Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sering Dijadikan Makanan Kaleng, Apa Bedanya Ikan Sarden dan Makarel?

List Artikel
14 November 2018 | 0 Komentar

Ikan menjadi salah satu bahan makanan yang memiliki nilai gizi tinggi karena di dalamnya terdapat kandungan protein, mineral dan nutrisi yang sangat lengkap. Ditambah lagi, ikan memiliki rendah yang lebih lemak jika dibandingkan dengan daging ayam dan sapi. Secara umum ikan terbagi menjadi dua jenis, yakni ikan air tawar dan ikan air asin. Berbicara tentang ikan air asin atau ikan laut, ada dua jenis ikan yang selama ini paling sering dijadikan sebagai makanan kaleng, yakni ikan sarden dan makarel. Masyarakat Indonesia seringkali menganggap kalau ikan sarden dan makarel ini sama saja, padahal keduanya ini sebenarnya berbeda. Lantas apa perbedaan dari keduanya nih teman PergiKuliner? Simak dulu yuk!


 Sumber : Detik.food.com


1. Jenis dan Asal Usul

Jika kita lihat dari segi jenisnya, ikan sarden merupakan bagian dari keluarga Clupeidae yang masih satu keluarga dengan ikan haring. Ikan sarden biasa ditemukan di lautan Mediterania serta negara-negara Eropa seperti Inggris, Norwegia, Denmark, Finlandia, Portugal, Spanyol, Islandia dan lain sebagainya. Sedangkan ikan makarel merupakan jenis keluarga Scombridae yang masih satu golongan dengan ikan tuna. Kamu bisa menemukan ikan makarel ini di lautan Atlantik dan negara Asia seperti Jepang.


2. Tampilan dan Ukuran

Kalau dilihat dari segi ukuran, keduanya akan terlihat sangat berbeda. Untuk ikan sarden memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga ketika dikemas menjadi makanan kaleng tidak perlu dipotong-potong. Berbeda dengan ikan makarel yang memiliki ukuran lebih besar, yakni rata-rata 35-45 cm dan pastinya lebih berat dibanding ikan sarden. Untuk tampilannya, ikan makarel memiliki warna yang cenderung lebih gelap dan berminyak. Sedangkan ikan sarden memiliki warna perut agak keperakan dengan punggung hijau atau biru.


3. Tekstur dan Cita Rasa

Tekstur daging dari ikan sarden dan makarel dipengaruhi dari ketebalan dagingnya. Seperti yang sudah dikatakan di atas, ikan makarel memiliki daging yang lebih tebal sehingga teksturnya pasti lebih padat. Sementara ikan sarden yang memiliki daging yang lebih sedikit ini akan jauh lebih lunak dan lembut sehingga kalau dimasak dalam waktu yang lama, dagingnya akan mudah hancur. Jika dilihat dari segi cita rasa, sudah pasti keduanya tidak jauh berbeda karena sama-sama merupakan jenis ikan laut. Tapi untuk ikan sarden, dagingnya akan terasa lebih gurih.


4. Harga jual

Terakhir adalah perbedaan dari segi harga jual keduanya. Perlu kamu ketahui bahwa harga jual ikan sarden dengan makarel ini terbilang cukup banyak selisihnya. Harga ikan sarden lebih murah karena bisa lebih mudah ditemukan dalam jumlah banyak. Sedangkan ikan makarel harganya lebih mahal karena habitat ikan ini berada jauh di perairan dalam dan tidak bisa ditangkap dalam jumlah yang banyak.


Nah, sekarang kamu sudah tahu kan perbedaan ikan sarden dan makarel? Jangan sampai salah mengenalinya lagi ya teman PergiKuliner. Oh iya, jangan lupa mampir ke beberapa tempat makan yang menyajikan menu ikan di bawah ini yuk!

Ikan Bakar Cianjur

Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur

Jamuan Samudra

Foto Jamuan Samudra
Foto Jamuan Samudra
Foto Jamuan Samudra

Ikan Nila Pak Ugi

Foto Ikan Nila Pak Ugi
Foto Ikan Nila Pak Ugi

Blue Jasmine

Foto Blue Jasmine

Bunga Rampai

Foto Bunga Rampai

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?