Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip Teknik-teknik Menggoreng Ala Chef Restoran

List Artikel
16 Juni 2019 | 0 Komentar
Pastinya kamu sering mengolah masakan dengan cara menggoreng, bukan? Tentunya kamu hanya melakukannya dengan cara sekedar menuangkan minyak secukupnya lalu menggorengnya dengan cara dibolak-balik saja, kan? Baik itu menggoreng ayam, kentang, nugget, bahkan telur. Walaupun menggoreng telihat sangat mudah dan gampang, kamu juga harus tau ada teknik-teknik tertentu di setiap olahan masakan agar hasilnya seperti ala chef restoran. Karena teknik-teknik menggoreng yang tepat akan membantu olahan masakan kamu mendapatkan hasil yang sempurna. Apa saja ya teknik-tekniknya? PergiKuliner spesial memberikan infonya untuk kamu!

Deep Frying



Sumber : Bbc.co.uk


Teknik yang bisa kamu coba pertama adalah deep frying, yaitu menggoreng dengan minyak yang cukup banyak. Wajan yang digunakan untuk menggoreng ala deep frying ini menggunakan tipe wajan yang agak tinggi, bukan yang bertipe datar. Hal ini disebabkan karena agar olahan makanan yang dimasak bisa terendam sepenuhnya. Lalu jangan lupa, menggorengnya harus dengan suhu tinggi agar menghasilkan gorengan yang renyah dan matang secara merata. Teknik ini bisa kamu lakukan saat menggoreng french fries, ayam crispy, onion ring, calamary, tempura, dan lainnya.

Pan Frying



Sumber : Livescience.com


Teknik pan frying merupakan kebalikan dari deep frying. Pan frying menggunakan minyak yang jumlahnya sangat sedikit dengan suhu sedang. Bila kamu ingin menggoreng dengan teknik yang satu ini, maka kamu harus rutin membolak-balik makanan agar kedua sisinya matang merata dan sempurna. Teknik ini akan menghasilkan masakan yang memiliki tampilan berwarna cokelat dan memiliki tekstur kering pada bagian luar dan lembut di bagian dalamnya, sangat cocok untuk mengolah bahan makanan seperti daging steak, ikan tuna atau salmon, dada ayam, sosis, maupun telur.

 

Sautéing



Sumber : Dailymail.co.uk


Model teknik sautéing atau yang lebih dikenal sebagai teknik menumis ini biasanya menggunakan bentuk wajan yang agak datar dengan menggunakan sedikit minyak dan suhu yang tinggi. Teknik yang satu ini perlu kamu perhatikan ketika melakukannya, karena bahan masakan yang dimasak harus terus digerakkan agar tidak menjadi lembek atau terlalu empuk. Hasil dari teknik sautéing ini akan menghasilkan efek karamelisasi selama proses memasak. Biasanya teknik ini cocok digunakan untuk bahan makanan yang dipotong kecil, tipis atau memanjang seperti wortel, paprika, jamur, buncis, dan masih banyak lagi.

 

Stir Frying



Sumber : Foodal.com


Teknik stir frying memang tidak jauh berbeda dengan sautéing yang menggoreng dengan suhu tinggi. Namun stir frying sedikit berbeda, karena minyak yang digunakan agak lebih banyak dari pada sautéing. Selain itu wajan yang digunakan juga berbentuk cekung yang terbuat dari besi atau yang dikenal dengan wajan wok, yang kerap dipakai untuk jenis masakan oriental. Teknik ini memerlukan sedikit trik unik, yaitu sesekali wajan perlu agak dimiringkan agar nyala api pada kompor dapat membakar minyak dalam makanan, atau yang dikenal sebagai flambé. Jangan lupa untuk mengguncang wajannya saat flambé sedang berlangsung, yang menjadi kunci suksesnya teknik ini.

 

Shallow Frying



Sumber : Explainoexpo.com


Teknik terakhir ada shallow frying, yang menggunakan takaran minyak yang cukup untuk merendam masakan di bagian dasarnya. Namun perlu kamu ketahui, teknik yang satu ini disarankan untuk sekali pengolahan saja, ya. Masakan yang dihasilkannya adalah memiliki tekstur renyah di luar dan lembut di bagian dalamnya. Warnanya pun juga tak kalah cantik, yaitu kecoklatan atau keemasan. Sangat cocok untuk menggoreng perkedel, bakwan, tahu, tempe, nugget, atau kroket.
 
Nah, dari beberapa teknik di atas, mana yang lebih sering kamu praktekkan? Jika kamu lapar setelah membaca artikel ini, kamu bisa nikmati salah satu cemilan di bawah ini yuk!

Potato Corner

Foto Potato Corner

Hi Fries

Foto Hi Fries

Montato

Foto Montato
Foto Montato
Foto Montato

Shihlin

Foto Shihlin
Foto Shihlin
Foto Shihlin

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?