Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Olahan Aci khas Sunda yang Cocok untuk Cemilan

List Artikel
30 April 2020 | 0 Komentar

Bagi pecinta cemilan gurih pastinya kamu mengenal yang namanya aci. Aci adalah bahan makanan yang paling banyak digunakan pada cemilan khas Sunda. Aci sebenarnya nama lain dari tepung tapioka atau tepung kanji. Tapi dalam bahasa Sunda disebut dengan nama aci. Sesuai dengan namanya, tepung tapioka ini dibuat dari bahan dasar umbi akar ketela pohon yaitu singkong yang diekstrak kemudian diambil patinya. Aci setelah dimasak akan memiliki tekstur yang cukup kenyal sehingga cocok dijadikan untuk cemilan. Buat kamu yang suka menyantap cemilan, ada lima olahan aci khas Sunda yang sangat populer di Indonesia, yaitu:

 

1. Cilok



Sumber : Whiskerino2005.com


Olahan aci khas Sunda yang pertama adalah cilok. Cilok merupakan singkatan dari aci yang dicolok. Dinamakan demikian karena memang cara menyantapnya dengan cara ditusuk dengan tusukan sate alias dicolok dulu. Cilok memiliki bentuk bulat kecil seperti kelereng. Cara memasaknya dengan direbus sehingga teksturnya kenyal dan basah. Ciri khas dari cilok adalah menggunakan siraman bumbu kacang dan saus sambal.

 

2. Cimol



Sumber : Resepkoki.id


Cimol atau aci digemol merupakan camilan dari aci yang seringkali salah dikenali sebagai cilok. Kenapa bisa demikian? Hal ini dikarenakan cimol dan cilok punya bentuk yang mirip yakni bulat kecil. Bahan-bahan pembuatannya juga sama. Perbedaan keduanya terletak pada cara membuatnya. Cimol dibuat dengan cara digoreng sehingga teksturnya garing di luar tapi tetap kenyal di dalam. Selain itu, cimol disajikan dengan taburan bubuk cabai atau bubuk bumbu kering seperti bumbu BBQ, keju, dan lain sebagainya.

 

3. Cireng



Sumber : Resepkoki.id


Selanjutnya ada cireng yang pastinya sudah sering kamu dengar. Cireng adalah aci yang digoreng. Lho, lalu apa bedanya dengan cimol? Bukannya sama-sama digoreng? Dari tampilannya saja, keduanya ini sudah sangat berbeda. Cireng punya bentuk bulat pipih gepeng. Adonannya juga dibumbui dengan bawang putih, daun bawang, dan garam terlebih dahulu. Untuk cara penyajiannya, saat ini cireng disajikan dengan beragam. Mulai dari saus sambal, saus kacang, hingga sambal rujak.

 

4. Cilung



Sumber : Sukita.info


Berikutnya ada cilung yang merupakan singkatan dari aci yang digulung. Persis dengan namanya, cilung ini memang dibuat dengan cara digulung. Kalau kamu melihatnya sekilas mirip sekali dengan telur gulung karena sama-sama digulung menggunakan tusuk sate. Tapi cilung tidak menggunakan telur, melainkan aci sebagai bahan dasarnya. Cilung punya tekstur yang garing dan renyah serta cita rasa yang agak pedas karena ada taburan cabai kering dengan bawang sehingga rasanya pedas gurih.

 

5. Cipuk



Sumber : Gramho.com


Terakhir ada cipuk yang mungkin bagi kamu yang bukan orang Sunda merasa asing mendengarnya. Cipuk adalah aci kerupuk. Jadi cemilan ini adalah kerupuk yang dibuat dari aci. Kamu bisa menjumpainya dalam bentuk mentah dan menggorengnya sendiri di rumah.Cipuk lebih banyak dijumpai di daerah Garut, Jawa Barat. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa menjumpainya di daerah Jawa Barat lainnya.

 

Ada banyak juga ya cemilan olahan aci khas Sunda yang populer di Indonesia. Dari kelimanya ini, kamu paling suka menyantap yang mana nih? Nah, kalau jadi ingin ngemil juga, kamu bisa nikmati aneka cemilan enak lainnya yang ada di bawah ini aja ya!

Rokue Snack

Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack

Tahu Kriuk Yes

Foto Tahu Kriuk Yes
Foto Tahu Kriuk Yes
Foto Tahu Kriuk Yes

Makaroni Ngehe

Foto Makaroni Ngehe
Foto Makaroni Ngehe
Foto Makaroni Ngehe

Snack Zone

Foto Snack Zone
Foto Snack Zone
Foto Snack Zone

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?