Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Makanan Belanda yang Terkenal di Indonesia

List Artikel
6 September 2022 | 0 Komentar

Ada banyak sekali makanan Belanda yang terkenal di Indonesia. Hal ini dikarenakan Belanda dulunya pernah menjajah Indonesia selama kurang lebih 350 tahun. Jadi tak heran kalau ada beberapa kebudayaan Belanda yang mempengaruhi masyarakat Indonesia, termasuk dari segi kulinernya. Makanan Belanda dikenal memiliki ciri khas khusus yang pastinya sangat jauh berbeda dengan makanan-makanan khas Indonesia. Berhubung masa penjajahan Belanda sangat lama, kamu bisa dengan mudah menjumpai aneka kuliner khas Belanda di Indonesia. Mulai dari makanan beratnya hingga camilan yang sering dijumpai pada saat hari-hari besar. Terdapat tujuh makanan Belanda yang terkenal di Indonesia, yaitu:

 

1. Kroket



Sumber: Rasabunda.com


Kroket adalah makanan Belanda yang terkenal di Indonesia. Kroket di Belanda dinamakan croquettes. Kroket ini dibuat dari bahan dasar kentang yang direbus atau dikukus kemudian dihancurkan sebelum akhirnya diberi tambahan bumbu seperti garam, lada, dan pala. Nantinya pada bagian dalamnya akan diberi isian seperti sayur-sayuran dan daging cincang. Bisa berupa daginh ayam maupun daging sapi.

 

2. Selat Solo



Sumber: Pergikuliner.com


Makanan Belanda yang terkenal di Indonesia berikutnya adalah Selat Solo. Makanan ini memang merupakan makanan khas Belanda, tapi di Indonesia, selat solo justru lebih dikenal sebagai makanan dari Jawa Tengah. Makanan ini terbuat dari bahan dasar irisan daging yang dimasak dengan bumbu khusus dan nantinya akan disajikan bersama dengan sayur-sayuran seperti wortel, kentang, hingga buncis yang direbus atau dikukus. Selain itu juga ada tambahan mayonaise atau mustard.

 

3. Pancake



Sumber: pergikuliner.com


Pancake juga dikenal sebagai makanan Belanda yang terkenal di Indonesia. Pancake yang di negara asalnya dinamakan pannenkoeken dibuat dari bahan dasar tepung, telur, gula, dan susu yang kemudian dibentuk menjadi dadar. Cara penyajian pancake yang klasik sebenarnya sangatlah sederhana karena hanya disiram dengan sirupmapel. Tapi seiring dengan perkembangan zaman dan inovasi kuliner, pancake bisa disajikan dengan aneka topping. Mulai dari buah-buahan segar, es krim, siraman saus cokelat, irisan daging, pouchegg, dan lain sebagainya.

 

4. Klapetart



Sumber: Pergikuliner.com


Mendengar nama klapetart, pasti kita sudah tahu kalau makanan ini berasal dari Manado. Tapi sebenarnya klapetart adalah makanan hasil adaptasi dari kuliner Belanda. Klapetart sendiri dibuat dari bahan dasar daging buah kelapa yang dipadukan dengan tepung terigu, susu, dan telur lalu dipanggang hingga matang. Ciri khas dari makanan Belanda yang terkenal di Indonesia ini juga terletak dari toppingnya karena ada kacang almond, kismis, dan taburan kayu manis yang menambah wangi aroma dan mempelezat rasanya.

 

5. Lapis Legit



Sumber: Pergikuliner.com


Lapis legit dikenal masyarakat Indonesia sebagai salah satu kue yang sering dijadikan sebagai bingkisan karena selain tampilannya yang cantik, kue ini juga punya rasa yang enak. Di Belanda, kue ini lebih dikenal dengan nama spekoek, tapi di Indonesia namanya lebih dikenal dengan nama lapis legit. Lapis legit  memiliki banyak lapisan sehingga disebut dengan nama kue lapis. Aroma dari kue ini sangat wangi karena di dalamnya ada campuran cengkeh dan kayu manis.

 

6. Macaroni Schotel



Sumber: Yummy.co.id


Macaroni schotel merupakan makanan Belanda yang terkenal di Indonesia karena sering dijumpai dalam snack box maupun kue yang disajikan saat sedang ada acara pertemuan khusus seperti rapat hingga arisan. Macaroni schotel dibuat dari bahan dasar pasta makaroni yang direbus dan ditiris lalu dicampur dengan susu, telur, daging cincang, keju, dan bawang bombay. Semua bahan tersebut dicampur hingga rata lalu dipanggang dalam oven hingga matang.

 

7. Kastangel



Sumber: Biaya.info


Makanan Belanda yang terkenal di Indonesia terakhir ini sudah pasti Teman Kuliner tahu karena sering dijumpai pada hari besar keagamaan seperti Hari Raya Idulfitri hingga Natal. Kastangel di negara asalnya bernama kaasstangels. Nama ini diambil dari kata ‘kaas’ yang artinya keju dan ‘stengel’ yang artinya batang. Jadi bisa diartikan kalau kastangel adalah kue keju yang berbentung batangan. Rasanya sangat gurih dan asin dengan tekstur cenderung agak renyah tapi empuk. Rasanya yang berbeda dari kue kering kebanyakan inilah yang membuatnya berbeda.

 

Itulah beberapa makanan Belanda yang terkenal di Indonesia. Dari makanan-makanan Belanda di atas, kamu lebih suka yang mana?

Dijan's

Foto Dijan's
Foto Dijan's
Foto Dijan's

Keuken Van Elsje

Foto Keuken Van Elsje
Foto Keuken Van Elsje
Foto Keuken Van Elsje

H.E.M.A. Resto

Foto H.E.M.A. Resto
Foto H.E.M.A. Resto
Foto H.E.M.A. Resto

The Pancake Co. by DORE

Foto The Pancake Co. by DORE
Foto The Pancake Co. by DORE
Foto The Pancake Co. by DORE

Smaklek

Foto Smaklek
Foto Smaklek
Foto Smaklek

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?