Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kuliner-kuliner Ajaib Ini Bisa Cegah Kanker Serviks

List Artikel
22 Mei 2017 | 0 Komentar

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Tentunya kamu tahu kan istilah yang sering dikemukakan tersebut. Kanker serviks merupakan kanker yang dijuluki sebagai pembunuh wanita nomer satu di Indonesia. Menurut Yayasan Kanker Indonesia, ada sekitar 15.000 kasus kanker serviks dan jumlahnya semakin meningkat setiap tahunnya. Meski ada berbagai macam pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit ini, tapi tak ada salahnya jika kita mulai mencegahnya dari sekarang dengan cara menyantap kuliner-kuliner yang sehat seperti yang ada di bawah ini: 

 

1. Wortel



Sumber: izzabellanatrins.com


Sayuran berwarna orange ini terkenal memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi sehingga bagus untuk kesehatan mata. Namun ternyata wortel juga sangat bermanfaat untuk menghambat dan mencegah pertumbuhan sel kanker serviks karena wortel mengandung beta karoten. Nutrisi yang ada dalam wortel juga mampu menetralisir nitrosamines yang menjadi penyebab tumbuhnya sel kanker.

 

2. Teh hijau



Sumber: pergikuliner.com


Teh hijau memang memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kamu karena memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Teh hijau juga mengandung polifenol dan flavonoid yang berguna untuk membelah sel kanker sehingga sel kanker bekerja pasif. Selain itu, teh hijau juga mampu menjaga imunitas agar daya tahan tubuhmu tetap baik.

 

3. Brokoli



Sumber: pergikuliner.com


Sayuran hijau yang satu ini memang memiliki kandungan yang hampir setara dengan susu. Brokoli juga mengandung folat dan vitamin B9 yang mampu mengurangi tingkat pertumbuhan sel kanker serviks. Selain itu ada juga kandungan glucoraphanin dan indole 3 carbinal yang tak hanya bisa mencegah kanker serviks, tapi juga kanker prostat dan payudara.

 

4. Kacang-kacangan



Sumber: seriouseats.com


Buat kamu yang suka ngemil, gantilah camilanmu dengan kacang-kacangan karena kuliner yang satu ini memiliki  kandungan serat dan protein tinggi yang mampu mencegah kerusakan sel. Kacang juga mengandung phytochemical yang berfungsi menghambat pertumbuhan sel tumor dan melindungi sel sehat agar tak bermutasi menjadi sel kanker serviks.

 

5. Berry



Sumber: pergikuliner.com


Meski ukurannya kecil-kecil, jenis buah berry memiliki banyak kandungan seperti vitamin C, B1, B2, B3, B5, dan masih banyak lagi. Ada satu jenis kandungan dalam buah berry yakni senyawa fitokimia yang mampu menghambat proses inflamasi. Proses inflamasi ini diyakini menjadi titik awal terjadinya pertumbuhan sel kanker. Selain itu, ada zat lutein yang kaya akan antioksidan sehingga ampuh untuk menghambat sel kanker serviks.


Itu dia beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mencegah kanker serviks. Mulai sekarang kamu harus benar-benar memperhatikan kesehatan kamu ya, mulai lah mengkonsumsi makanan yang sehat dan mengurangi makanan sampah atau junk food. Karena salah satu yang menyebabkan sel kanker aktif adalah pola makan makanan sembarangan. 


Nah, bagi teman PergiKuliner yang ingin mulai hidup sehat dengan makan makanan yang menyehatkan pula, PergiKuliner telah merekomendasikan kamu beberapa tempat makan yang menjual menu makanan sehat seperti smoothies bowl, makanan vegetarian dan lain sebagainya. Cek informasinya di bawah ini yuk!

Lewis & Carroll Tea

Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea

Berrywell

Foto Berrywell
Foto Berrywell
Foto Berrywell

The Good Stuff

Foto The Good Stuff
Foto The Good Stuff
Foto The Good Stuff

Burgreens Express

Foto Burgreens Express
Foto Burgreens Express
Foto Burgreens Express

Hoshino Tea Time

Foto Hoshino Tea Time
Foto Hoshino Tea Time

Yuk cari tempat makan sehat lainnya di pergikuliner.com!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?