Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Stew vs Soup, Bisakah Kamu Membedakan Keduanya?

List Artikel
16 Januari 2023 | 0 Komentar

Memasuki awal tahun, yang berarti curah hujan cukup tinggi di Indonesia karena sudah masuk musim hujan. Berbeda dengan Indonesia yang pastinya akan mengalami musim hujan pada saat bulan November hingga awal tahun, di negara empat musim pastinya ada musim salju yang datang. Baik itu musim hujan maupun musim salju, keduanya sama-sama membuat cuaca menjadi lebih dingin. Hawa dingin inilah yang membuat kita merasa cepat lapar dan selalu mencari makanan dan minuman yang cenderung disajikan dalam keadaan hangat supaya juga bisa menghangatkan tubuh. Di Indonesia ada soto hingga bakso yang menjadi kuliner berkuah hangat yang cocok disantap saat musim hujan, tapi di luar negeri ada stew dan soup yang sering dikonsumsi selama musim dingin. Berbicara tentang stew vs soup, meski sama-sama kuliner berkuah yang disajikan hangat, tapi keduanya berbeda satu sama lain. Kita memang kerap kali salah mengenalinya, tapi jangan khawatir lagi karena stew vs soup ini bisa mudah dibedakan dari segi tampilan dan rasanya. Coba kita sama-sama melihat apa saja perbedaan yang dimiliki oleh keduanya di bawah ini!

 

Soup



Sumber: Hips.heartsapps.com


Soup atau yang di Indonesia dikenal dengan nama sup adalah kuliner berkuah yang di dalamnya terdapat campuran sayur dan daging serta kuah kaldu. Tapi tahukah kamu kalau bahan utama dari soup adalah cairan atau kaldu. Kaldu yang ada di dalam soup bisa berupa kaldu daging ayam, kaldu daging sapi, kaldu seafood, hingga kaldu sayuran. Soup ini terbagi menjadi tiga jenis yakni soup yang memiliki warna bening seperti sup ayam, soup yang berasal dari puree, dan soup bertekstur kental karena dicampur krim di dalamnya seperti potato soup atau pumpkin soup.

 

Soup sangat mudah dibuat dan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 20-30 menit saja, kamu sudah bisa menyajikan semangkuk sup di atas meja makan. Soup memiliki ciri khas potongan sayur dan daging yang mudah disantap alias easy bites. Potongan-potongan dalam soup memang sengaja dibuat kecil atau sedang agar lebih mudah matang, berhubung memasaknya hanya membutuhkan waktu sebentar. Untuk cita rasanya, soup cenderung memiliki cita rasa yang lebih ringan karena bumbu yang digunakan tidak banyak. Meski di dalamnya ada campuran krim kentalnya, tapi tekstur soup masih akan terasa light. Soup biasanya disajikan begitu saja atau disajikan bersama dengan potongan roti.

 

Stew



Sumber: Hips.heartsapps.com


Lantas apa perbedaan stew vs soup? Untuk stew sendiri, dari segi tampilannya pasti kamu sudah bisa membedakannya. Berbeda dengan soup, stew hanya memiliki satu jenis saja. Stew merupakan kuliner berkuah yang sebenarnya sangat berbeda dengan soup. Meskipun di dalamnya juga terdapat campuran sayur dan daging, tapi potongan dalam stew jauh lebih besar jika dibandingkan dengan soup. Hal ini bukan tanpa sebab, stew harus dimasak dalam jangka waktu yang lama sehingga potongan sayur dan dagingnya harus besar-besar agar tak mudah hancur. Biasanya waktu untuk memasak stew dibutuhkan hingga berjam-jam.

 

Selain itu, untuk memasak stew dibutuhkan rempah-rempah yang cukup banyak sehingga dari segi aromanya, stew punya aroma yang lebih wangi dengan tekstur kuah yang sangat berbumbu. Beberapa resep stew bahkan ada yang menambahkan tepung, wine, hingga beer di dalamnya untuk memperkaya cita rasa. Berbeda dengan soup yang disajikan dengan roti, stew justru disajikan bersama dengan nasi atau mash potato.

 

Itulah perbedaan dari stew vs soup. Sekarang kamu sudah bisa membedakannya dengan mudah belum? Semoga dengan adanya informasi di atas, kamu bisa membedakan stew vs soup dengan mudah sehingga tak keliru lagi mengenalinya. 

Soto Betawi Nyonya Afung

Foto Soto Betawi Nyonya Afung
Foto Soto Betawi Nyonya Afung
Foto Soto Betawi Nyonya Afung

Soto Mie Bogor Kota Hujan Bang Alex

Foto Soto Mie Bogor Kota Hujan Bang Alex
Foto Soto Mie Bogor Kota Hujan Bang Alex
Foto Soto Mie Bogor Kota Hujan Bang Alex

Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo

Foto Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo
Foto Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo
Foto Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo

Soto Tangkar PPC

Foto Soto Tangkar PPC
Foto Soto Tangkar PPC
Foto Soto Tangkar PPC

Soto Kudus Blok M

Foto Soto Kudus Blok M
Foto Soto Kudus Blok M
Foto Soto Kudus Blok M

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?