Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Apa yang Dimaksud Kopi Single Origin? Penggemar Kopi Wajib Tahu!

List Artikel
17 Oktober 2018 | 0 Komentar

Bagi para penggemar kopi, apa kamu pernah mendengar jenis kopi single origin? Sebenarnya istilah single origin ini nggak lagi terdengar asing, hanya saja nggak banyak orang yang memahaminya dengan baik karena istilah ini hanya beredar di sekitar penggemar kopi. Nggak seperti kopi susu yang kita pasti tahu dinamakan seperti itu karena proses pembuatannya yang menggunakan susu. Kalau kopi single origin ini disebut seperti ini sebenarnya bukan mengacu pada jenis olahan kopi, melainkan adalah istilah yang diberikan untuk tempat atau asal mula biji kopi tersebut berasal. Kopi single origin hanya terbuat dari satu jenis biji kopi yang sama alias nggak ada campuran biji kopi lain di dalamnya. Jenis biji kopinya ini juga berasal dari tempat atau perkebunan daerah yang sama.



Sumber : PergiKuliner.com


Aroma dan rasa biji kopi yang dihasilkan dari suatu perkebunan atau daerah tertentu pastinya memiliki karakteristik tersendiri. Ketika kamu disajikan tiga gelas kopi single origin dengan penyeduhan manual brew, maka ketiganya pasti akan memiliki cita rasa yang berbeda jika masing-masing gelas tersebut berasal dari biji kopi yang berbeda. Katakanlah jika gelas pertama terbuat dari kopi Gayo Aceh maka akan memiliki cita rasa tanah, gelas kedua dari kopi Lampung yang memiliki cita rasa campuran cokelat di dalamnya, dan gelas ketiga dari kopi Toraja yang punya cita rasa fruity.



Sumber : PergiKuliner.com


Hal inilah yang membuat penggemar kopi disarankan untuk meminum kopi single origin agar lidah mereka menjadi lebih peka dengan asal daerah atau perkebunan biji kopi dibuat. Dengan menyeduh biji kopi single origin yang berbeda, kamu bisa mendapatkan dan merasakan cita rasa kopi yang berbeda-beda meski kopi tersebut diproses dengan metode penggilingan dan penyeduhan yang sama. Lain halnya dengan dengan kebalikan dari kopi single origin yakni kopi blend yang menggabungkan lebih dari satu jenis biji kopi untuk mendapatkan minuman kopi.


 Sumber : PergiKuliner.com


Tujuan dari mencampur biji kopi ini adalah untuk menciptakan cita rasa yang bisa disesuaikan dengan lidah. Misalkan saja kamu lebih suka kopi yang memiliki cita rasa cokelat dan buah dalam waktu yang bersamaan, maka kamu bisa mencampurkan kopi Lampung dan kopi Toraja sehingga bisa menghasilkan rasa yang kamu inginkan.


Jadi, sekarang kamu sudah tahu kan apa yang dimaksud dengan kopi single origin? Namun meski begitu, apapun pilihanmu, baik itu kopi single origin atau kopi blend, kopi tetap bisa memberikan kamu kenikmatan tersendiri yang nggak dimiliki oleh minuman lainnya. Bagaimana? Langsung membayangkan nikmatnya kopi ya? Nah, kamu bisa langsung mampir ke salah satu kedai kopi rekomendasi dari PergiKuliner di bawah ini ya!

Giyanti Coffee Roastery

Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery

Caribou Coffee

Foto Caribou Coffee
Foto Caribou Coffee

Fillmore Coffee

Foto Fillmore Coffee
Foto Fillmore Coffee
Foto Fillmore Coffee

Tanamera Coffee Roastery

Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery

1/15 One Fifteenth Coffee

Foto 1/15 One Fifteenth Coffee
Foto 1/15 One Fifteenth Coffee
Foto 1/15 One Fifteenth Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?