Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Makanan Tradisional Suku Sunda yang Wajib Diicip

List Artikel
13 Juli 2021 | 0 Komentar

Negara Indonesia memiliki beragam suku yang tinggal di dalamnya. Mulai dari suku Batak, Madura, Dayak, Betawi, Padang, Sunda, dan masih banyak lagi. Perbedaan suku inilah yang membuat makanan Indonesia menjadi beragam karena masing-masing suku di Indonesia punya makanan tradisionalnya sendiri. Salah satu suku yang kulinernya sangat populer di Indonesia adalah suku Sunda. 


Makanan tradisional suku Sunda ini sangat bervariasi. Kebanyakan adalah kuliner yang disantap bersama dengan sambal dan aneka lalapan. Tapi ada juga makanan tradisional suku Sunda yang berkuah sehingga cocok disantap saat hujan karena Jawa Barat tempat suku Sunda tinggal ini cuacanya sering hujan. Dari banyaknya varian makanan tradisional suku Sunda, ada tujuh yang wajib diicip, apa saja? Simak yuk, ada apa aja!


1. Nasi Liwet



Sumber: Pergikuliner.com


Makanan tradisional suku Sunda yang pertama adalah nasi liwet. Rasanya berbicara makanan tradisional suku Sunda tanpa nasi liwet tak akan lengkap rasanya. Nasi liwet adalah sajian yang terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan aneka bumbu rempah. Mulai dari bawang putih, bawang merah, cabai rawit, daun salam, sereh, garam, dan pastinya ikan asin sehingga aromanya sangat wangi dan rasanya gurih enak. Nasi liwet biasa disajikan bersama dengan aneka lauk pauk seperti tahu tempe goreng, telur ceplok, ayam bakar, lalapan, dan pastinya sambal khas Sunda.


2. Nasi Tutug Oncom



Sumber: Pergikuliner.com


Selain nasi liwet, ada nasi tutug oncom yang menjadi makanan tradisional suku Sunda. Nasi tutug oncom adalah nasi putih biasa yang dicampur dengan oncom yang di bakar atau digoreng. Citarasa dan aroma dari nasi tutug oncom sangat khas sekali sehingga membuat lidah mengingatnya terus. Nantinya nasi tutug oncom ini disajikan dengan aneka lauk pauk seperti ayam goreng, tahu tempe goreng, ikan asin, telur dadar, sambal terasi, dan sayur asem.


3. Karedok



Sumber: Resepkoki.id


Selanjutnya ada karedok yangjuga menjadi salah satu makanan tradisional suku Sunda. Karedok ini punya julukan sebagai saladnya orang Sunda karena memang kuliner ini dibuat dari sayur-sayuran mentah. Karedok dibuat dari bahan dasar tauge, kacang panjang, mentimun, terong lalap, kubis, dan lain sebagainya. Setelah sayur-sayuran tersebut dicuci bersih dan dipotong-potong, maka akan disiram dengan saus kacang yang dibumbui dengan bawang putih, asam jawa, gula merah, dan kencur sehingga aromanya sangat khas.


4. Empal Gentong



Sumber: Pergikuliner.com


Makanan tradisional suku Sunda selanjutnya adalah empal gentong. Kuliner ini adalah kuliner khas Cirebon. Empal gentong dibuat dari bahan dasar daging sapi yang diiris-iris lalu direbus dalam kuah santan dan diberi aneka rempah-rempah sehingga aromanya sangat wangi dan rasanya sangat eksotis. Dinamakan empal gentong karena memang dimasak dalam gentong atau kuali yang terbuat dari tanah liat sehingga rasanya jadi berbeda. Empal gentong ini sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat, acar mentimun dan wortel, serta emping.


5. Empal Gepuk



Sumber: Womentalk.com


Ada empal gentong, ada empal gepuk yang sama-sama merupakan makanan tradisional suku Sunda. Empal gepuk adalah kuliner yang terbuat dari bahan dasar daging sapi yang direbus dengan rempah lalu digepukhingga gepeng. Teman kuliner juga bisa menggepuknya terlebih dahulu baru direbus bersama bumbu, barulah digoreng sebentar. Empal gepuk sangat cocok disantap bersama dengan nasi putih hangat dan juga sambal terasi atau sambal dadak berserta lalapan.


6. Soto Mie Bogor



Sumber: Pergikuliner.com


Soto mie Bogor adalah makanan tradisional suku Sunda yang asalnya dari Bogor. Soto mie Bogor ini berbeda dengan soto-soto khas Indonesia kebanyakan karena dibuat dari bahan dasar mie kuning. Selain mie kuning, ada irisan daging sapi, kikil, tomat, risol, daun bawang, seledri, kentang rebus, dan bawang goreng yang bisa kita jumpai di dalamnya. Soto mie tak hanya bisa dijumpai di Bogor saja, tetapi juga beberapa daerah di Jawa Barat dan pastinya di Jakarta juga ada banyak pedagang soto mie enak.


7. Mie Kocok



Sumber: Pergikuliner.com


Terakhir ada mie kocok yang merupakan makanan tradisional suku Sunda. Mie kocok ini asalnya dari kota Bandung dan sering disantap sebagai menu makan malam karena saat malam cuaca di Bandung cukup dingin. Mie kocok merupakan mie yang dibuat dengan cara dikocok pada saat membuatnya. Jadi Teman Kuliner harus mengocok-ngocok mie sambil dicelupkan dalam air kaldu mendidih. Selain mie, bahan yang digunakan ada kikil, bakso, dan telur. Setelah matang, mie kocok disajikan bersama dengan taburan bawang goreng, daun bawang, dan seledri.


Itu dia 7 makanan tradisional khas suku Sunda yang wajib diicip. Teman Kuliner yang ingin makan masakan Sunda, bisa langsung mampir ke tempat-tempat di bawah ini ya!

Batavia Sunda Kelapa Marina

Foto Batavia Sunda Kelapa Marina
Foto Batavia Sunda Kelapa Marina
Foto Batavia Sunda Kelapa Marina

Waroeng Sunda

Foto Waroeng Sunda
Foto Waroeng Sunda
Foto Waroeng Sunda

Warung Sunda Ceu Kokom

Foto Warung Sunda Ceu Kokom
Foto Warung Sunda Ceu Kokom
Foto Warung Sunda Ceu Kokom

Warung Nasi Alam Sunda

Foto Warung Nasi Alam Sunda
Foto Warung Nasi Alam Sunda
Foto Warung Nasi Alam Sunda

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?