Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Hal Ini Menandakan Kamu Kelebihan Asupan Gula Loh!

List Artikel
30 April 2020 | 0 Komentar

Gula menjadi salah satu pemberi rasa manis pada sebuah hidangan, baik itu dessert seperti kue dan pastry, hingga beragam minuman seperti kopi, teh, dan jus. Cita rasa manis dari gula memang kerap kali membuat seseorang merasa ketagihan. Sebenarnya gula dapat bermanfaat untuk tubuh karena gula bisa membuat suasana hati kita menjadi lebih manis karena bisa menghilangkan rasa stres. Selain itu, gula juga bisa menjadi sumber energi untuk beraktivitas. Tapi jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan, maka akan berakibat tubuh kelebihan asupan gula dan menyebabkan beragam penyakit seperti diabetes dan obesitas. Sebenarnya kelebihan asupan gula pada tubuh ini bisa dideteksi dengan mudah. Caranya adalah dengan mengecek beberapa tanda di bawah ini!



Sumber : Liputan6.com


Muncul Jerawat Pada Rahang

Tanda pertama yang bisa kamu cek adalah munculnya jerawat pada bagian rahang serta dagu. Hal ini dikarenakan gula bisa memproduksi hormon androgen yang bisa memicu timbulnya jerawat pada wajah. Jerawat yang diakibatkan oleh hormon androgen ini kerap kali muncul pada bagian rahang serta dagu dan juga area sekitar bawah mulut.  


Sulit Berkonsentrasi

Pertanda yang kedua adalah dari sulitnya berkonsentrasi. Coba kamu perhatikan, apakah akhir-akhir ini kamu seringkali disebut ‘lemot’ oleh teman-teman atau rekan kerjamu? Jika kamu sulit berkonstrasi dan sulit untuk mencerna perkataan seseorang, maka biasanya tubuhmu kelebihan asupan gula. Ketika kadar gula darah tinggi, maka otak bisa sulit berkonsentrasi,. Begitupula sebaliknya, jika kadar gula rendah juga kamu akan sulit berkonsentrasi. Ditambah lagi energi juga bisa menurun karena karena kelebihan gula sehingga tubuh akan lemas.


Makan Buah Tidak Berasa Manis

Pernah tidak kamu merasa kalau buah yang dikonsumsi terasa hambar atau tidak berasa manis? Padahal orang-orang disekitarmu yang mencobanya merasa kalau buah tersebut manis. Ini bisa diakibatkan dari kelebihan konsumsi gula dalam tubuh. Ketika ekspektasi terhadap rasa manis meningkat akibat terlalu sering makan makanan manis, maka ketika menyantap makanan lain terutama buah akan terasa hambar rasanya. Cara pencegahannya adalah mengurangi makanan yang berpemanis buatan dan menggantinya dengan pemanis alami.


Selalu Merasa Lapar

Tanda ini adalah tanda yang paling sering dialami seseorang ketika asupan gula dalam tubuh sedang tinggi. Ketika kamu sudah makan atau baru saja makan dan belum waktu makan, tetapi tiba-tiba perutmu merasa lapar keroncongan, hal ini dikarenakan asupan gulamu sedang tinggi. Asupan gula yang tinggi akan membuat gula darah cepat meningkat dan cepat turun dengan drastis. Jika sudah begini, maka tubuh akan kesulitan menstabilkannya.


Mengalami Gangguan Pencernaan

Tanda yang terakhir adalah kamu bisa mengalami gangguan pencernaan ketika kelebihan asupan gula. Gula bisa mengurangi bakteri sehat yang ada pada pencernaan dalam waktu cepat. Dengan begitu, kinerja pencernaan akan lebih lamban dan terganggu sehingga makanan yang masuk sulit untuk dicerna. Jadi kalau tubuhmu mengalami gangguan pencernaan, maka bisa jadi salah satu penyebabnya adalah kelebihan asupan gula.

 

Itulah beberapa tanda-tanda ketika tubuhmu kelebihan asupan gula. Jadi kalau beberapa tanda ini muncul, itu tandanya kamu harus mengurangi asupan gulamu ya!

Martabak Bangka Akim

Foto Martabak Bangka Akim
Foto Martabak Bangka Akim
Foto Martabak Bangka Akim

The Pancake Co. by DORE

Foto The Pancake Co. by DORE
Foto The Pancake Co. by DORE
Foto The Pancake Co. by DORE

Pancious

Foto Pancious
Foto Pancious
Foto Pancious

Baked Magic

Foto Baked Magic
Foto Baked Magic
Foto Baked Magic

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?