Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Ini Wajib Pakai Susu Agar Cita Rasanya Tambah Lezat

List Artikel
16 Oktober 2019 | 0 Komentar

Susu menjadi minuman yang paling banyak digunakan sebagai bahan masakan, baik itu pada makanan hingga minuman. Meski terasa enak diminum begitu saja, tapi beberapa orang banyak yang menggunakannya untuk dicampur dengan aneka bahan-bahan lainnya sehingga bisa menjadi varian kuliner yang berbeda. Cita rasa kuliner yang diberi tambahan susu memang akan terasa lebih gurih dan creamy serta pastinya bisa menjadi lebih lezat. Susu yang sering digunakan untuk campuran kuliner bisa berupa susu cair putih atau susu UHT atau susu murni. Selain susu cair, susu kental manis juga banyak digunakan untuk menambah cita rasa manis pastinya. Dari sekian banyak kuliner yang menggunakan bahan campuran susu, ada lima yang paling banyak kita temukan. Lima kuliner ini rasanya wajib menggunakan campuran susu supaya cita rasanya jadi lebih lezat, yaitu:

 

1. Martabak Manis



Sumber : Pergikuliner.com


Pertama ada martabak manis yang merupakan salah satu jajanan street food khas Indonesia. Martabak manis terbuat dari bahan dasar tepung terigu, margarin, dan telur. Bahan dasar pembuatannya memang tidak menggunakan susu, tapi susu digunakan sebagai topping dasar pada martabak manis sebelum ditambahkan topping-topping yang lainnya. Jenis susu yang digunakan adalah susu kental manis. Berhubung adonan dasarnya tidak manis, jadi dengan adanya tambahan susu kental manis ini  maka cita rasa martabak manis akan semakin lebih lezat.

 

2. Puding



Sumber : Pergikuliner.com


Berikutnya ada puding yang menjadi kuliner pencuci mulut alias dessert. Puding dibuat dengan menggunakan bahan dasar susu cair, jelly atau agar, serta gula pasir. Untuk tambahan cita rasanya, biasanya akan ada bahan-bahan tambahan lainnya seperti cokelat hingga buah-buahan. Puding memiliki beragam varian dan masing-masing varian ini warnanya berbeda-beda. Biasanya puding disantap dengan tambahan saus vla yang juga dibuat dari bahan campuran susu di dalamnya.

 

3. Pancake


Sumber : Pergikuliner.com


Pancake di Indonesia memang tidak asing lagi terdengar karena bisa kamu jumpai di cafe-cafe ternama. Pancake merupakan salah satu menu sarapan terfavorit masyarakat barat. Pancake dibuat dari bahan dasar adonan tepung terigu, susu cair, telur, dan gula yang kemudian dimasak dalam wajan teflon berbentuk bulat. Penambahan susu pada pancake ini wajib supaya aromanya lebih wangi dan cita rasanya jadi lebih lezat. 

 

4. Macaroni Schotel



Sumber : Liputan6.com


Macaroni schotel merupakan salah satu makanan pokok masyarakat di daerah Eropa Utara seperti Denmark, Swedia, Islandia dan lain sebagainya. Kuliner ini dibuat dari bahan dasar pasta makaroni pastinya yang direbus lalu ditiriskan dan dicampur dengan keju parut, susu cair, daging cincang, serta aneka bumbu-bumbu lainnya. Macaroni schotel dimasak dengan cara dipanggang dalam oven selama beberapa menit. Setelah matang, biasanya macaroni schotel disantap dengan menggunakan saus tomat dan saus sambal.

 

5. Sop Buah



Sumber : Resepkoki.co.id


Terakhir ada sop buah yang menjadi dessert kesukaan masyarakat Indonesia saat musim kemarau dan juga pada bulan Ramadhan. Sesuai dengan namanya, sop buah atau sup buah terbuat dari aneka campuran buah-buahan segar, seperti buah naga, apel, strawberry, kiwi, melon, semangka, alpukat, nanas dan masih banyak lagi. Selain buah-buahan segar, susu cair serta susu kental manis juga wajib ditambahkan supaya cita rasa sop buah terasa lebih lezat lagi.


Selain kelima kuliner di atas, masih ada lagi kuliner yang wajib pakai susu seperti pie, pannacota, hingga pasta yang menggunakan saus alfredo. Kamu sendiri suka tidak dengan kuliner-kuliner di atas? Kalau iya, kamu bisa mampir ke salah satu tempat di bawah ini ya!

Martabak Bangka Akim

Foto Martabak Bangka Akim
Foto Martabak Bangka Akim
Foto Martabak Bangka Akim

Puyo Silky Desserts

Foto Puyo Silky Desserts
Foto Puyo Silky Desserts
Foto Puyo Silky Desserts

Christy Pudding

Foto Christy Pudding
Foto Christy Pudding
Foto Christy Pudding

The Pancake Co. by DORE

Foto The Pancake Co. by DORE
Foto The Pancake Co. by DORE
Foto The Pancake Co. by DORE

Pancious

Foto Pancious
Foto Pancious
Foto Pancious

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?