Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Nikmatnya 5 Gorengan Manis Khas Jawa yang Cocok Buat Cemilan

List Artikel
17 September 2019 | 0 Komentar

Indonesia memang surganya kuliner. Kamu bisa menemukan beragam kuliner lezat, mulai dari masakan, minuman, kue, hingga cemilan. Berbicara tentang aneka cemilan tradisional khas Indonesia, pastinya tidak akan lepas dari yang namanya gorengan. Gorengan bisa menjadi lauk pauk untuk disantap bersama dengan nasi, tapi bisa juga dijadikan cemilan. Mayoritas masyarakat Indonesia sangat suka menyantap gorengan. Hal ini dikarenakan gorengan bisa didapat dengan mudah karena dijual di pedagang kaki lima gerobak. Selain itu harga gorengan ini juga sangat murah. Rata-rata harganya berkisar antara Rp1.000 hingga Rp3.000 saja. Jika biasanya gorengan memiliki cita rasa gurih dan asin seperti tempe mendoan, tahu goreng, bakwan, hingga cireng, di daerah Jawa, gorengan justru bisa dijumpai dalam cita rasa manis. Gorengan yang bercita rasa manis ini ini sangat cocok disantap di pagi hari atau sore hari bersama dengan minuman teh atau kopi. Coba lihat dulu yuk apa saja gorengan manis khas Jawa tersebut!

 

1. Gemblong



Sumber : Travelingyuk.com


Pertama ada gemblong yang menjadi gorengan manis paling terkenal di Jawa, baik itu Jawa Timur maupun Jawa Tengah. Gemblong dibuat dari beras ketan putih yang dicampur dengan tepung kanji, kelapa parut, santan kental, garam dan margarin. Campuran tersebut diaduk hingga rata dan dibentuk kecil-kecil lalu digoreng hingga matang. Kemudian setelah gemblong dingin, adonan tersebut harus diberi lapisan gula cair dan dibiarkan hingga mengeras menjadi karamel. Teksturnya sudah pasti agak renyah di luar tapi sangat lembut di dalam.

 

2. Timus


Sumber : Resepkoki.com


Berikutnya ada timus yang dibuat dari bahan dasar ubi, baik itu ubi jalar atau ubi ungu. Ubi yang sudah dikupas dan dicuci bersih kemudian di haluskan lalu dicampur tepung tapioka, tepung terigu, gula, dan garam. Kemudian adonan diuleni hingga kalis. Selain ubi, timus juga bisa dibuat dari singkong atau jenis umbi-umbian lain. Hanya saja jika menggunakan singkong, citarasanya tidak akan semanis ubi.


3. Klenyem




Sumber : Cookpad.com


Bagi yang bukan orang Jawa pasti merasa asing mendengar nama gorengan manis ini. Klenyem adalah salah satu gorengan manis khas Jepara, Jawa Tengah yang dibuat dari bahan dasar utama singkong yang dicuci bersih lalu diparut dan diberi gula dan garam dan dikepal-kepal lalu diberi isian gula merah dan digoreng hingga matang. Jika dilihat, klenyem memang mirip dengan kuliner misro yang berasal dari Sunda, Jawa Barat.

 

4. Getuk Goreng



Sumber : Resepkoki.id


Nama getuk tampaknya sudah melekat sebagai camilan khas dari Jawa. Kita mengenal dua jenis getuk, yakni getuk lindri yang dikukus dan getuk goreng yang pastinya dimasak dengan cara  digoreng. Getuk goreng ini dibuat dari bahan dasar singkong yang dikukus atau direbus lalu dihaluskan kemudian diberi campuran gula merah dan kelapa parut sehingga cita rasanya jadi manis dan gurih. Kuliner ini banyak dijumpai di daerah Banyumas, Jawa Timur. Tapi selain Banyumas, kamu juga bisa menjumpainya di beberapa kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah lainnya.  

 

5. Samarinda



Sumber : Idntimes.com


Terakhir ada samarinda yang merupakan gorengan manis khas Jawa, bukan nama kota di Pulau Sumatera ya! Secara tampilan camilan ini memang terlihat seperti gorengan kebanyakan. Padahal cita rasanya unik dan berbeda lho. Samarinda dibuat dari potongan nangka dan daging buah kelapa yang dicampur dengan tepung terigu lalu digoreng hingga matang. Aromanya sudah pasti wangi menggoda. Sedangkan citarasanya unik dan manis. Kamu bisa menjumpai gorengan samarinda di kota-kota yang ada di Jawa Tengah.

 

Itulah lima gorengan khas Jawa yang bercita rasa manis. Dari kelimanya, kamu lebih suka yang mana? Nah, jika ingin cari cemilan manis, kamu bisa menikmatinya di salah satu tempat di bawah ini ya!

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Pisang Goreng Djakarta

Foto Pisang Goreng Djakarta
Foto Pisang Goreng Djakarta

Bollo Bola Ubi Kopong

Foto Bollo Bola Ubi Kopong
Foto Bollo Bola Ubi Kopong

Rokue Snack

Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack

Dandy Co Bakery & Cafe

Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?