Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Jajanan Khas Bandung yang Jadi Favorit Banyak Orang

List Artikel
22 Agustus 2016 | 0 Komentar
Berbicara tentang Bandung, kamu pasti akan teringat akan destinasi wisata serta kulinernya yang menjadi magnet utama bagi para wisatawan asing maupun lokal. Bandung  memang memiliki banyak makanan khas yang sangat autentik serta dikenal banyak orang karena rasanya yang unik dan tentu saja enak. Dari sekian banyak makanan khas yang ada, ada tujuh jajanan khas Bandung yang sangat populer dan menjadi favorit banyak orang, yaitu:


1. Surabi


Sumber: pergikuliner.com

Surabi yang terkenal dengan julukan pancake ala Bandung ini terbuat dari tepung beras, santan, dan sedikit gula lalu dibakar di atas tungku kayu sehingga memiliki rasa serta aroma yang khas. Surabi biasa disajikan dengan siraman kuah gula merah yang dimasak dengan daun pandan agar lebih wangi. Saking tenarnya, surabi kini sudah berinovasi dengan berbagai varian rasa dan topping seperti keju, cokelat, hingga duren.


2. Cireng


Sumber: pergikuliner.com

Cireng merupakan singkatan dari aci digoreng. Aci berupa adonan tepung tapioka atau kanji yang dicampur dengan santan dan dibumbui dengan garam, merica, dan bawang putih. Selanjutnya, aci yang sudah digoreng biasa disantap dengan dicocol ke dalam saus cocolan seperti sambal atau kecap. Cireng juga telah mengalami inovasi perkembangan kuliner sehingga memiliki banyak varian isian seperti rasa abon, keju, serta daging. 


3. Cilok


Sumber: pergikuliner.com

Masih menggunakan bahan baku tepung tapioka atau kanji. Cilok yang memiliki kepanjangan aci yang dicolok ini sangat digandrungi anak kecil dan remaja karena jajanan ini paling banyak dijumpai di lingkungan sekolah. Jika aslinya cilok hanya disantap dengan bumbu kacang saja, sekarang kamu bisa menikmatinya dengan aneka macam cocolan saus seperti mayonaise dan sambal.


4. Cimol


Sumber: bacaterus.com

Ada cilok, ada juga cimol yang merupakan singkatan dari aci digemol. Meski memiliki bentuk dan bahan baku yang sama, namun proses memasaknya berbeda. Jika cilok dimasak dengan cara dikukus, cimol dimasak dengan cara digoreng lalu ditaburi bumbu kering yang terdiri dari cabai, bawang putih, dan garam. Sama seperti cilok, cimol juga banyak dijumpai di lingkungan sekolah.


5. Batagor


Sumber: pergikuliner.com

Sudah bukan rahasia lagi kalau batagor tak hanya bisa kamu jumpai di Bandung, namun juga di daerah Jakarta dan sekitarnya. Kamu bisa menjumpai batagor yang dijual di pedagang kaki lima hingga depot rumah makan. Batagor terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri yang dibungkus dengan kulit pangsit atau tahu cokelat. Batagor yang disiram dengan saus kacang ini akan terasa lebih nikmat jika ditambah dengan perasan jeruk limau. 


6. Colenak


Sumber: pergikuliner.com

Jajanan khas Bandung tak akan lengkap tanpa colenak yang sangat khas. Colenak terbuat dari peuyeum yang dibakar dengan saus yang terbuat dari parutan kelapa dan gula merah. Nama colenak ini merupakan singkatan unik dari 'dicocol enak'. Colenak konon sudah ada sejak zaman penjajahan lho


7. Seblak


Sumber: pergikuliner.com

Jajanan khas Bandung yang terakhir adalah seblak yang terbuat dari kerupuk rebus setengah matang lalu dibumbui dengan kencur, cabe, bawang putih, dan garam. Teksturnya yang basah kenyal serta rasanya yang pedas membuat jajanan ini banyak diburu pecinta kuliner pedas.

Nah, jika kamu tertarik untuk mencicip salah satu jajanan khas Bandung seperti di atas, kamu bisa segera meluncur ke beberapa rekomendasi tempat makan di bawah ini:

Surabi Teras

Foto Surabi Teras
Foto Surabi Teras

Waroeng Setiabudhi

Foto Waroeng Setiabudhi
Foto Waroeng Setiabudhi

Batagor Riri

Foto Batagor Riri

Batagor & Siomay Kingsley

Foto Batagor & Siomay Kingsley

Seblak Jeletet Murni

Foto Seblak Jeletet Murni

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?