Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan yang Dapat Mencegah & Mengatasi Kerontokan Rambut

List Artikel
23 Oktober 2015 | 0 Komentar
Sebagai pecinta kuliner, pernahkah kamu berpikir bahwa makanan memiliki banyak pengaruh terhadap kondisi tubuh si pemakannya? Bukan hanya berpengaruh terhadap kesehatan, melainkan juga terhadap hal-hal kecil yang sama sekali tidak pernah kita bayangkan, salah satunya adalah kondisi kesehatan rambut. Jika selama ini kamu mengalami masalah kerontokan rambut dan sudah seringkali melakukan perawatan dari luar dengan menggunakan bahan-bahan kimia, maka rasanya kalian wajib membaca artikel berikut. Kali ini PergiKuliner akan berbagi informasi mengenai jenis-jenis makanan yang dapat mencegah dan mengatasi kerontontokan rambut. Simak ya!


1. Kacang Almond


Sumber: pergikuliner.com

Pada umumnya, kacang-kacangan merupakan jenis makanan yang sangat baik untuk menjaga kondisi kesehatan rambut. Namun di antara seluruh jenis kacang-kacangan yang ada, kacang almond adalah juaranya. 

Selain rasanya yang enak, kacang almond juga ternyata memiliki kandungan Vitamin E yang cukup tinggi, yang dapat mempercepat proses penumbuhan rambut baru. Selain itu, kacang almond juga mengandung kalsium yang dapat memperkuat kondisi akar rambut sehingga dapat mencegah terjadinya kerontokan rambut. 


2. Ikan Salmon


Sumber: pergikuliner.com

Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan dengan kandungan omega 3 yang sangat tinggi. Selain sangat bagus untuk kesehatan dan perkembangan otak bayi, ternyata kandungan omega 3 pada ikan salmon juga sangat berperan dalam menjaga kesehatan kulit kepala serta meningkatkan kualitas rambut baru yang dihasilkan dari kulit kepala yang sehat tersebut. Kandungan omega 3 pada ikan salmon juga dipercaya dapat melembabkan jenis rambut yang kering dan rapuh.


3. Gandum


Sumber: pergikuliner.com

Selain menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh, ternyata gandum memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi, seperti zync, zat besi, kalium, fosfor, dan magnesium. Keseluruhan kandungan mineral di dalam gandum tersebut selain dapat mempertahankan warna alami rambut juga ternyata dapat mempercepat pembentukan melatin yang berfungsi untuk mencegah kerontokan rambut. 

Roti gandum dan bubur oat meal merupakan 2 jenis olahan gandum yang cukup popular yang dapat dijadikan alternatif sebagai pengisi asupan gandum di dalam tubuh kita.


4. Sayuran Berwarna Hijau Tua


Sumber: serbasembilan.com

Sayuran berwarna hijau tua, seperti brokoli dan bayam dipercaya memiliki kandungan zat besi, kalsium, vitamin A, dan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran hijau lainnya. Keseluruhan kandungan tersebut sangat berperan dalam pembentukan sebum, yaitu sebuah zat berminyak yang berfungsi sebagai kondisioner alami rambut. Selain dapat mencegah kerontokan, keberadaan sebum juga dapat mencegah terbentuknya rambut bercabang.


5. Telur


Sumber: pergikuliner.com

Selain berperan sebagai sumber protein yang dapat membantu menghasilkan Keratin, telur juga memiliki kandungan yang dapat menjaga kesehatan folikel rambut. Selain itu, kandungan sulphur di dalam telur juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan melancarkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan mencegah terjadinya peradangan kulit kepala yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. 

Itulah beragam jenis makanan yang tidak hanya memiliki rasa yang lezat, tetapi juga berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi kerontokan rambut. Semoga bermanfaat!

Sunny Side Up

Foto Sunny Side Up
Foto Sunny Side Up
Foto Sunny Side Up

Wilshire

Foto Wilshire
Foto Wilshire
Foto Wilshire

Brownbag

Foto Brownbag

Benedict

Foto Benedict
Foto Benedict
Foto Benedict

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?