Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kena Diare? Ini Kuliner yang Boleh Disantap vs Tak Boleh Disantap

List Artikel
31 Januari 2017 | 0 Komentar

Diare merupakan salah satu gangguan sistem pencernaan yang membuat penderitanya mengalami siksaan di bagian perut yang terasa melilit, mulas, serta buang air besar berkali-kali. Diare bisa diakibatkan banyak hal, mulai dari alergi makanan tertentu, keracunan makanan, hingga obat antibiotik. Biasanya orang akan meminum oralit untuk menghilangkan diare, tapi tentunya makanan yang kamu makan saat diare juga harus kamu perhatikan. Jika kamu asal makan, bukannya diare kamu jadi sembuh, malah jadi parah. Buat kamu yang sedang terkena diare, Pergi Kuliner akan memberikan kuliner yang boleh kamu santap saat diare dan kuliner tidak boleh kamu santap saat diare, yaitu:

 


Sumber: pergikuliner.com


Kuliner yang Boleh Dikonsumsi

Makanan yang boleh dikonsumsi saat sedang diare pastinya adalah nas putih. Ingat ya guys, nasi putih, bukan nasi merah. Kenapa? Karena nasi putih lebih rendah serat dibanding nasi merah. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat justru akan memperparah diare kamu. Selain nasi, ada buah-buahan yang bisa kamu konsumsi seperti pisang dan apel yang paling bagus dikonsumsi saat diare. Pisang menjadi buah yang lembut dan lunak untuk dicerna sehingga bisa menenangkan sistem pencernaan yang sedang terganggu. Lalu ada apel yang sebaiknya kamu santap dalam bentuk olahan seperti jus apel. Selain itu, masih ada roti dan yoghurt yang bisa kamu konsumsi. Yoghurt mengandung probiotik alami sehingga dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan bakteri jahat dalam sistem pencernaan.

 


Sumber: pergikuliner.com


Kuliner yang Tak Boleh Dikonsumsi

Jika yoghurt dibolehkan untuk disantap saat diare, maka susu tidak diperbolehkan disantap saat diare. Susu yang mengandung laktosa ini dapat menyebabkan alergi berupa gejala diare. Selain susu, ada kopi yang tak boleh disantap saat diare karena kandungan kafeinnya bisa menyebabkan kontraksi pada usus sehingga mengganggu sistem pencernaan. Selain itu, hindari makan gorengan dan juga makanan dengan pemanis buatan karena bisa membuat perut kamu bergas dan kembung sehingga menambah parah rasa sakitmu saat sedang terkena diare.

 

Sudah tahu khan apa saja kuliner yang boleh disantap dan kuliner apa saja yang tak boleh disantap. Pastinya, saat kamu sedang terkena diare, perbanyaklah minum air putih untuk mengganti hilangnya cairan tubuh akibat buang air besar berkali-kali. 

Llao Llao

Foto Llao Llao
Foto Llao Llao
Foto Llao Llao

Berrywell

Foto Berrywell
Foto Berrywell
Foto Berrywell

Sour Sally

Foto Sour Sally
Foto Sour Sally
Foto Sour Sally

Mom Milk

Foto Mom Milk

Gyokuro

Foto Gyokuro
Foto Gyokuro
Foto Gyokuro

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?