Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kue Tradisional Khas Sumatera yang Sangat Terkenal di Indonesia

List Artikel
1 Oktober 2019 | 0 Komentar

Indonesia terkenal akan keaneka ragaman budaya serta keanekaragaman kulinernya. Selama ini kita mengenal ada ratusan lebih kuliner yang ada di Indonesia. Ada beberapa alasan mengapa Indonesia punya keanekaragaman kuliner yang melimpah. Salah satu alasannya adalah karena banyaknya daerah serta suku budaya yang ada di Indonesia. Masing-masing daerah selalu memiliki kuliner khasnya tersendiri. Coba saja kamu bayangkan jika satu daerah punya setidaknya 10-20 kuliner khas, ada berapa jumlah kuliner Indonesia? Tentunya tidak bisa kamu bayangkan bukan? Berbicara tentang kuliner tradisional Indonesia, Pulau Sumatera yang terletak di bagian Indonesia bagian barat ini tak hanya dikenal dengan aneka kuliner yang mengenyangkan saja, tetapi juga terkenal akan kue tradisionalnya. Dari sekian banyak kue khas Sumatera, ada lima yang paling dikenal, yaitu:

 

1. Bika Ambon khas Medan



Sumber : Pegipegi.com


Kue khas Sumatera yang pertama ada bika ambon yang berasal dari Medan, Sumatera Utara. Selama ini sebagian dari kita pasti ada yang menganggap kalau bika ambon berasal dari kota Ambon. Padahal kue ini bukan berasal dari Ambon. Bika ambon sangat terkenal di Indonesia karena teksturnya yang unik seperti sarang atau jaring. Untuk membentuk tekstur jaring-jaring dibutuhkan waktu memanggang yang sangat lama, bahkan berjam-jam. Kue bika ambon ini memiliki warna kuning keemasan dengan tekstur yang kenyal. Cita rasanya manis sehingga cocok untuk dijadikan sebagai makanan pecuci mulut.

 

2. Kue Bolu Kemojo khas Pekanbaru



Sumber : Merahputih.com


Selanjutnya ada kue bolu kemojo yang merupakan kue tradisional khas Pekanbaru, Riau. Kue ini memiliki ciri khas bentuk yang seperti bunga dengan warna hijau daun terang dan ukuran ketebalan kue yang mencapai 3-5 cm. Warna hijau dari kue bolu kemojo ini merupakan warna hijau alami yang didapat dari daun suji. Ketika baru matang kue ini akan memiliki aroma wangi yang didapat dari campuran daun pandan. Tak jauh berbeda dari kue bika ambon, kue bolu kemojo ini juga dipanggang dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga daya tahannya lebih awet dibanding kue tradisional lainnya.

 

3. Kue Bay Tat khas Bengkulu



Sumber : Travelingyuk.com


Jika kamu melihat kue bay tat, pastinya akan mengira kalau kue ini merupakan jenis kue modern. Padahal kue bay tat ini asalnya dari Bengkulu. Kue bay tat terbuat dari bahan dasar tepung terigu, mentega, telur, gula dan santan. Cita rasanya sedikit mirip dengan kue nastar karena ditambahkan dengan olesan selai nanas di atasnya. Tapi kamu tetap bisa merasakan sensasi cita rasa berbeda yang lebih gurih karena ada campuran santannya. Kue ini dijual per loyang dengan ukuran sekitar 20x20 cm.

 

4. Kue Maksuba khas Palembang



Sumber : Bukalapak.com


Kue maksuba terdengar seperti kue dari Jepang, tetapi aslinya kue ini berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Jika kamu perhatikan lebih teliti, tampilan kue maksuba ini mirip dengan kue lapis legit karena memang teksturnya yang berlapis-lapis. Hanya saja cita rasanya sudah pasti berbeda karena kue ini menggunakan bahan dasar telur bebek, vanila, susu kental manis dan lain sebagainya. Kue maksuba bisa kamu temukan di beberapa toko kue oleh-oleh khas Palembang.

 

5. Kue Benjak Enjak khas Lampung



Sumber : Majalahkartini.co.id


Yang terakhir ada kue benjak enjak dari Lampung. Kue ini sering kali disamakan dengan kue wajik khas Betawi karena menggunakan bahan dasar beras ketan dan gula aren. Satu hal yang membedakan kue benjak enjak ini dari kue wajik adalah adanya penggunaan pisang raja yang sudah matang dan dihaluskan untuk dicampur ke dalam adonan. Penambahan pisang ini bisa menjadikan tekstur kue menjadi lebih legit dan cita rasanya jadi lebih manis alami. Aromanya pun jadi lebih wangi.

 

Itulah beberapa kue khas Sumatera yang paling terkenal di Indonesia. Jika kamu ingin menikmati aneka kue lainnya, kamu bisa mencoba beberapa rekomendasi di bawah ini ya!

Cakeart

Foto Cakeart
Foto Cakeart

Fins Recipe

Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe

Rokue Snack

Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack

Dandy Co Bakery & Cafe

Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe

Strawberry Pastel Ufo

Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?