Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Asal Usul Saus Bachamel Saus Khas Italia yang Terkenal

List Artikel
26 Juni 2021 | 0 Komentar

Bagi kamu penggemar masakan Italia pastinya tahu saus bachamel. Saus ini merupakan saus berwarna putih yang dibuat dari bahan dasar susu sapi, roux, dan bumbu rempah seperti garam, lada, dan biji pala. Roux sendiri adalah adonan campuran mentega dan tepung terigu. Pemberian roux pada adonan saus bachamel ini bertujuan untuk mengentalkan saus sehingga teksturnya tidak terlalu cair. Saus bechamel memiliki rasa yang gurih dan juga krimi. Meski sering digunakan pada masakan Italia Italia, tapi tahukah kamu kalau ternyata saus ini asalnya dari Perancis? Saus bachamel adalah salah satu dari lima saus utama yang banyak digunakan pada masakan Perancis, yakni saus hollandaise, espagnole, veloute, tomat, dan bachamel.



Sumber: Joyousapron.com 


Saus bachamel pada dasarnya merupakan saus dasar yang nantinya bisa dikombinasikan menjadi aneka saus lezat lainnya seperti jika saus bachamel ini ditambahkan keju cheddar akan menjadi cheese cheddar sauce. Jadi bisa dikatakan kalau resep saus bachamel ini adalah resep dasar untuk beragam jenis saus. Saat ini saus bachamel memang banyak digunakan dan mudah dibuat, tapi di masa lalu yakni pada saat saus ini baru ditemukan, tahukah kamu kalau saus bachamel awalnya jadi simbol kuliner mewah di abad ke-17. Hingga saat ini, asal usul saus bachamel memang masih simpang siur karena ada dua cerita yang beredar mengenai asal usul saus bachamel.



Sumber:  Realfood.com


Dari sumber cerita yang pertama, asal usul saus bachamel pada tahun 1700-an pertama kali ditemukan oleh La Varenne yang merupakan seorang koki profesional di Perancis pada masa itu. Ia memperkenalkan resep saus bachamel dalam sebuah buku  yang berjudul "The French Cook". Dalam buku tersebut terdapat resep saus bachamel yang merupakan resep modifikasi karena awalnya resep saus bachamel dulu tidak seperti yang kamu kenal saat ini. Awalnya resep saus bachamel menggunakan remah roti atau kacang almond untuk mengentalkan sausnya. Tapi dengan menggunakan kedua bahan tersebut, tekstur saus bachamel jadi agak kasar. Dengan menggunakan roux, maka adonan saus bachamel punya tekstur jadi lebih lembut.



Sumber: Thespruceeats.com 


Sedangkan pada sumber kedua, asal usul saus bachamel dikatakan kalau saus ini bahkan sudah ada sejak abad ke-14. Pada masa itu, seorang koki memperkenalkan saus bachamel pada saat membuatkan hidangan untuk istana Perancis. Di tahun itu,ada aliansi dinasti Italia-Perancis, Catherine deMedici dari Italia menikah dengan Henri II. Dari sinilah saus bachamel dikenal oleh para bangsawan Italia. Berhubung selalu disajikan untuk kalangan kerajaan dan bangsawan, baik itu di Italia maupun Perancis, maka tak heran kalau asal usul saus bachamelsangat lekat dengan simbol kuliner mewah. 


Ditambah lagi, susu yang sudah dipasteurisasi pada masa itu punya harga yang lebih mahal dibanding susu biasa. Bahan utama untuk membuat saus bachamel adalah susu yang sudah dipasteurisasi. Menjadi simbol kuliner mewah, maka tak banyak orang yang mengonsumsinya. Seiring berjalannya waktu, susu pasteurisasi sangat mudah didapat dengan harga yang sangat terjangkau sehingga saus bachamel pun tak hanya bisa dikonsumsi oleh para bangsawan saja, tetapi juga masyarakat umum.


Itu dia sekilas tentang asal usul saus bechamel. Saus bechamel sering ditemukan pada olahan masakan Italia, salah satunya adalah pasta. Nah, buat Teman Kuliner yang jadi kepingin menikmati kriminya saus bechamel dan juga pasta khas Italia, langsung aja yuk datengin restoran-restoran di bawah ini!

Toodz House

Foto Toodz House
Foto Toodz House
Foto Toodz House

Pizza Maru

Foto Pizza Maru
Foto Pizza Maru
Foto Pizza Maru

Pancious

Foto Pancious
Foto Pancious
Foto Pancious

Kitchenette

Foto Kitchenette
Foto Kitchenette
Foto Kitchenette

Billie Kitchen

Foto Billie Kitchen
Foto Billie Kitchen
Foto Billie Kitchen

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?