Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jajanan dari Tahu Khas Indonesia yang Cocok Disantap sebagai Camilan Sore

List Artikel
7 Desember 2016 | 0 Komentar

Tahu merupakan salah satu makanan yang terbuat dari kacang kedelai. Tahu diketahui berasal dari China yang sudah dikenal sejak zaman Dinasti Han sekitar 2200 tahun yang lalu. Ada berbagai macam jenis tahu, di negara asalnya tahu sutera menjadi favorit sementara di Jepang tahu tofu yang paling terkenal. Di Indonesia sendiri ada tahu kuning, tahu cokelat, hingga tahu Sumedang. Untuk kamu yang doyan makan tahu, PergiKuliner akan mengulas lima jajanan dari tahu khas Indonesia yang sangat cocok disantap sebagai camilan sore. Intip langsung yuk!



1. Tahu Goreng Isi



Sumber: youtube.com


Tahu goreng isi menempati urutan pertama dalam daftar jajanan tahu terlaris di Indonesia. Kamu bisa menjumpai tahu goreng isi hampir di seluruh pedagang gorengan kaki lima. Di Jawa Barat, tahu goreng isi dikenal dengan nama tahu jeletot. Tahu goreng isi terbuat dari tahu cokelat segitiga yang dalamnya diisi dengan irisan wortel, kol, serta tauge yang sudah dibumbui terlebih dahulu baru kemudian dicelupkan ke dalam adonan tepung dan digoreng hingga garing.



2. Tahu Gejrot



Sumber: pergikuliner.com


Di urutan kedua ada tahu gejrot yang banyak dijual oleh pedagang kaki lima. Tahu gejrot yang berasal dari Jawa Barat ini terbuat dari tahu Sumedang yang dipotong-potong dan disajikan dengan kuah bumbu yang terdiri dari bawang merah, cabai rawit, serta asam jawa. Rasanya asam pedas sehingga membuat banyak orang ketagihan menyantapnya.



3. Tahu Aci



Sumber: saturesep.com


Tahu aci yang berasal dari Tegal ini juga dijuluki dengan tahu pletok. Sesuai dengan namanya, tahu aci terbuat dari tahu cokelat segitiga yang diisi dengan aci kemudian digoreng hingga matang. Tahu aci sangat cocok disantap saat sore hari dengan cabai rawit hijau.



4. Tahu Sarang Burung



Sumber: resepcaramasakan.blogspot.com


Tahu sarang burung ini merupakan inovasi jajanan tahu yang bisa kamu jumpai di toko kue basah. Jajanan yang satu ini memang dibuat dengan cara yang agak rumit, yakni tahu dihancurkan terlebih dahulu lalu dibumbui dan dicetak dalam mangkuk kecil lalu diisi dengan telur puyuh rebus kemudian dikukus hingga matang. Setelah matang, tahu dikeluarkan dari cetakan mangkok lalu dicelup ke dalam telur kocok dan digoreng sebentar.



5. Tahu Bakso



Sumber: tokopedia.com


Tahu bakso banyak dijumpai di Semarang. Sesuai dengan namanya, tahu ini terbuat dari tahu dan bakso. Sepotong tahu berbentuk cokelat di belah dalamnya dan diisi dengan adonan bakso lalu direbus hingga matang. Kamu bisa menyantap tahu bakso begitu saja atau digoreng kembali. Tahu bakso ini bisa kamu beli dalam bentuk kemasan makanan beku.


Dapur Solo

Foto Dapur Solo

Remboelan

Foto Remboelan

Kupat Tahu Magelang AA

Foto Kupat Tahu Magelang AA

Seroeni

Foto Seroeni

Warung Talaga

Foto Warung Talaga

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?