Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Makanan yang Bisa Dijadikan Ide Parcel Khas Lebaran

List Artikel
25 April 2022 | 0 Komentar

Indonesia merupakan negeri yang kaya akan tradisi. Saat Hari Raya Idul Fitri, masyarakat Indonesia selalu memegang tradisi unik seperti menyediakan kue lebaran, open house, salam tempel, hingga memberi parcel lebaran kepada kerabat dan teman. Parcel lebaran diberikan sebagai bingkisan ucapan hari raya. Jenis parcel yang paling banyak diminati adalah jenis parcel makanan. Selain karena harganya yang terjangkau, parcel makanan juga memiliki banyak variasi yang beragam dari jenis isiannya. Ada tujuh makanan yang biasanya sering dijadikan ide parcel lebaran. Ingin tahu apa saja? Yuk, simak!

 

1. Kue Kering



Sumber: pergikuliner.com


Di urutan pertama ada kue kering yang saat ini dibuat dengan bentuk dan rasa yang lebih menarik seperti lidah kucing pelangi, nastar nutella, red velvet cookies, kastangel durian, hingga macaron yang sedang menjadi tren. Kamu bisa membeli jadi kue kering atau membuatnya sendiri. Jika membeli jadi, kamu harus mencoba samplenya agar bisa mengetahui apa kue kering tersebut enak atau tidak.

 

2. Biskuit



Sumber: pergikuliner.com


Selain kue kering, ada biskuit yang bisa dijadikan ide parcel lebaran kamu. Biskuit sangat beragam variasinya, mulai dari biskuit cokelat, cracker, gandum, dan masih banyak lagi. Campur biskuit kemasan dengan biskuit kaleng agar bisa menambah ragam varian bentuk. Jangan lupa untuk mengecek tanggal kadaluarsanya serta kemasan yang harus tertutup rapat. Sebaiknya beli produk lokal yang sudah jelas produsennya.

 

3. Cokelat



Sumber: pergikuliner.com


Cokelat selalu disukai banyak orang. Jenis cokelat yang bisa letakkan dalam parcel lebaran bisa berupa cokelat batangan, cokelat truffle, cokelat pralin, dan lain sebagainya. Kamu bisa membuat satu parcel kecil penuh cokelat atau menambahkan satu hingga dua buah cokelat sebagai tambahan di parcel makanan lainnya. Agar tampilan parcel jadi lebih cantik, simpan cokelat dalam toples bening atau hiasi cokelat dengan pita sebelum ditata menjadi parcel.


 

4. Permen



Sumber: pixabay.com


Tak hanya cokelat, permen pun juga bisa dijadikan parcel lebaran. Pilih permen dengan bungkusan warna-warni agar tampilannya lebih cantik atau beli permen dengan kemasan transparan seperti toples bening agar warna cantik dari permen tetap terlihat. Pilihannya bisa permen susu, permen mint, permen kacang, permen cokelat, dan lain sebagainya. Letakkan permen di bagian tengah parcel agar bentuk permen yang kecil bisa tetap terlihat.

 

5. Kue Basah



Sumber: pergikuliner.com


Parcel lebaran juga bisa berupa kue basah atau kue tradisional seperti lemper, putu ayu, kue cucur, lapis surabaya, pastel, risol, bika ambon, dan lain sebagainya. Parcel kue basah ini sebaiknya menggunakan anyaman rotan atau tampah agar nuansanya etniknya lebih terasa. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan kue basah yang fresh karena kue basah mudah basi sehingga ketika kamu membelinya harus segera dijadikan parcel dan diberikan pada orang yang dituju.

 

6. Keripik



Sumber: pergikuliner.com


Siapa bilang keripik hanya cocok dijadikan camilan? Keripik juga cocok jika dijadikan parcel lebaran. Kamu bisa memilih dua jenis keripik yakni keripik manis dan gurih dengan aneka varian rasa seperti keripik bayam, keripik talas, keripik emping, keripik singkong, keripik pisang, dan lain sebagainya. Jika bungkus keripik polos atau bening, kamu bisa menghiasnya dengan tambahan pita warni-warni agar tampilannya lebih manis.

 

7. Minuman



Sumber: pergikuliner.com


Meski namanya parcel makanan, tapi minuman tak pernah absen untuk ikut hadir menghiasi parcel makanan. Jenis minuman yang dijadikan parcel bisa berupa sirup, kopi atau teh yang berbentuk serbuk, serta minuman kaleng dengan variasi warna-warni yang sangat menarik. Saat memilih minuman untuk dijadikan parcel ini, kamu harus melihat berapa ukuran parcel secara keseluruhan. Jangan sampai kamu meletakkan botol sirup dengan ukuran besar untuk disatukan dengan cokelat yang ukurannya kecil.

 

Sekarang sudah tahu kan makanan apa saja yang kira-kira bisa kamu jadikan parcel lebaran nanti. Kalau kamu masih bingung ingin beli makanannya di mana, PergiKuliner sudah memberikan rekomendasinya di bawah ini!

La Maison

Foto La Maison
Foto La Maison
Foto La Maison

TWG Tea Salon & Boutique

Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique

Bakery Monami

Foto Bakery Monami
Foto Bakery Monami
Foto Bakery Monami

Chateraise

Foto Chateraise
Foto Chateraise
Foto Chateraise

Boens Soes

Foto Boens Soes
Foto Boens Soes
Foto Boens Soes

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?