Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tidak Hanya Nasi Padang, Ini 5 Nasi Campur Khas Sumatera

List Artikel
14 Maret 2023 | 0 Komentar

Nasi campur bagi masyarakat Indonesia sudah sangat dikenal. Istilah nasi campur disematkan untuk kuliner yang menyajikan nasi dengan aneka lauk pauk di dalam satu sajian piring. Untuk jenis lauk yang disajikan bisa beragam tergantung dari daerah asalnya. Jenis lauk yang disajikan bisa lebih dari satu sehingga kita tidak akan bosan menyantapnya. 



Sumber: Pergikuliner.com


Lauk dari nasi campur memang bisa berbeda-beda, inilah yang membuat masing-masing daerah di Indonesia memiliki nasi campur khasnya masing-masing. Di Sumatera, jenis nasi campur yang paling dikenal adalah nasi Padang. Di daerah asalnya, nasi Padang merupakan nasi campur yang menyajikan nasi putih hangat lalu diberi aneka lauk pauk. Tapi ternyata selain nasi Padang, ada nasi campur khas Sumatera lainnya yang juga bisa kamu cobain. Kita bahas bareng di bawah ini!


1. Nasi Kapau



Sumber: Pergikuliner.com


Nasi campur khas Sumatera yang pertam adalah nasi kapau. Nasi campur ini sangat dikenal, tak hanya di daerah asalnya, tapi juga di beberapa kota besar di pulau Jawa. Nasi kapau seringkali salah dikenali sebagai nasi Padang karena memiliki tampilan yang sama yakni adanya siraman kuah kuning yang kental di atas nasinya. Nasi kapau adalah nasi campur yang berasal dari wilayah Agam, Sumatera Barat. Ciri khas nasi kapau ini adalah adanya gulai tambusu yang dibuat dari usus sapi. Tidak hanya gulai tambusu, pada nasi kapau juga ada lauk dendeng balado, kacang panjang, sayur nangka muda, dan olahan rebung sebagai lauknya.

 

2. Nasi Kentut



Sumber: Idntimes.com


Mendengar nama nasi kentut pastinya membuat sebagian orang enggan menyantapnya karena takut aroma dari kuliner ini berbau tak sedap seperti kentut. Padahal kata kentut pada kuliner ini merujuk pada daun yang digunakan. Dinamakan nasi kentut karena dalam kuliner ini terdapat olahan dari daun kentut yang banyak tumbuh di daerah Medan. Daun kentut biasanya dijadikan sebagai lalapan atau dimasak dengan kuah santan. Selain olahan daun kentut, tentu saja ada lauk pauk lainnya seperti teri balado, sambal, dan sebagainya.

 

3. Nasi Gurih Aceh



Sumber: Pergikuliner.com


Nasi gurih Aceh selalu muncul dalam pilihan menu makanan di rumah makan Aceh. Sesuai dengan namanya, nasi gurih Aceh memiliki rasa yang gurih asin sehingga bisa membuat kita ketagihan saat menyantapnya. Nasi gurih Aceh memiliki ciri khas sambal belacan yang tidak boleh ketinggalan. Untuk pilihan lauknya, ada banyak lauk yang bisa kamu pilih, mulai dari kering tempe, tumisan buncis, ayam tangkap, dan tauco udang.

 

4. Nasi Gemuk



Sumber: Sisternet.co.id


Nasi gemuk adalah nasi khas Jambi yang punya rasa gurih karena nasinya sendiri dimasak dengan menggunakan santan dan rempah. Untuk lauk pauknya, nasi gemuk menambahkan ayam goreng, telur dadar, ikan teri goreng, kacang goreng, dan sambal terasi yang juga menjadi ciri khasnya. Meski asalnya dari Jambi, tapi nasi ini juga sering dijumpai di daerah Palembang saat ada perayaan khusus seperti hajatan, syukuran, hingga selamatan.

 

5. Nasi Campur Medan



Sumber: Pergikuliner.com


Nasi campur khas Sumatera yang terakhir adalah nasi campur Medan. Nasi campur ini tak kalah terkenalnya dari nasi Padang karena bisa dijumpai di beberapa kota besar yang ada di Indonesia. Nasi campur Medan sekilas mirip dengan nasi campur Pontianak karena sama-sama menggunakan irisan daging babi yang diasapi atau dibumbu merah. Tapi tentu saja rasanya berbeda karena rempah yang digunakan berbeda. Pada nasi campur medan terdapat banyak rempah yang digunakan untuk memasak nasinya. Selain itu, nasi campur medan menggunakan sayur tauco pedas sebagai lauk tambahannya.

 

Itulah beberapa nasi campur khas Sumatera buat yang bosan makan nasi padang. Dari kelima nasi campur khas Sumatera tersebut, kalau kamu ingin cobain aneka nasi campur enak khas Sumatera, PergiKuliner sudah punya rekomendasi tempat makan nasi campur khas Sumatera enak di bawah ini!

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Kedai Pak Ciman

Foto Kedai Pak Ciman
Foto Kedai Pak Ciman
Foto Kedai Pak Ciman

Nasi Kapau Langganan

Foto Nasi Kapau Langganan
Foto Nasi Kapau Langganan
Foto Nasi Kapau Langganan

Nasi Kapau Juragan

Foto Nasi Kapau Juragan
Foto Nasi Kapau Juragan
Foto Nasi Kapau Juragan

Sepiring Padang

Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?