Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Apakah Makanan Berwarna Hitam Aman Untuk Di Konsumsi?

List Artikel
29 April 2017 | 0 Komentar

Makanan hitam kini kian populer keberadaannya di dunia kuliner. Berbagai restoran dan tempat makan pun berlomba-lomba menciptakan kreasi black food untuk menarik perhatian pelanggan. Sebut saja beberapa menu makanan hitam yang sedang ngehits seperti black burger, black noodle, black hotdog, hingga black fried rice. Berbagai pewarna makanan digunakan untuk menghasilkan warna hitam pada jenis makanan ini, termasuk pewarna makanan alami. Ada yang memanfaatkan tinta cumi-cumi dan bahkan ada pula yang menggunakan arang bambu atau bamboo charcoal sebagai campurannya. 

Seberapa amankah kedua bahan pewarna tersebut jika dikonsumsi?



sumber : pergikuliner.com


1. Tinta Cumi



sumber : pergikuliner.com 


Tinta cumi yang biasa dicampurkan pada makanan merupakan zat alami yang dikeluarkan oleh cumi-cumi ketika sedang dalam bahaya. Fungsi dari tinta cumi tersebut sebenarnya untuk melindungi diri. Kemudian seiring dengan maraknya black food di kalangan masyarakat maka semakin banyak orang yang menggunakan tinta cumi sebagai bahan makanan. Seperti diketahui dari TheDailyMeal, tinta cumi tak hanya pigmen alami yang menghasilkan warna hitam tetapi ia juga mengandung sejumlah nutrisi seperti protein, mineral, dan asam amino yang baik bagi tubuh. Sementara menurut penelitian bahan pangan di China bahkan menemukan kandungan zat pada tinta cumi yang dapat melawan kanker, karena bersifat antibakteri dan mampu melindungi sel darah putih. Jadi terbukti kalau tinta cumi sangat aman jika dikonsumsi.


2. Bamboo Charcoal



sumber : pergikuliner.com 


Selanjutnya adalah penelusuran mengenai penggunaan arang bambu pada makanan. Baru-baru ini penggunaan arang bambu sedang hangat diperbincangkan lantaran manfaat dan kandungan gizinya yang belum jelas bagi kesehatan. Perlu diketahui bahwa arang bambu yang biasa digunakan pada makanan berbeda dengan arang biasa yang merupakan sisa hasil pembakaran. Arang bambu atau bamboo charcoal merupakan zat karbon pada arang yang sudah melewati tahap proses pemurnian sehingga tak mengandung zat kimia berbahaya. Dalam dunia medis sendiri zat arang aktif sudah lebih umum dikenal untuk mengatasi gangguan pada sistem pencernaan seperti overdosis dan keracunan makanan. Zat arang aktif memiliki sifat daya serap yang tinggi sehingga tak disarankan untuk mengkonsumsinya dalam jumlah berlebihan. Hal ini dikhawatirkan akan membawa seluruh zat-zat gizi pada tubuh terserap oleh arang bambu tersebut dan menyebabkan malnutrisi.

Namun kamu tak perlu takut sebab arang bambu masih tetap aman dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit. Akan tetapi, belum ada penelitian secara jelas yang mengatakan tentang batas aman dari arang bambu ini untuk dikonsumsi, sehingga dalam hal ini kamu sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi black food yang mengandung bamboo charcoal ya!


Nah, itu dia penejelasan mengenai kandungan yang terdapat pada black food atau makanan hitam. Kamu jadi tertarik untuk mencobanya? Cek tempat makannya di bawah ini yuk!

Warung Enon

Foto Warung Enon
Foto Warung Enon

Pizza Pizza Pizza

Foto Pizza Pizza Pizza

Tamoya Udon

Foto Tamoya Udon
Foto Tamoya Udon
Foto Tamoya Udon

Blacklisted

Foto Blacklisted
Foto Blacklisted
Foto Blacklisted

Martabak Blackpool

Foto Martabak Blackpool
Foto Martabak Blackpool
Foto Martabak Blackpool

Mau tau dimana saja tempat makan enak di wilayah JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek pergikuliner.com dulu ya sebelum pergi kulineran!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?