarna kemerahan yang memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Bunga ini bisa ditemukan di negara-negara Asia. Untuk mengolahnya, kamu cukup mencucinya dengan bersih lalu mengiris-ngirisnya sebelum dimasukkan ke dalam masakan. Beberapa kuliner yang cocok ditambahkan bunga kecombrang adalah sambal, tumisan, sup, pindang, dan masih banyak lagi.

5. Kembang Kol


Sumber : Hellosehat.com

Terakhir ada kembang kol yang sering muncul dalam olahan sayur sop. Bunga kol banyak yang mempertanyakan jenisnya karena rata-rata menganggap bunga kol sebagai sayuran, bukan bunga. Bunga kol memiliki tampilan yang bulat dengan warna putih pada bagian atasnya, dan warna kehijauan pada bagian batangnya. Selain dijadikan sayur sop, bunga kol juga bisa dijadikan olahan makanan lainnya seperti dipanggang dengan campuran keju, telur dan susu hingga menggorengnya menjadi tempura. Tekstur bunga kol sangat lembut ketika sudah matang.

Nah, itulah kelima bunga yang bisa dicampurkan ke dalam olahan masakan Indonesia yang lezat. Dari kelimanya, kamu lebih suka yang mana? Jika penasaran akan rasa dari olahan tersebut, kamu bisa coba mampir ke beberapa tempat makan yang sudah PergiKuliner siapkan di bawah ini ya!

Cia' Jo Manadonese Grill

Foto Cia' Jo Manadonese Grill
Foto Cia' Jo Manadonese Grill
Foto Cia' Jo Manadonese Grill

Restoran Beautika Manado

Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado

Live Seafood Cabe Ijo

Foto Live Seafood Cabe Ijo
Foto Live Seafood Cabe Ijo
Foto Live Seafood Cabe Ijo

Pempek Palembang Awan

Foto Pempek Palembang Awan

Bunga Rampai

Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?