Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan Dari Olahan Ikan yang Paling Populer di Indonesia

List Artikel
25 Agustus 2017 | 0 Komentar

Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang memiliki nilai gizi dan vitamin yang sangat tinggi seperti vitamin B6, B12, vitamin E, kalsium, dan lain sebagainya. Baik itu ikan air tawar maupun ikan air laut biasanya dimasak dengan cara digoreng, dibakar, atau direbus bersama dengan bahan-bahan tambahan lainnya. Di Indonesia, ada lima olahan ikan yang paling popular dan menjadi favorit masyarakat Indonesia. Ingin tahu ada olahan ikan lezat apa saja? Yuk, kita lihat!

 

1. Pempek



Sumber: pergikuliner.com


Pempek, kuliner khas Palembang ini memang menjadi olahan ikan paling terkenal di Indonesia. Pempek terbuat dari ikan tenggiri yang digiling lalu dicampur dengan tepung terigu, tepung sagu, gula pasir, bawang putih, dan garam. Setelah bahan tercampur rata, adonan pempek kemudian digoreng hingga garing dan disajikan bersama dengan mie kuning, irisan mentimun, dan kuah cuko. Pempek terdiri dari beberapa jenis tergantung dari bentuk dan isiannya seperti pempek lenjer, adaan, kapal selam, dan masih banyak lagi.

 

2. Otak-otak


Sumber: pergikuliner.com


Otak-otak adalah camilan berbahan dasar ikan tenggiri cincang yang dicampur dengan tepung sagu, telur ayam, santan, bawang merah, lada, ketumbar, gula, dan garam. Setelah adonan dicampur rata kemudian dibungkus dengan daun pisang dalam bentuk panjang-panjang kecil dan dibakar di atas arang hingga matang dan daun pisang berwarna kecoklatan. Otak-otak paling sedap disantap bersama dengan sambal kacang.

 

3. Batagor


Sumber: pergikuliner.com


Batagor yang merupakan singkatan dari bakso tahu goreng ini adalah jajanan khas Bandung yang bisa dengan mudah kamu temukan di kuliner kaki lima hingga restoran. Bagator terbuat dari tahu cokelat yang diisi dengan ikan tenggiri yang digiling lalu dicampur dengan tepung tapioka. Setelah digoreng matang, batagor disajikan bersama dengan saus kacang, kecap manis, sambal, dan air perasan jeruk limau sehingga aromanya sangat wangi.

 

4. Siomay


Sumber: pergikuliner.com


Siomay adalah salah satu jajanan yang mengadaptasi dari kuliner Tionghoa. Siomay terbuat dari ikan tenggiri yang dicincang lalu dicampur dengan tepung terigu, bawang putih, merica, dan garam lalu dibungkus dengan kulit pangsit dan dikukus hingga matang, Siomay disajikan bersama bahan lainnya seperti kentang kukus, kol kukus, tahu kukus, dan telur rebus yang kemudian disiram dengan saus kacang lalu diberi kecap dan saus sambal.

 

5. Tekwan


Sumber: pergikuliner.com


Terakhir ada tekwan yang merupakan kuliner ikan berkuah. Pedagang tekwan biasanya juga menjual pempek karena sama-sama berasal dari Palembang. Tekwan terbuat dari daging ikan cincang yang dicampur dengan tepung tapioka lalu dibentuk bulat kecil dan direbus bersama dengan kuah udang, irisan bengkoang, dan jamur kuping. Setelah matang, tekwan diberi tambahan soun, daun seledri cincang, dan bawang goreng.


Itu dia makanan dengan olahan ikan yang paling populer di Indonesia. Kelima olahan ikan di atas menggugah selera bukan? Jadi kepengen icip? Bagaimana kalau sekarang kamu mampir ke salah satu tempat di bawah ini!

Nusa Indah

Foto Nusa Indah

Nasi Uduk Kebon Kacang

Foto Nasi Uduk Kebon Kacang

Warung Siomay

Foto Warung Siomay

Sari Sanjaya

Foto Sari Sanjaya
Foto Sari Sanjaya
Foto Sari Sanjaya

Pempek Palembang Asli Chandra

Foto Pempek Palembang Asli Chandra
Foto Pempek Palembang Asli Chandra
Foto Pempek Palembang Asli Chandra

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?