Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Manfaat Ikan Tuna yang Tak Terduga Bagi Kesehatan

List Artikel
20 Mei 2019 | 0 Komentar
Siapa yang tak kenal ikan tuna? Ikan air laut ini memang sering dijumpai pada kuliner Jepang, seperti pada olahan sushi dan sashimi. Tapi ada juga ikan tuna yang diolah menjadi steak, sup, atau kuliner khas tradisional Indonesia. Perlu kamu ketahui kalau ikan air laut ini memiliki banyak sekali kandungan gizi di dalamnya. Mulai dari kandungan asam lemak omega3, vitamin, mineral, kalium, natrium, dan masih banyak lagi. Dengan beragam nilai kandungan gizi di dalamnya, maka sudah pasti ikan tuna sangat bagus dikonsumsi karena bisa bermanfaat bagi tubuh. Lantas, apa saja manfaat ikan tuna yang bisa didapat jika menyantapnya? Mari kita lihat bersama!



Sumber : Delish.com

 

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Di dalam daging ikan tuna terdapat beberapa nutrisi yang bersifat anti oksidan seperti seng, mangan, selenium, dan vitamin C, dan vitamin B yang sangat tinggi. Aneka antioksidan ini bisa meningkatkan metabolisme, melindungi kulit tubuh dari sinar ultraviolet, meningkatkan sistem organ tubuh, dan juga menambah energi sehingga tubuhmu bisa menjadi lebih sehat dan kuat.

2. Mengatasi Depresi
Selain cokelat dan aneka makanan manis lainnya, ternyata ikan tuna juga bisa mengatasi rasa depresi dan stress seseorang. Hal ini dikarenakan adanya kandungan makronutrien anti inflamasi yaitu mineral dan vitamin pada ikan tuna. Selain bisa mengatasi depresi, ikan tuna juga mampu menjaga kesehatan mental seseorang terutama para wanita.

3. Menurunkan Tekanan Darah
Dalam ikan tuna terdapat kandungan kalium yang sangat tinggi. Kandungan kalium merupakan mineral yang bisa membantu penurunan tekanan darah secara signifikan. Kalium dalam ikan tuna bisa bekerja sama dengan asam lemak omega3 untuk membawa efek anti peradangan atau anti inflamasi pada sistem kardiovaskular sehingga tekanan darah bisa menurun dengan stabil. Penurunan tekanan darah ini bisa mencegah resiko penyakit jantung dan stroke.

4. Mencegah Gagal Ginjal
Kandunga kalium pada ikan tuna tak hanya bisa menurunkan tekanan darah. Dengan kandungan kalium dan natrium, tubuh bisa mempertahankan keseimbangan cairan sehingga ginjal bisa berfungsi atau bekerja dengan lebih maksimal. Tentu saja hal ini mampu menurunkan  kemungkinan terjadinya gagal ginjal.

5. Mencegah Kebutaan pada Lansia
Seperti yang kamu tahu, ikan tuna mengandung asam lemak omega3 yang tinggi sehingga mampu mencegah kebutaan pada lansia atau degenerasi makula. Degenerasi makula ini merupakan penyebab utama kebutaan pada lansia. Tak hanya itu saja, asam lemak omega3 pada ikan tuna juga mampu mengurangi gejala kebutaan retinopati diabetik yang terjadi karena penyakit diabetes.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan jika rutin mengonsumsi ikan tuna. Menurut kamu masih ada lagi tidak manfaat lainnya? Jika ingin ikut merasakan manfaatnya, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat di bawah ini ya!

Sushi Masa

Foto Sushi Masa
Foto Sushi Masa
Foto Sushi Masa

Sushi Hiro

Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro

Sushi Apa

Foto Sushi Apa
Foto Sushi Apa
Foto Sushi Apa

Sushi Sei

Foto Sushi Sei
Foto Sushi Sei
Foto Sushi Sei

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?