Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan Tradisional Paling Dicari Orang Kota

List Artikel
13 September 2017 | 0 Komentar

Walaupun makanan internasional kini banyak merajai pasar-pasar kuliner di Indonesia, namun hal ini ternyata tak mengurangi kecintaan masyarakat akan makanan-makanan tradisional. Terbukti dari banyaknya masyarakat yang justru lebih menyukai dan mencari-cari makanan tradisional ketimbang makanan internasional, khususnya masyarakat yang tinggal di perkotaan. Dan dari sekian banyak makanan tradisional yang dicari oleh orang-orang kota, inilah 5 urutan teratas dari PergiKuliner!


1. Serabi



Sumber : pergikuliner.com


Serabi merupakan jajanan pasar tradisional yang saat ini banyak dicari orang. Ada dua jenis serabi yaitu serabi manis dan serabi asin. Di kota asalnya sendiri yakni Bandung, serabi biasa dijajakan di pagi hari dan dimasak menggunakan tungku sehingga menghasilkan rasa yang khas. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak yang terus berinovasi dengan menambahkan berbagai topping seperti sosis, keju, ataupun mayones yang tujuannya untuk mematahkan asumsi bahwa serabi adalah makanan yang terkesan tidak modern.


2. Tempe Medoan



sumber: pixelbay.com


Kalau menemukan penjual gorengan yang menjajakan tempe goreng mungkin sudah biasa, tetapi kalau tempe mendoan mungkin sudah jarang. Inilah yang justru menjadi alasan mengapa tempe mendoan banyak dicari oleh orang kota. Meski kental dengan makanan kaki lima, namun makanan ini tetap banyak penggemarnya lho, apalagi masyarakat perkotaan. Dimakan dengan cabai rawit, pasti bisa menambah selera makan. Nikmat sekali untuk dijadikan camilan di sore hari.


3. Gado-Gado


Sumber : pergikuliner.com


Memang tak ada yang bisa menolak kenikmatan gado-gado. Apalagi bagi kamu yang pencinta sayuran. Sudah pasti gado-gado ini menjadi makanan tradisional yang kamu incar. Gado-gado yang terbuat dari sayuran segar dengan bumbu kacang yang manis dan gurih memang paling pas kalau dinikmati sebagai makan siang. Tak ketinggalan, kerupuk yang memberikan sensasi crunchy saat menyantapnya.


4. Seblak



Sumber : pergikuliner.com


Kembali lagi ke Bandung, camilan tradisional yang bisa bikin kita keringetan ini juga banyak dicari-cari oleh orang kota. Isinya ada beragam, mulai dari kerupuk, mie, kwetiaw, makaroni, telor, bakso, sosis, hingga ceker. Sementara, untuk kuahnya sendiri memiliki rasa yang gurih dengan tingkat kepedasan yang bisa dipilih sesuai keinginan. Meskipun makanan ini terbilang cukup pedas tetapi kalau sudah makan sekali dijamin deh tak akan bisa berhenti alias ketagihan.


5. Pecel Sayur

 


Sumber : pergikuliner.com


Ada beberapa jenis pecel yang biasa kita kenal yaitu ada pecel ayam, pecel lele, dan pecel sayur. Nah kalau hidangan yang satu ini merupakan pecel sayur yang terdiri dari sayuran yang sudah direbus dan aneka lauk sebagai pelengkapnya. Sayuran yang dihidangkan antara lain kacang panjang, tauge, kol, mentimun, dan daun singkong. Bumbu sambal pecelnya sendiri juga dibuat secara khusus dari campuran kencur, gula merah, garam, cabai, combrang, daun jeruk purut dan kacang tanah. Jadi pantas saja kalau makanan tradisional ini banyak dicari, karena kekuatan rasanya mampu bikin lidah kita merindukan makanan ini.


Dari kelima makanan tradisional ini, mana nih yang jadi favorit kamu teman PergiKuliner? Atau kamu jadi makin kepingin menyantap lezatnya kuliner tradisional di Jakarta? Langsung aja datang ke tempat makan di bawah ini!

Soerabi Bandung Enhaii

Foto Soerabi Bandung Enhaii
Foto Soerabi Bandung Enhaii
Foto Soerabi Bandung Enhaii

Seblak Jeletet Murni

Foto Seblak Jeletet Murni
Foto Seblak Jeletet Murni
Foto Seblak Jeletet Murni

Dapur Solo

Foto Dapur Solo
Foto Dapur Solo

Gado - Gado Cemara

Foto Gado - Gado Cemara

Senyum Indonesia

Foto Senyum Indonesia

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?