Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Jangan Terkejut! 5 Fakta Tentang Burger Ini Bisa Mencengangkan Kamu

List Artikel
5 Mei 2018 | 0 Komentar

Burger dikenal sebagai kuliner yang banyak digemari oleh semua kalangan masyarakat karena rasanya yang lezat dan bisa membuat kamu ketagihan. Burger disebut sebagai kuliner junk food karena dijual di gerai-gerai fast food. Untuk memasaknya pun tidak dibutuhkan waktu yang lama karena kamu hanya perlu memanggang daging sebentar lalu memasukkannya ke dalam roti bulat atau bun yang telah dibelah. Kemudian ditambahkan lagi dengan daun selada, tomat, bawang bombay, acar mentimun, mayonaise atau mustard dan saus sambal. Buat yang sering menyantap burger, kamu tahu tidak lima fakta di bawah ini yang bisa mencengangkan kamu? 



Sumber : Pergikuliner.com


1. Tidak Berasal Dari Amerika

Banyak yang menyangka kalau burger merupakan kuliner tradisional khas Amerika. Hal ini dikarenakan gerai makanan cepat saji yang menjual burger lebih banyak di Amerika dibanding negara asalnya, yakni Jerman. Ditambah lagi, gerai-gerai makanan cepat saji asal Amerika tersebut sangat terkenal di dunia. Sebut saja McDonald’s, Burger King dan A&W. Siapapun pasti pernah menyantap burger di gerai makanan cepat saji tersebut.


2. Penemu Burger

Tidak bisa dipastikan siapa yang menemukan kuliner yang satu ini. Menurut masyarakat Jerman, burger ditemukan oleh dua orang bersaudara dari Ohio yakni Frank dan Charles Menches. Awalnya keduanya menjual sandwich di pinggir jalan. Lalu karena kehabisan sosis, maka mereka mengganti sosis dengan daging cincang untuk isian sandwich. Ternyata para pembeli sangat menyukai sandwich dengan isian daging cincang tersebut. Ada juga yang mengatakan kalau burger ditemukan oleh Louis Lassen di tahun 1900-an. Saat itu, Lassen membuka restoran bernama Louis Lunch dan menyajikan sandwich isi daging cincang pada pengunjungnya.

 

3. Pernah Berganti Nama

Burger yang memiliki nama panjang hamburger sering dikaitkan dengan kata "ham" yang berarti daging babi. Tapi sebenarnya nama hamburger ini diambil dari nama kota yang ada di Jerman, yakni Hamburg. Berhubung nama hamburger sangat identik dengan negara Jerman, maka pada perang dunia ke-2, pemerintah Amerika Serikat pernah berusaha mengganti nama tersebut dengan nama Liberty Sandwich dengan tujuan untuk membakar semangat nasionalisme warga Amerika. Tapi sayangnya penggantian nama tersebut tidak bertahan lama alias gagal karena orang sudah mengenal nama hamburger terlebih dahulu.

 

4. Burger Terbesar dan Termahal di Dunia

Guiness World Record mencatat sebuah burger yang disajikan di Mallie’s Sports Grill & Bar di Detroit, Amerika Serikat. Kamu bisa menemukan burger raksasa dengan tinggi 91 cm dan berat 813 kg. Sedangkan untuk burger termahal di dunia bisa kamu temukan di Las Vegas, Amerika Serikat. Menu burger yang bernama The Fleur Burger 5000 ini menggunakan daging wagyu kelas atas dan sebagai pelengkapnya, ada topping foie gras dan truffle terbaik di dunia. Pembelian burger ini sudah dilengkapi dengan satu botol wine Chateau Petrus 1995. Tak heran jika harga yang harus kamu keluarga bisa mencapai $5000 atau sekitar Rp 60-an juta per porsinya.

 

5. Susah Membusuk

Fakta mencengangkan lainnya adalah burger merupakan makanan yang paling susah membusuk di dunia. Ada penelitian yang dilakukan dengan meletakkan burger begitu saja di lemari pendingin selama satu minggu. Hasil yang didapat adalah burger nyaris tidak berubah bentuk dan tidak mengalami pembusukan. Hal ini dikarenakan burger memiliki kandungan pengawet yang cukup tinggi sehingga bisa tahan lama. Oleh karena itu, sekarang banyak bermunculan gerai burger yang menjual burger sehat yang terbuat dari bahan organik atau burger vegetarian yang lebih menyehatkan.


Nah! Itu dia beberapa fakta tentang burger yang mungkin belum banyak orang tau. Jadi, sekarang waktuny cicipin beberapa burger enak di tempat-tempat ini yuk!

Flip Burger

Foto Flip Burger
Foto Flip Burger

Belly Bandit

Foto Belly Bandit
Foto Belly Bandit
Foto Belly Bandit

Blenger Burger

Foto Blenger Burger
Foto Blenger Burger
Foto Blenger Burger

Biggy's

Foto Biggy's
Foto Biggy's
Foto Biggy's

Smack Burger

Foto Smack Burger

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?