Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Khas Korea yang Dibuat dari Bahan Dasar Sawi Putih

List Artikel
13 Agustus 2023 | 0 Komentar

Korea menjadi salah satu negara Asia yang kulinernya sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Kuliner Korea memiliki ciri khas rasa tersendiri yang juga bisa membuat banyak orang menyukai kuliner khas Korea. Kebanyakan kuliner dari Korea ini menggunakan bahan dasar sayur-sayuran sehingga cocok untuk masyarakat Indonesia yang pada dasarnya juga menyukai sayur-sayuran. Salah satu jenis sayuran yang banyak digunakan pada kuliner Korea adalah sawi putih atau yang dinamakan 'baechu' dalam bahasa Korea. Sawi putih sangat mudah dijumpai di Korea karena mudah ditanam, maka tak heran jika ada banyak olahan kuliner khas Korea yang dibuat dari bahan dasar sawi putih. Nah, berikut ini ialah beberapa kuliner khas Korea yang dibuat dari bahan dasar sawi putih.

 

1. Baechu Kimchi



Sumber: pergikuliner.com


Kuliner khas Korea pertama yang dibuat dari bahan dasar sawi putih adalah baechu kimchi. Baechu kimchi adalah jenis kimchi sawi putih yang paling sering kita jumpai. Baechu kimchi dibuat dari bahan dasar sawi putih yang dicampur dengan bubuk cabai Korea, garam, gula, kecap asin, kecap ikan, bawang bombay, dan lain-lain. Setelah difermentasikan dalam jangka waktu tertentu, baechu kimchi akan siap disantap. Baechu kimchi cenderung memiliki perpaduan rasa yang pedas, asam, dan asin.

 

2. Nabak Kimchi



Sumber: teekeatz.com


Bagi yang tidak suka rasa pedas, ada nabak kimchi yang rasanya tidak terlalu pedas. Nabak kimchi adalah kuliner fermentasi dari bahan dasar sawi putih, lobak, dan wortel, serta bumbu tambahan lainnya. Nabak kimchi memiliki julukan lain yang disebut kimchi air, karena memang kandungan airnya sangat banyak layaknya acar khas Indonesia. Perbedaan dari baechu kimchi dengan nabak kimchi adalah nabak kimchi tidak memerlukan waktu lama untuk memfermentasikannya.

 

3. Baechujeon



Sumber: londonishungry.com


Selanjutnya, ada baehujeon yang merupakan varian pajeon yang dibuat dari bahan dasar sawi putih. Pajeon merupakan pancake atau dadar khas Korea. Bahan dasar yang digunakan adalah adonan tepung yang nantinya dicampur dengan aneka bahan tambahan lainnya, mulai dari daging, ikan, kerang, kepiting, hingga aneka sayuran seperti sawi putih. Untuk membuatnya, kita membutuhkan lembaran sawi putih utuh alias tidak perlu dipotong-potong terlebih dahulu. Setelah dimasak dalam wajan, baechujeon akan disantap bersama dengan cocolan kecap asin.  

 

4. Baechu Guk



Sumber: koreanbapsang.com


Ada lagi kuliner khas Korea lainnya yang dibuat dari bahan dasar sawi putih, yakni baechu guk. Jika diartikan, kata ‘baechu’ memiliki arti sawi putih, sedangkan kata ‘guk’ memiliki arti sup. Jadi kalau digabungkan, baechu guk berarti sup sawi putih. Sup yang dibuat dari bahan dasar irisan sawi putih ini memiliki rasa yang menyegarkan dengan campuran rasa gurih di dalamnya karena menggunakan campuran kaldu teri, kecap asin, hingga bawang bombay. Biasanya, baechu guk disantap sebagai lauk pendamping nasi saat sarapan.

 

5. Baechu Ssam



Sumber: kimchiebasilico.it


Kuliner khas Korea terakhir yang dibuat dari bahan dasar sawi putih adalah baechu ssam. Kuliner ini sangat populer sebagai santapan makan malam. Baechu ssam adalah jenis kuliner bungkus ala Korea. Kuliner khas Korea ini dibuat dari bahan dasar sawi putih yang dijadikan sebagai bahan pembungkus. Untuk bagian dalamnya, kita bisa menjumpai aneka isian mulai dari daging sapi hingga daging babi yang sudah dibumbui, serta aneka sayuran lainnya. Setelah dibungkus dengan sawi putih, maka baechu ssam akan dikukus hingga matang dan disantap dengan cocolan saus khusus.

 

Itulah beberapa kuliner khas Korea yang dibuat dari bahan dasar sawi putih. Dari kelimanya, manakah yang sudah pernah kamu cicip? Buat yang suka menyantap kuliner khas Korea, di bawah ini ada beberapa rekomendasi restoran Korea dengan makanan lezat yang bisa kamu coba!

Chingu Korean Fan Cafe

Foto Chingu Korean Fan Cafe
Foto Chingu Korean Fan Cafe
Foto Chingu Korean Fan Cafe

Korean House

Foto Korean House
Foto Korean House
Foto Korean House

Magal Korean BBQ

Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ

Warung Korea Pop

Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop

Cafe Jalan Korea

Foto Cafe Jalan Korea
Foto Cafe Jalan Korea
Foto Cafe Jalan Korea

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?