Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Cek Jenis Susu Terbaik yang Bagus Digunakan untuk Membuat Foam Cappucino

List Artikel
18 November 2019 | 0 Komentar

Bagi penggemar kopi, pastinya sudah tak asing lagi dengan salah satu varian kopi yakni cappucino. Cappucino sebenarnya merupakan minuman khas Italia yang di dalamnya terdapat campuran kopi, susu yang dipanaskan, dan susu yang dikocok hingga berbusa. Untuk takaran ketiganya ini sama yakni 1:1:1. Tapi ada juga yang menyatakan kalau takaran susu dari cappucino harus lebih banyak dibanding takaran kopinya sehingga citarasanya jadi lebih creamy dan legit. Salah satu ciri khas dari cappucino adalah lapisan busa atau foam yang ada di atasnya yang dihasilkan dari susu yang dikocok. Citarasa susu yang lebih dominan ini menjadikan cappucino lebih digemari oleh orang-orang yang suka minum kopi tapi tak suka dengan cita rasa pahitnya.  



 Sumber : Pergikuliner.com


Berbicara tentang susu yang ada pada cappucino, ternyata beda susu yang dipakai, maka hasil foam yang dihasilkan juga akan berbeda. Foam cappucino yang sukses dan berhasil adalah foam yang memiliki tekstur sangat lembut serta tidak mudah turun ke bawah permukaan gelas. Selain itu, pemilihan susu yang tepat juga bisa mempengaruhi cita rasa dari cappucino. Foam pada bagian atas cappucino bisa menjadikan aroma kopi yang berpadu dengan susu menjadi lebih keluar dan wangi. Selain itu perpaduan cita rasanya yang bercampur dengan kopi akan membuatnya rasa pahit dari kopi akan berkurang sehingga bisa diterima dengan baik oleh lidahmu. Lantas susu apa yang cocok untuk dijadikan campuran pada cappucino?



 Sumber : Pergikuliner.com


Jenis susu yang paling bagus untuk cappucino adalah susu yang berjenis full cream. Susu full cream mengandung banyak lemak dan protein sehingga dapat menghasilkan foam yang bertekstur dan bercita rasa creamy. Selain itu, penggunaan susu full cream juga bisa menghasilkan buih-buih kecil pada bagian foam cappucino yang dinamakan dengan microfoam. Selain susu full cream, sebenarnya ada juga jenis susu lainnya yang bagus kamu gunakan untuk cappucino yakni  susu mentah atau raw milk yang langsung dari peternakan sapi perah.  Jika dicampurkan pada cappucino, maka akan ada tambahan rasa karamel yang bisa kamu rasakan. Satu lagi jenis susu yang cocok untuk cappucino, yakni susu HTST (high temperature short time). Jika dijadikan campuran cappucino, susu ini bisa menambahkan rasa yang lebih manis dan menjadikan tekstur cappucino jadi lebih kental.

 

Sekarang kamu sudah tahu bukan apa saja susu terbaik yang cocok untuk membuat foam pada cappucino. Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan kulinermu ya. Jika, ingin mencicipi kopi setelah membaca artikel ini, kamu bisa langsung berkunjung ke salah satu tempat di bawah ini aja ya!

Dua Coffee

Foto Dua Coffee
Foto Dua Coffee
Foto Dua Coffee

Six Ounces Coffee

Foto Six Ounces Coffee
Foto Six Ounces Coffee

But First Coffee

Foto But First Coffee
Foto But First Coffee
Foto But First Coffee

Ardent Coffee

Foto Ardent Coffee

Giyanti Coffee Roastery

Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?