Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Yuk Intip Perbedaan Es Krim, Gelato, dan Sorbet!

List Artikel
22 Juli 2015 | 0 Komentar
Sekilas, apabila dilihat secara kasat mata, gelato, es krim, dan sorbet, memang terlihat sama. Tetapi, saat kamu mencicipinya, rasanya tentu sangat berbeda. Dari tekstur serta cita rasanya, ketiga dessert ini memiliki ciri khasnya masing-masing yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Masih bingung dengan perbedaan ketiganya? Check it out!

Es Krim



Es krim mengandung lemak susu 10%-15%, paling tinggi jika dibandingkan dengan gelato dan sorbet. Kandungan lemak susu yang tinggi tersebut menghasilkan tekstur yang lebih lembut. Es krim terbuat dari krim susu, telur, serta penambah rasa lainnya seperti coklat, vanilli, atau buah-buahan. Semua bahan-bahan tadi dikocok hingga mengembang. Hal inilah yang membedakan es krim dengan gelato. Kandungan gelembung udara yang terdapat dalam gelato lebih sedikit apabila dibandingkan dengan es krim. Es krim juga biasanya dinginnya terasa lebih menusuk di lidah. Hal tersebut disebabkan karena proses pendinginannya yang jauh lebih rendah daripada gelato yaitu dalam suhu minus 18-20 derajat celcius. Inilah yang membuat es krim lebih cepat mencair daripada gelato.


Gelato



Kebalikan dari es krim, gelato terbuat dari susu utuh dan bukan dari krim susu. Oleh sebab itu, gelato yang berasal dari Italia ini lebih mirip disebut dengan ‘es susu’. Gelato mengandung sekitar 4%-8% lemak susu, lebih rendah dari lemak yang terkandung pada es krim. Karena rendah lemak, biasanya gelato mengandung gula yang agak tinggi agar tidak terdapat pembentukan kristal es yang besar. Tidak seperti es krim yang memiliki banyak gelembung udara, gelato minim gelembung udara sehingga terasa lebih padat. Kandungan kalori dalam satu cup gelato setara dengan satu buah pisang atau segelas besar susu. Gelato juga tidak terasa tajam di lidah karena suhu dalam proses pendinginannya tidak serendah es krim, rata-rata hanya berkisar minus 10-15 derajat celcius.


Sorbet



Berbeda dengan es krim dan gelato, sorbet sama sekali tidak mengandung susu dan telur sehingga termasuk dessert yang sehat. Biasanya, sorbet terasa lebih segar karena terbuat dari jus buah asli dengan tambahan sedikit air dan sirup atau gula untuk menambah rasa manisnya. Sorbet paling cocok untuk kamu yang lagi diet karena tidak terdapat kandungan lemak di dalamnya. Sorbet yang terkenal karena rasa buahnya ini mudah sekali dibuat. Kamu hanya perlu memblender buah, air, dan sirup atau gula, lalu bekukan dalam freezer. Setelah beku, keluarkan dan blender kembali. Lakukan hal tersebut hingga tiga sampai lima kali dan jadilah sorbet yang sehat untuk mendukung program diet kamu.

Gimana? Jadi ngiler kan pengen cobain es krim, gelato, sekaligus sorbet! Nah, buat kamu yang pengen makan es krim dan gelato yang paling juara di Jakarta, ini dia rekomendasi dari PergiKuliner!

BC's Cone

Foto BC's Cone
Foto BC's Cone
Foto BC's Cone

North Pole Cafe

Foto North Pole Cafe
Foto North Pole Cafe
Foto North Pole Cafe

LIN Artisan Ice Cream

Foto LIN Artisan Ice Cream
Foto LIN Artisan Ice Cream
Foto LIN Artisan Ice Cream

Ilvero Gelateria

Foto Ilvero Gelateria
Foto Ilvero Gelateria
Foto Ilvero Gelateria

Grom Gelato

Foto Grom Gelato
Foto Grom Gelato
Foto Grom Gelato

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?