Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan yang Sebaiknya Tidak Disantap Bersama dengan Nasi

List Artikel
2 November 2019 | 0 Komentar

Bagi masyarakat Indonesia, nasi menjadi makanan pokok utama yang selalu dikonsumsi setiap harinya. Rasanya tak lengkap acara makan tanpa adanya nasi. Nasi mengandung sumber karbohidrat yang sangat tinggi sehingga cocok dikonsumsi sebelum melakukan aktivitas. Biasanya masyarakat Indonesia akan menyantap nasi dengan aneka lauk pauk tradisional, mulai dari lauk pauk kering seperti aneka gorengan hingga yang berkuah seperti sop, gulai, dan lain sebagainya. Tapi sayangnya tidak semua makanan cocok disantap bersama dengan nasi. Ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak kamu konsumsi bersama dengan nasi, yaitu:

 

1. Mie



Sumber : Pergikuliner.com


Kuliner pertama yang sebaiknya tidak disantap bersama dengan nasi adalah mie, baik itu mie dalam bentuk rebus atau goreng. Mie menjadi kuliner yang paling banyak dan paling sering disantap oleh masyarakat Indonesia dengan nasi karena kita selalu menganggap kalau mie termasuk dalam jenis lauk pauk yang cocok dimakan bersama nasi. Padahal mie termasuk salah satu sumber karbohidrat tinggi sehingga lebih baik kamu tidak menyantapnya bersama dengan nasi. Paduan yang cocok disantap dengan mie adalah sayur-sayuran yang bisa memberikanmu tambahan serat serta nutrisi dan vitamin lainnya.

 

2. Bihun



Sumber : Pergikuliner.com


Selain mie, ada bihun yang juga sebaiknya tidak disantap bersama dengan nasi. Kenapa demikian? Jika mie terbuat dari bahan dasar tepung terigu, bihun ini dibuat dari bahan dasar tepung beras sehingga warnanya keputihan dan teksturnya tidak sekenyal mie. Jika ingin menyantap bihun, kamu lebih baik memadukannya dengan aneka sayur-sayuran dan juga sumber protein seperti daging sapi, ayam, atau bebek.

 

3. Kentang



Sumber : Pergikuliner.com


Berikutnya ada kentang yang seperti kamu ketahui memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi sehingga sudah pasti tidak disarankan disantap bersama dengan nasi. Dalam satu cangkir kentang rebus atau kukus 200 gram, terdapat setidaknya ada 21 gram karbohidrat yang akan kamu dapat. Bayangkan jika kamu mengonsumsinya bersama dengan nasi, maka kamu akan mendapatkan asupan karbohidrat dua kali lipat dan berakibat pada naiknya berat badan. Meski demikian, jika tetap ingin menyantapnya, pastikan kalau jumlah kentang yang kamu konsumsi ini tidaklah banyak.

 

4. Jagung



Sumber : Pergikuliner.com


Di beberapa daerah yang ada di Indonesia, terutama di derah bagian timur Indonesia, jagung menjadi salah satu kuliner yang mendampingi nasi. Kita juga sering menjumpai jagung dalam bentuk gorengan atau yang lebih dikenal dengan nama perkedel jagung. Sayangnya jagung juga memiliki kandungan karbohidrat yang bisa dikatakan cukup tinggi sehingga tidak disarankan disantap bersama dengan nasi dalam jumlah yang banyak. Dalam setiap 100 gram jagung terdapat sekitar 25 gram karbohidrat.

 

5. Umbi-umbian




Sumber : Sajiansedap.grid.id


Terakhir ada umbi-umbian yang tidak disarankan untuk disantap bersama dengan nasi. Umbi-umbian seperti singkong, talas, hingga ubi ini sudah pasti memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi sehingga sebaiknya kamu tidak menyantapnya dengan nasi. Dalam 100 gram umbi-umbian terdapat sekitar 21 gram karbohidrat yang akan kamu dapatkan. Jadi lebih baik kamu mengonsumsinya tanpa nasi.  

 

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya tidak disantap bersama dengan nasi. Semoga informasi di atas bermanfaat untukmu ya! Jika rasa lapar mulai merasukimu sehabis membaca artikel ini, kamu bisa langsung mampir aja ke salah satu tempat makan di bawah ini ya!

Nasi Campur Aphang

Foto Nasi Campur Aphang
Foto Nasi Campur Aphang
Foto Nasi Campur Aphang

Nasi Jagung Mas Ang

Foto Nasi Jagung Mas Ang
Foto Nasi Jagung Mas Ang

Nasi Uduk Bu Sum

Foto Nasi Uduk Bu Sum
Foto Nasi Uduk Bu Sum
Foto Nasi Uduk Bu Sum

Nasi Kari Akiat

Foto Nasi Kari Akiat

Nasi Campur Kenanga

Foto Nasi Campur Kenanga
Foto Nasi Campur Kenanga
Foto Nasi Campur Kenanga

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?