Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Awas Keliru, Ini Dia 4 Perbedaan Cafe dan Bistro yang Harus Kamu Tahu

List Artikel
18 November 2018 | 0 Komentar

Banyak orang yang masih keliru tentang perbedaan antara​ cafe dan bistro. Cafe identik dengan kedai kopi yang menjual aneka menu ringan pendamping kopi. Lalu bagaimana dengan bistro? Menu, makanan, dan suasana seperti apa yang ditawarkan di kafe maupun bistro? Bistro jika dalam bahasa Prancis memiliki arti restoran kecil. Di Prancis sendiri, bistro merupakan bar kecil yang menyajikan minuman anggur. Sementara di Jakarta, bistro banyak menyuguhkan menu Prancis dengan suasana santai, homey dan lebih kasual. Lantas apa perbedaan bistro dengan cafe? Menu, makanan dan suasana seperti apa yang ditawarkan oleh cafe maupun bistro? Berikut ini PergiKuliner akan berikan penjelasannya ya, simak yuk!


1. Menu


Sumber : Pergikuliner.com


Cafe sebenarnya adalah kedai kopi atau tempat menjual kopi. Oleh karena itu, menu yang ditawarkan berupa cemilan ringan pendamping kopi. Menu di cafe juga cenderung sama setiap hari dan jarang berganti. Sedangkan, menu di bistro umumnya berbeda untuk makan siang dan makan malam. Bistro biasanya menginformasikan menu apa yang dibuat pada hari tersebut atau menu apa yang disuguhkan untuk musim​ tertentu.


2. Jenis makanan


Sumber : Pergikuliner.com


Makanan yang dijual di cafe biasanya adalah makanan yang tidak terlalu mahal dan hanya memerlukan waktu sebentar untuk dibuat. Contohnya, sandwich dan sup. Beberapa jenis dessert yang ditawarkan antara lain adalah cake, pie, atau es krim. Sementara, bistro membatasi pilihan menu pada hari tertentu. Namun secara keseluruhan pilihan menunya lebih beragam, seperti roti panggang dan aneka seafood.


3. Suasana


Sumber : Pergikuliner.com


Suasana di cafe sangatlah bervariasi. Beberapa kafe biasanya memiliki tema tertentu, seperti klasik atau modern minimalis. Biasanya cafe juga menyediakan meja di luar ruangan agar pelanggan dapat menikmati pemandangan. Sedangkan, bistro umumnya dimiliki seorang chef. Oleh karena itu suasana yang disuguhkan mencerminkan makanan yang disajikan. Contohnya, chef yang memiliki spesialisasi masakan Italia akan menghadirkan suasana Italia di bistro miliknya.


4. Jam operasional


Sumber : Pergikuliner.com


Banyak cafe buka hingga 24 jam, sehingga menjadi tempat favorit untuk bersantap malam hari. Sementara itu, bistro memiliki jam operasional tertentu. Beberapa bistro ada yang buka pada siang hari, kemudian tutup beberapa jam dan buka kembali pada malam hari. Bistro juga mungkin tidak buka tujuh hari dalam seminggu dan memiliki libur lebih awal.


Nah, sekarang kamu sudah tahu kan apa perbedaan antara cafe dan bistro? Jadi jangan sampai keliru lagi ya teman PergiKuliner. Agar kamu semakin tahu keduanya, lebih baik segera datangi yuk beberapa cafe dan bistro yang sudah PergiKuliner siapkan di bawah ini!

Kafe TIA

Foto Kafe TIA
Foto Kafe TIA
Foto Kafe TIA

Evlogia Cafe & Store

Foto Evlogia Cafe & Store
Foto Evlogia Cafe & Store
Foto Evlogia Cafe & Store

Kopikalyan

Foto Kopikalyan
Foto Kopikalyan
Foto Kopikalyan

Branche Bistro

Foto Branche Bistro
Foto Branche Bistro
Foto Branche Bistro

Ecology Bistro

Foto Ecology Bistro
Foto Ecology Bistro
Foto Ecology Bistro

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?