Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Minuman yang Bisa Cegah Dehidrasi Saat Cuaca Panas

List Artikel
12 Agustus 2023 | 0 Komentar

Belakangan ini, Indonesia sedang dilanda cuaca panas yang sangat terik, tidak hanya di siang hari, tetapi juga di sepanjang hari. Panasnya cuaca bisa berdampak buruk bagi kesehatan, seperti bisa menimbulkan dehidrasi pada tubuh. Dehidrasi bisa terjadi karena tubuh terus berkeringat akibat cuaca panas tersebut. Jika tubuh mengeluarkan banyak keringat maka tubuh bisa kehilangan banyak cairan. Cairan yang hilang inilah yang bisa membuat tubuh kita dehidrasi. Dehidrasi yang berlebihan bisa menyebabkan kepala pusing, lemas, hingga mempengaruhi fungsi ginjal. Dehidrasi bisa diatasi dengan banyak minum air putih. Selain air putih, beberapa minuman di bawah ini juga bisa dikonsumsi untuk mencegah dehidrasi.

 

1. Air Kelapa Muda



Sumber: pergikuliner.com

Minuman pertama yang bisa mencegah dehidrasi adalah air kelapa muda. Sudah menjadi hal yang umum bahwa air kelapa muda merupakan minuman alami yang bisa mencegah dehidrasi. Di dalam air kelapa muda terdapat kandungan elektrolit, natrium, kalium, dan mangan. Inilah yang menyebabkan air kelapa muda bisa menggantikan cairan serta bisa mengembalikan keseimbangan cairan dalam tubuh dengan baik. Air kelapa muda akan lebih enak jika dikonsumsi langsung dari buah kelapanya.

 

2. Jus Jeruk



Sumber: pergikuliner.com


Tidak hanya air kelapa muda, ada jus jeruk yang juga cocok dijadikan sebagai minuman pencegah dehidrasi. Jeruk diketahui memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang sangat tinggi. Selain bisa mencegah dehidrasi, jus jeruk juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh supaya kamu tidak mudah sakit akibat cuaca yang tidak teratur. Jus jeruk bisa dibuat dari beragam jenis jeruk seperti jeruk sunkish hingga jeruk peras yang memiliki campuran rasa manis dan asam. Supaya lebih berkhasiat lagi, tambahkan sedikit madu ke dalam jus jeruk agar kandungan nutrisinya lebih tinggi.

 

3. Jus Mentimun



Sumber: thedinnerbite.com


Selanjutnya, ada jus mentimun yang bisa menghidrasi tubuh karena terlalu banyak berkeringat. Mentimun sudah dikenal kaya akan kandungan air yang sangat tinggi. Dalam buah mentimun, terdapat sekitar 96 persen kandungan air. Jadi, tak heran kalau buah ini akan sangat cocok jika dijadikan sebagai minuman pelepas dahaga saat kamu merasa haus. Mentimun bisa dijus begitu saja atau dicampurkan dengan madu dan perasan jeruk lemon untuk memperkaya rasanya.

 

4. Jus Semangka



Sumber: greensmoothiegourmet.com


Selain jus mentimun, ada jus semangka yang juga sama-sama memiliki kandungan air tinggi di dalamnya. Semangka memiliki kandungan sekitar 92 persen air di dalamnya sehingga cocok jika dijadikan sebagai minuman untuk menghilangkan dehidrasi. Tidak hanya kandungan airnya yang tinggi, semangka juga memiliki kandungan likopen dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Semangka bisa dijus begitu saja karena rasanya sendiri sudah sangat manis. Namun, jika ingin dicampur dengan buah-buahan lainnya, kamu bisa menambahkan perasan jeruk lemon.

 

5. Susu



Sumber: pergikuliner.com

Minuman terakhir yang bisa mencegah dehidrasi akibat cuaca panas adalah susu. Tanpa diduga, susu ternyata juga bisa meningkatkan cairan dalam tubuh ketika cuaca sedang panas. Di dalam susu, terdapat banyak kandungan nutrisi seperti karbohidrat, protein, dan pastinya elektrolit yang sangat efektif untuk menghilangkan dehidrasi. Kamu bisa mengonsumsi susu dalam keadaan dingin atau menjadikannya smoothie yang dicampur dengan aneka buah dan es batu.

 

Bagaimana menurut kamu tentang aneka minuman yang bisa mencegah dehidrasi di atas? Apakah kamu mulai sekarang akan mengonsumsinya secara rutin? Buat yang ingin mencari aneka minuman menyegarkan, di bawah ini ada beberapa rekomendasi tempat yang bisa kamu datangi!

Hey Beach!

Foto Hey Beach!
Foto Hey Beach!
Foto Hey Beach!

Juice For You

Foto Juice For You
Foto Juice For You
Foto Juice For You

HoOD (House Of Original Drink)

Foto HoOD (House Of Original Drink)
Foto HoOD (House Of Original Drink)
Foto HoOD (House Of Original Drink)

Juice Point

Foto Juice Point
Foto Juice Point
Foto Juice Point

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?