Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Makanan yang Dianjurkan vs Makanan yang Tak Dianjurkan untuk Santap Sahur

List Artikel
17 Juni 2017 | 0 Komentar

Selama kamu menjalankan puasa, pola makan tentunya jadi berubah. Jika biasanya kamu makan tiga kali sehari. Saat bulan Ramadhan, kamu hanya makan dua kali sehari, yakni pada saat buka puasa dan sahur sehingga orang selalu berpikir untuk menambah porsi makan agar tetap kuat selama berpuasa. Namun, anggapan seperti itu tidaklah sepenuhnya benar karena baik saat berbuka maupun sahur, kamu harus memenuhi kebutuhan gizi yang cukup mulai dari asupan karbohidrat, protein, mineral, serta nutrisi-nutrisi lainnya.

 

Kebanyakan orang akan makan seadanya saat sahur karena jam sahur di pagi buta membuat orang masih mengantuk dan malas makan. Ujung-ujungnya ada juga yang tidak sempat sahur. Padahal makan sahur sangat penting sebagai cadangan energi selama kamu berpuasa seharian. Oleh karena itu, makanan yang disantap saat sahur tak boleh sembarangan. PergiKuliner akan menjelaskan tentang beberapa makanan yang dianjurkan dan yang tak dianjurkan untuk santap sahur.

 

Makanan yang Dianjurkan Saat Sahur


1. Biji-bijian



Sumber: pergikuliner.com


Biji-bijian sangat kaya akan serat yang bisa membantu kamu kenyang lebih lama. Selain itu, biji-bijian bisa membantu sistem pencernaan agar lebih lancar. Protein dalam biji-bijian sangat ampuh untuk memperbaiki jaringan tubuh dan memperkuat kekebalan tubuh sehingga kamu tak gampang sakit selama puasa. Biji-bijian yang bisa kamu santap seperti kedelai, kacang tanah, kacang hijau, buncis, dan kacang polong.

 

2. Kurma



Sumber: pergikuliner.com


Kurma tak hanya bagus disantap saat berbuka puasa, tapi juga bagus disantap untuk sahur karena kurma mengandung tiga jenis zat gula seperti glukosa yang berfungsi menaikkan kadar gula darah, sukrosa dan fruktosa yang berfungsi menjaga agar gula darah tetap stabil. Kurma juga sangat kaya akan serat sehingga tak membuat kamu cepat lemas.

 

3. Sayur dan Buah



Sumber: pergikuliner.com


Sayur dan buah adalah menu wajib saat sahur karena selain kaya akan serta, sayur dan buah bisa memenuhi kebutuhan cairan dan elektrolit saat berpuasa sehingga kamu tak gampang harus dan dehirasi. Pilih sayuran dengan kadar air yang tinggi seperti sop serta soto. Sedangkan untuk buah, kamu bisa memilih buah yang manis, tak asam, dan memiliki kadar air tinggi seperti melon, semangka, dan pepaya.

 

4. Daging



Sumber: pergikuliner.com


Menyantap daging saat sahur juga sangat perlu untuk memenuhi kadar protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Protei digunakan dalam proses metabolisme tubuh untuk menghasilkan energi. Konsumsi daging seperlunya dan jangan berlebihan karena kamu nantinya bisa terkena sembelit dan bau mulut tak sedap.

 

Makanan yang Tak Dianjurkan Saat Sahur


1. Makanan dengan Pemanis Buatan



Sumber: pergikuliner.com


Kamu pasti berpikiran kalau mengonsumsi makanan yang manis bisa menambah energi saat berpuasa. Tapi, makanan yang mengandung pemanis buatan justru bisa membuat kamu lebih mudah lemas dan cepat haus. Selain itu, perut kamu akan terasa lebih kembung.

 

2. Gorengan



Sumber: pergikuliner.com


Gorengan memang tergolong dalam makanan yang praktis dan mudah dibuat sehingga banyak digemari orang Indonesia. Tapi sebaiknya kamu menghindari menyantap gorengan saat sahur karena proses pencernaan gorengan perlu waktu dan energi yang cukup besar sehingga kamu akan mudah lemas dan haus. Konsumsi gorengan yang baik adalah setelah shalat tarawih.

 

3. Kafein



Sumber: pergikuliner.com


Saat puasa, sebaiknya kebiasaan minum kopi dihentikan untuk sementara waktu karena jika kamu terlalu banyak mengonsumsi kafein, terutama saat sahur, tubuh akan terkena dehidrasi dan mudah lemas. Tak hanya minuman berkafein, kamu juga harus menghindari minuman bersoda.

 

4. Makanan Pedas



Sumber: pergikuliner.com


Mengonsumsi makanan yang pedas saat sahur bukanlah yang baik karena saat kamu menyantap makanan pedas saat sahur, tubuh akan mengalami ketidakseimbangan kadar sodium dan membuat kamu akan terasa haus seharian. Jika ingin menyantap makanan pedas, kamu bisa menyantapnya setelah shalat tarawih.


Itu dia beberapa makanan yang dianjurkan dan tidak dianjurkan untuk disantap saat sahur. Tapi bukan berarti kamu nggak boleh makan makanan di atas sama sekali ya, kamu hanya perlu mengatur waktu yang tepat untuk mengkonsumsinya. Nah, biar lebih terjamin rasanya enak, mending kamu cobain nih makanan-makanan di bawah ini!

Turkuaz

Foto Turkuaz
Foto Turkuaz
Foto Turkuaz

Mlinjo Cafe & Resto

Foto Mlinjo Cafe & Resto
Foto Mlinjo Cafe & Resto
Foto Mlinjo Cafe & Resto

Restaurant Sarang Oci

Foto Restaurant Sarang Oci
Foto Restaurant Sarang Oci
Foto Restaurant Sarang Oci

Soto Betawi Babe Jamsari

Foto Soto Betawi Babe Jamsari

Sop Sapi Gosyen

Foto Sop Sapi Gosyen
Foto Sop Sapi Gosyen
Foto Sop Sapi Gosyen

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?