Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal Sejarah Tahu Sumedang yang Sudah Ada Sejak Puluhan Tahun Lalu

List Artikel
12 Januari 2018 | 0 Komentar

Pernah mencoba makan tahu Sumedang? Sesuai dengan namanya, tahu Sumedang merupakan kuliner khas yang berasal dari Sumedang. Saking populernya, tahu Sumedang ini tak hanya bisa dijumpai di Sumedang saja, tapi juga di beberapa daerah di Indonesia. Tahu Sumedang tak hanya disajikan begitu saja dengan cara digoreng, tapi juga bisa dijadikan aneka olahan kuliner khas Indonesia seperti tahu gejrot, tahu tek-tek, hingga tahu campur. Meski banyak digunakan dalam kuliner tradisional, tapi ternyata pelopor tahu Sumedang ini merupakan keturunan China yang merantau ke Indonesia.



Sumber : pergikuliner.com


Tercatat pada tahun 1917, ada seorang imigran China yang bernama Ong Kino datang ke Sumedang melalui pelabuhan Cirebon bersama dengan istrinya. Sesampainya di Sumedang, ia membuat tahu yang awalnya hanya disajikan untuk istrinya tercinta. Tapi kemudian ia berpikir untuk membuka bisnis produksi tahu di rumah kecilnya yang berada di Jalan Sebelas April. Ong Kino lalu merintis usaha tahu tersebut dengan gigih, namun yang berhasil membuat usahanya sukses adalah anak semata wayangnya yang bernama Ong Bungkeng. Ong Bungkeng menyusul ayah dan ibunya ke Sumedang beberapa tahun kemudian dan meneruskan usaha ayahnya, sementara sang ayah kembali ke negeri Tiongkok.

 

Sumber: basilica.com


Di tangan Ong Bungkeng, tahu yang dinamakan tahu Sumedang ini sangat sukses dan banyak disukai banyak orang. Apalagi sejak toko milik Ong Bungkeng didatangi Bupati Sumedang yakni Pangeran Aria Suria Atmaja yang lewat dan tertarik untuk mencoba tahu buatan Ong Bungkeng. Setelah menyantapnya, bupati Sumedang tersebut meyakinkan Ong Bungkeng kalau tahu buatannya pasti akan disukai seluruh masyarakat Indonesia. Tak lama setelah kejadian itu, tahu Sumedang miliknya pun jadi sangat terkenal hingga ke luar kota Sumedang. Keberhasilan Ong Bungkeng berbisnis tahu ini membuat masyarakat setempat ikut memulai bisnis tahu.

 


Sumber: beritagar.com


Tahun demi tahun berlalu dan semakin banyak saja penjual tahu di Sumedang sehingga lama kelamaan Sumedang dijuluki sebagai kota tahu. Tahu Sumedang memang memiliki ciri khas yang berbeda dibanding jenis tahu lainnya yang ada di Indonesia. Dari segi teksturnya, tahu Sumedang yang sudah digoreng memiliki kulit kecoklatan dengan tekstur yang tidak mulus. Sedangkan pada bagian dalamnya terdapat rongga atau udara sehingga saat digigit kamu akan merasakan sensasi yang unik dan berbeda jika dibandingkan saat menyantap tahu jenis lain.

Dan sekarang kamu jadi ingin mencoba sendiri kelezatan tahu Sumedang? Kamu bisa mencobanya di salah satu tempat di bawah ini!

Dapur Solo

Foto Dapur Solo

Gerobak Betawi

Foto Gerobak Betawi

Remboelan

Foto Remboelan

Empal Gentong Cerbonan

Foto Empal Gentong Cerbonan
Foto Empal Gentong Cerbonan

Talaga Sampireun

Foto Talaga Sampireun

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?