Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ingin Bikin Kopi Enak Ala Barista? Ini Tips Cara Meraciknya!

List Artikel
2 April 2017 | 2 Komentar

Kopi menjadi minuman yang sudah menjadi gaya hidup baik itu di kota besar maupun kota kecil. Banyak orang yang sengaja datang ke coffee shop untuk merasakan citarasa kopi hasil racikan barista alias si pembuat kopi yang sudah lihai dan berpengalaman sehingga kopi yang mereka hasilkan selalu bisa membuat kita puas menikmatinya. Tapi bagaimana jika kamu ingin mencoba membuat kopi sendiri dengan citarasa yang enak ala barista. Hal tersebut mungkin saja kok guys, tapi tentunya kamu harus tips dan triknya. Pergi Kuliner akan memberikan beberapa tips cara meracik kopi yang enak ala barista coffee shop. Simak baik-baik ya!



Sumber: pergikuliner.com

 

1. Memilih Biji Kopi

Rahasia pertama kopi yang enak adalah dihasilkan dari biji kopi pilihan. Disarankan untuk membeli biji kopi dalam keadaan utuh, bukan yang sudah digiling. Jika kamu tak punya alat penggiling biji kopi, kamu bisa membeli kopi yang sudah digiling. Kekurangan dari kopi yang sudah digiling alias kopi bubuk adalah tidak bisa disimpan terlalu lama. Biji kopi utuh bisa kamu simpan sekitar satu bulan lamanya, sedangkan jika kopi yang sudah digiling adalah hanya sekitar dua hingga tiga minggu karena jika dibiarkan terlalu lama, aroma wanginya akan berkurang dan tentunya citarasanya tidak nikmat lagi.

 

2. Mencatat dan Menakar

Sebaiknya kamu mencatat berapa gram kopi yang dibutuhkan untuk membuat secangkir kopi karena takaran ini sangat berpengaruh pada citarasa dan kekentalan kopi. Air yang digunakan juga harus kamu  takar. Disarankan untuk membeli timbangan digital agar takarannya bisa lebih tepat lagi. Dengan mencatat dan menakar, kamu bisa bereksperimen, kira-kira takaran seperti apa yang pas dan sesuai dengan seleramu. Setelah selesai menakar, jangan lupa untuk menyimpan kopi di tempat yang sejuk tanpa sinar matahari langsung. Kamu tidak disarankan untuk menyimpan kopi dalam kulkas karena akan menurunkan citarasanya.

 

3. Penggunaan Air

Banyak orang yang berpikir kalau menyeduh kopi cukup dengan air panas saja. Ternyata ada beberapa tips yang harus kamu lakukan agar citarasa kopi tidak rusak. Hal yang pertama adalah gunakan air yang berkualitas baik, gunakan air mineral atau air kemasan. Jangan sekali-kali menggunakan air tanah atau air keran karena kamu tidak tahu kandungan tersembunyi di dalamnya. Hal yang kedua adalah kamu harus memanaskan air hingga mendidih. Jangan menyeduh kopi dengan air panas atau air hangat saja, harus air yang mendidih ya guys!

 

4. Memilih Teknik Menyeduh Kopi

Ada beberapa teknik menyeduh kopi yang bisa kamu coba dan kamu harus memilih teknik yang tepat sesuai dengan keinginan kamu. Contohnya, jika kamu ingin membuat kopi espresso, berhubung alatnya cukup mahal untuk dibeli. Kamu bisa menggunakan teknik filter atau drip metode untuk menghasilkan kopi yang lembut dan seimbang.


Cukup ribet ya cara membuat kopi yang enak ala barista di coffee shop gitu. Hm, daripada ribet-ribet mendingan kamu langsung aja nikmatin kopi enak buatan barista nya langsung di coffee shop yang sudah di rekomendasikan PergiKuliner di bawah ini. Sekaligus kamu bisa membandingkan nih rasa kopi buatan kamu dengan rasa kopi buatan baristanya langsung, mana yang lebih enak hehe!

Kopium Artisan Coffee

Foto Kopium Artisan Coffee
Foto Kopium Artisan Coffee
Foto Kopium Artisan Coffee

Trafique Coffee

Foto Trafique Coffee
Foto Trafique Coffee
Foto Trafique Coffee

Kopimana27

Foto Kopimana27
Foto Kopimana27

Upo Coffee & Co

Foto Upo Coffee & Co
Foto Upo Coffee & Co
Foto Upo Coffee & Co

Fillmore Coffee

Foto Fillmore Coffee
Foto Fillmore Coffee

Mau nyobain kopi buatan barista di coffee shop lainnya? Cek PergiKuliner.com aja, dijamin hits deh!


Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
good
linaartis@gmail.com | 01 Aug 2021 pk. 08:29 AM
Foto user umum
good article, easy to understand and very interesting to read. I also found an article with a similar discussion. you can visit the link below http://news.unair.ac.id/2019/11/28/tiga-mahasiswa-unair-ciptakan-kopi-biji-kurma-dan-gula-trembesi-untuk-cegah-diabetes-melitus-tipe-2/
rafputr89@gmail.com | 01 Aug 2021 pk. 10:40 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?