Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Segar dan Sehat, Ini 5 Dessert Dingin yang Dibuat dari Campuran Susu

List Artikel
5 Agustus 2021 | 0 Komentar

Susu menjadi salah satu minuman sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Susu mengandung kalsium dan protein yang sangat tinggi serta banyak kandungan beragam vitaminnya sehingga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Susu memiliki tekstur yang cair tapi rasanya ini terbilang cukup creamy sehingga tak hanya cocok diminum begitu saja, tapi juga diolah menjadi beragam olahan dingin yang nikmat.



Sumber: Pergikuliner.com


Olahan dingin yang terbuat dari susu ini sangat cocok dinikmati di negara yang tropis seperti Indonesia karena bisa menjadi kuliner yang meredakan panas dan dahaga tubuh. Di beberapa negara terdapat dessert dingin yang dibuat dari campuran susu. Apa saja? Kita bahas sama-sama di bawah ini yuk!


1. Es Krim



Sumber: Pergikuliner.com


Dessert dingin pertama yang dibuat dari susu adalah es krim. Es krim dibuat dari bahan dasar lemak susu yang diproses melalui alat khusus sehingga menjadi es krim. Es krim  sangat disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Es krim memiliki tekstur yang lembut dan ringan sehingga ketika disantap akan langsung lumer di mulut. Es krim sebenarnya punya banyak varian. Tapi yang paling disukai adalah rasa vanilla, cokelat, dan strawberry. Selain disantap begitu saja, es krim juga cocok dijadikan topping pancake, wafel, hingga crepes.


2. Gelato



Sumber: pergikuliner.com


Gelato juga merupakan dessert dingin yang dibuat dari susu. Gelato seringkali salah dikenali sebagai es krim. Tapi keduanya ini berbeda. Meski sama-sama dibuat dari campuran susu, tapi gelato punya lemak susu yang lebih sedikit. Teksturnya lebih padat tapi lebih mudah cair di suhu ruangan karena campuran udaranya juga lebih sedikit. Berbeda dengan es krim yang varian rasanya cukup terbatas, gelato punya banyak sekali varian rasa, terutama rasa buah dan sayur. Teman Kuliner bisa menemukan gelato dengan rasa sawi atau pokcoy, rasa wortel, jagung, kemangi, hingga aneka buah tropis seperti mangga, durian, buah naga, dan lain sebagainya.

 

3. Froyo



Sumber: Pergikuliner.com


Buat yang ingin olahan susu lebih sehat lagi, ada froyo alias frozen yoghurt yang gerainya bisa dengan mudah dijumpai di pusat perbelanjaan. Berhubung dibuat dari yoghurt yang dihasilkan dari susu fermentasi. Froyo biasanya disajikan dengan  beragam topping seperti buah-buahan segar yaitu jeruk, strawberry, peach, dan lain sebagainya. Lalu ada kacang-kacangan, dan topping lain seperti marshmallow, jelly, mochi, hingha rice puff.


4. Sorbet



Sumber: Pergikuliner.com


Dessert dingin dari campuran susu yang berikutnya adalah sorbet. Sorbet memiliki lebih sedikit bahan campuran susu di dalamnya. Sorbet dibuat dari sedikit campuran susu dan buah-buahan. Berbeda dengan gelato yang campuran buahnya tidak terlalu banyak, pada sorbet, buah-buahan justru menjadi bahan utamanya. Sorbet bahkan ada yang membuatnya tanpa campuran susu sehingga persentase campuran buah dan sayur bisa mencapai 80% lebih. Tekstur dari sorbet ini terbilang padat tapi lembut. Sorbet ini cocok disantap begitu saja.

 

5. Sherbet



Sumber: Houseofnasheats.com


Dessert dingin dari susu yang terakhir adalah sherbet. Jika gelato sering salah dikenali sebagai es krim, sherbet sering salah dikenali sebagai sorbet. Keduanya ini memang mirip, tapi sorbet dan sherbet berbeda. Sherbet bisa dikatakan merupakan perpaduan dari es krim dan sorbet. Jadi teksturnya lebih padat daripada es krim, tapi lebih ringan dibanding sorbet. Sherbet bisa disantap begitu saja atau disantap dengan cone es krim supaya mudah dibawa-bawa.

 

Kelima kuliner dingin yang dibuat dari campuran susu ini terlihat menggiurkan bukan? Jika Teman Kuliner ingin menyantap salah satu di antaranya, mampir saja ke salah satu gerai yang ada di bawah ini!

Gelato Secrets

Foto Gelato Secrets
Foto Gelato Secrets
Foto Gelato Secrets

La Casa Ice Cream Zangrandi

Foto La Casa Ice Cream Zangrandi
Foto La Casa Ice Cream Zangrandi
Foto La Casa Ice Cream Zangrandi

Sour Sally

Foto Sour Sally
Foto Sour Sally
Foto Sour Sally

Kebun Ide

Foto Kebun Ide
Foto Kebun Ide
Foto Kebun Ide

Paris Sorbet

Foto Paris Sorbet
Foto Paris Sorbet
Foto Paris Sorbet

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?