Aneka Olahan Bebek Khas Indonesia yang Tak Bisa Kamu Tolak

29 Desember 2017 | 0 Komentar

Bebek merupakan salah satu unggas yang masih kerabat dekat ayam, burung, dan angsa. Oleh karena itu, bebek memiliki nilai gizi yang cukup tinggi seperti zat besi yang mampu mencegah anemia, vitamin C yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh, mineral sodium yang bisa mengoptimalkan tekanan darah, dan masih banyak lagi. Meski memiliki tekstur yang lebih kenyal dan padat, bebek di Indonesia tak kalah terkenalnya dari ayam sehingga tak heran jika ada banyak olahan bebek khas Indonesia yang pastinya tak akan bisa kamu tolak kelezatannya seperti yang ada di bawah ini!

 

1. Bebek Cabai Hijau


Sumber: pergikuliner.com


Olahan bebek yang paling terkenal adalah bebek cabai hijau atau bebek lado ijo yang merupakan olahan bebek muda yang digoreng garing lalu diberi bumbu sambal cabai hijau. Perpaduan cita rasa bebek yang gurih dan garing sangat pas dengan sambal cabai hijau. Bebek cabai hijau ini disajikan bersama dengan nasi putih hangat dan juga lalapan seperti mentimun, selada, dan daun kemangi.

 

2. Rica Bebek


Sumber: tokomesin.com


Bagi kamu yang suka kuliner bercita rasa pedas, pastinya harus mencoba rica bebek yang menjadi olahan bebek pedas yang pasti bisa bikin kamu jadi nambah nasi. Layaknya rica-rica pada umumnya, rica bebek ini menggunakan bumbu sambal merah yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, dan cabai yang dihaluskan kasar lalu dimasak lagi dengan bebek yang sudah digoreng terlebih dahulu. Rica bebek merupakan kuliner khas Manado yang sangat digemari masyarakat Sulawesi Utara.

 

3. Bebek Kremes



Sumber: pergikuliner.com


Ada ayam kremes, pasti ada bebek kremes. Bebek kremes sebenarnya adalah varian bebek goreng yang diberi kremesan di atasnya. Tapi yang membedakan bebek kremes ini dengan bebek goreng kebanyakan adalah bumbu yang digunakan. Bebek kremes biasanya diberi bumbu rempah yang lebih beragam, mulai dari tambahan ketumbar, kemiri, kunyit, sereh, lengkuas, dan lain sebagainya. Cara memasaknya dengan merebus terlebih dahulu bebek hingga meresap bumbu rempahnya dan empuk. Setelah itu baru bebek digoreng dan sisa air rebusan ditambahkan tepung beras untuk digoreng menjadi kremesan. Tekstur bebek yang lembut dan kriuknya kremesan bisa membuat orang ketagihan untuk nambah.

 

4. Bebek Betutu


Sumber: pergikuliner.com


Bebek betutu merupakan kuliner khas Bali yang sangat terkenal. Bebek betutu bisa kamu temukan dengan mudah di daerah Kuta karena dulunya raja Bali yang tinggal di Kuta sangat suka menyantap bebek betutu. Untuk mengolah bebek betutu memang butuh perlakuan khusus karena bebek yang telah dibumbui harus dipijat-pijat hingga bumbu meresap hingga ke tulang. Setelah dibumbui, bebek dibungkus daun pisang dan dimasak dengan cara dipanggang dalam api dalam waktu berjam-jam hingga matang. Bebek betutu bisa disantap dengan nasi putih hangat dan sambal matah.


5. Bebek Songkem


Sumber: culture.indo


Terakhir ada bebek songkem yang menjadi kuliner khas Sampang, Madura. Bebek songkem ini tergolong dalam kuliner sehat karena memasaknya dengan cara dikukus. Bebek dipotong menjadi beberapa bagian lalu dilumuri cuka dan garam agar tak amis, baru kemudian diberi bumbu rempah dan dibungkus daun pisang dan dikukus hingga 3 jam. Setelah matang, maka lidah kamu pasti akan langsung tergoda oleh aromanya yang sangat wangi.


Itu dia beberapa jenis olahan bebek yang ada di Indonesia. Dan sekarang waktunya kamu cobain aneka olahan bebek tersebut di tempat-tempat ini!

Bebek Tepi Sawah

Bebek Malio

Bebek Bentu

Holyduck

Bebek Omahan


Topik artikel ini: