Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

10 Masakan Daerah Sumatera Barat yang Enak dan Bikin Nagih

List Artikel
28 Juli 2021 | 2 Komentar

Rendang merupakan salah satu masakan khas Indonesia yang sudah diakui kelezatannya oleh banyak negara. Bahkan makanan ini juga dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia. Memang kenikmatan rendang itu tiada duanya dan rasanya sulit untuk dilupakan. Masakan dengan bumbu rempah yang begitu kuat ini berasal dari daerah Sumatera Barat, Indonesia. Selain rendang, ternyata Sumatera Barat memiliki ragam kuliner lain yang tak kalah lezatnya dengan rendang. Rasanya dijamin lamak bana atau enak banget. Berikut adalah 10 masakan daerah Sumatera Barat yang juga terkenal nikmat dan lezat!


1. Sate Padang



Sumber: PergiKuliner.com


Mungkin Teman Kuliner sudah tidak asing dengan masakan daerah Sumatera Barat yang satu ini. Sate Padang, panganan ini umumnya terbuat dari daging dan lidah sapi, yang bisa juga menggunakan jeroan sapi untuk membuatnya. Bumbunya sangat khas dan nikmat, apalagi jika disantap dengan lontong atau ketupat. Tentunya Teman Kuliner juga bisa menambahkan nasi hangat dan kerupuk sebagai makanan pendampingnya. Tak heran kalau sate Padang jadi salah masakan khas Sumatera Barat yang populer selain rendang.


2. Gulai Gajebo



Sumber: Flickr.com


Padang memiliki banyak kuliner yang terkenal nikmat dan lezat, salah satunya yang harus dicoba adalah gulai gajebo. Masakan daerah Sumatera Barat ini terbuat dari sanding lamur yaitu lemak kenyal yang berada di bagian punuk sapi. Potongan lemak berdaging pada gulai ini disajikan dengan kuah asam padeh, namun tidak menggunakan santan sama sekali. Rasanya begitu gurih dan sedikit pedas. Namun buat yang ingin mencobanya, harap diingat kalau masakan ini punya jumlah kolesterol yang tinggi ya.


4. Sate Lokan



Sumber: pinterest.com


Penggemar seafood mari merapat, karena masakan daerah Sumatera Barat yang satu ini terbuat dari kerang hijau. Untuk membuatnya, kerang direbus terlebih dahulu sebelum dibakar sampai kecokelatan. Sate lokan biasanya disajikan dengan bumbu kental khas Padang dan taburan bawang goreng. Bisa juga dinikmati bersama lontong, ketupat maupun nasi hangat agar semakin nikmat. Sate lokan adalah hidangan khas pesisir yang mudah ditemukan Pariaman, Pasaman dan Pesisir Selatan.


5. Nasi Kapau



Sumber: PergiKuliner.com


Nasi kapau adalah salah satu masakan khas Bukit Tinggi. Tampilannya hampir sama dengan nasi Padang, namun cara penyajiannya berbeda. Dimana jika lauk nasi Padang disajikan di etalase, maka lauk nasi kapau ini dipajang di atas meja. Penjualnya pun juga biasanya adalah orang asli Kapau, Bukit Tinggi. Selain itu, lauk nasi kapau pun ada yang berbeda dengan nasi Padang yaitu gulai kapau. Gulai kapau terbuat dari campuran kol, nangka dan kacang panjang dengan kuah khasnya yang berwarna kuning dan terasa asam.


6. Asem Padeh Daging



Sumber: Cookpad.com


Kalau masakan khas Sumatera Barat yang satu ini terbuat dari bahan dasar daging. Pada umumnya asem padeh daging menggunakan daging sapi untuk membuatnya, namun kini sudah banyak rumah makan Padang yang menggunakan bahan dasar dari daging ayam atau ikan. asem padeh daging biasanya disajikan pada acara-acara adat seperti pesta pernikahan. Rasanya yang adam dan pedas dengan warna kuah merah kecokelatan paling cocok disantap dengan nasi hangat yang ditaburi bawang goreng nikmat.


7. Nasi Sala



Sumber: Nmutty.com


Nasi sala adalah hidangan yang berasal dari Pariaman. Masakan daerah Sumatera Barat ini berupa nasi dengan lauk ikan yang khas. Mengingat Pariaman memang merupakan kawasan pesisir, sehingga tak heran kalau kuliner utamanya berbahan dasar dari hasi laut. Biasanya seporsi nasi sala berisi nasi hangat dengan ikan kembung dan sambal yang dibungkus daun pisang. Sudah kebayang dong masakan yang dibungkus dengan daun pisang pasti rasanya selalu nikmat dan aromanya harum.


8. Gulai Itiak Lado Mudo



Sumber: Cookpad.com


Kalau biasanya masakan daerah Sumatera Barat itu berbahan dasar daging sapi, lain halnya dengan gulai itiak lado mudo yang menggunakan daging bebek. Seekor bebek akan dimasak dengan bumbu cabai hijau kering yang rasanya cenderung pedas namun nikmatnya luar biasa. Apalagi kalau daging bebek yang digunakan adalah daging bebek muda yang usianya sekitar 6 bulan, maka tekstur dagingnya bisa lebih empuk saat disantap. Tak heran kalau gulai itiak lado mudo ini jadi kuliner andalan khas Kota Gadang.


9. Martabak Kubang



Sumber: Pinterest.com


Martabak adalah olahan makanan yang populer di Indonesia. Tiap daerah bahkan memiliki olahan martabaknya sendiri. Termasuk juga Sumatera Barat yang memiliki martabak kubang sebagai andalannya. Dinamakan martabak kubang karena masakan daerah Sumatera Barat ini rupanya berasal dari desa Nagari Kubang. Martabak ini berisi daging sapi cincang atau rendang yang diberi daun daun bawang. Biasanya disajikan juga bersama kuah asam manis pedas yang membuat rasanya lamak bana alias sangat enak. ukurannya yang besar juga cocok nih jika disantap bersama. 


10. Gulai Banak



Sumber: Saribundo.biz


Satu lagi masakan unik dari Sumatera Barat yaitu gulai banak. Disebut unik karena gulai banak terbuat untuk bahan utamanya. Rasanya cenderung pedas dan gurih karena kuahnya terbuat dari bumbu campuran santan khas Padang. Sementara tekstur otak sapinya sangat lembut dan nikmat. Bagi penggemar makanan unik gulai banak ini pastinya wajib sekali buat dicoba. Namun perlu waspada bagi penderita darah tinggi karena gulai banak termasuk makanan yang berkolesterol tinggi.


Itulah sederetan masakan daerah Sumatera Barat yang terkenal nikmat dan lezat. sebenarnya masih banyak masakan khas Padang lainnya yang juga tak kalah enaknya seperti ayam pop, kalio, gulai paku, dendeng balado dan sebagainya. Mana nih masakan daerah Sumatera Barat yang ingin Teman Kuliner coba duluan? Atau, jangan-jangan langsung ingin coba semuanya sekaligus? Tak jadi masalah. Berikut rekomendasi tempat makan Padang dimana Teman Kuliner bisa mencoba masakan khas Padang di bawah ini ya!

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Sepiring Padang

Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang

Padang Express

Foto Padang Express
Foto Padang Express
Foto Padang Express

Sahaja Restoran Padang

Foto Sahaja Restoran Padang
Foto Sahaja Restoran Padang
Foto Sahaja Restoran Padang

RM Pagi Sore

Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
MtQYlPRwg
ishuntiongl@gmail.com | 28 Jul 2021 pk. 10:14 PM
Foto user umum
nixPIkJrTYRZWl
ishuntiongl@gmail.com | 28 Jul 2021 pk. 10:14 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?