Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Asal Usul Soto yang Jadi Kuliner Berkuah Populer di Indonesia

List Artikel
9 Maret 2023 | 0 Komentar

Soto merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang tak hanya populer di negara asalnya, tapi juga di luar negeri. Soto adalah kuliner berkuah yang di dalamnya terdapat banyak isian, mulai dari daging dan sayuran yang dimasak menjadi satu dan nantinya akan disajikan bersama nasi putih hangat. Makanan ini termasuk dalam kuliner kaki lima karena memang kita bisa dengan menjumpainya di pinggir jalan. Para pedagang soto memang lebih banyak yang menjajakan dagangannya di gerobak yang mangkal di pinggir jalan. Meski demikian, soto juga banyak dijumpai di rumah makan atau gerai warung dengan harga yang sangat terjangkau sehingga kuliner ini bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat. Menjadi kuliner yang banyak disukai, kamu tahu tidak mengenai asal usul dari kuliner berkuah ini?

 

Diadaptasi dari Budaya Tionghoa



Sumber: Pergikuliner.com


Tahukah kamu kalau kuliner khas Indonesia ini ternyata merupakan adaptasi dari budaya Tiongkok? Hal ini dikarenakan asal nama dari soto diambil dari makanan Tionghoa yang dalam dialek Hokkian yang cau do, jao to, atau chau tu yang artinya adalah rerumputan atau jerohan berempah. Cau do asal Tionghoa ini memang aslinya merupakan kuliner berkuah yang di dalamnya terdapat daging babi, aneka jerohan, dan juga sayuran hijau. Dari sinilah masyarakat Indonesia terinspirasi untuk membuat kuliner serupa dengan menggunakan bahan-bahan lokal yang mudah didapat.

 

Pertama Kali Ada di Jawa Tengah Pada Abad ke-19



Sumber: Pergikuliner.com


Selain karena penamaannya yang mirip dengan nama kuliner Tionghoa, ternyata juga ada alasan lainnya mengapa soto diduga diadaptasi dari kuliner Tionghoa. Hal ini dikuatkan degan adanya dugaan kalau soto awalnya dibawa oleh para pedagang Tionghoa yang mampir saat kapalnya berlabuh di Jawa Tengah, tepatnya di Semarang pada abad ke-19. Saat para pedagang dan imigran China ini berada di tanah Jawa, mereka menjajakan kuliner-kuliner khas Tionghoa kepada masyarakat setempat. Dari sinilah masyarakat Indonesia mulai mengenal kuliner berkuah yang dinamakan cau do. Berhubung masyarakat setempat mayoritasnya beragama muslim, maka daging babi dan jerohannya kemudian diganti dengan daging ayam, kerbau, dan sapi.

 

Masing-masing Daerah di Indonesia Punya Soto dengan Rasa Berbeda



Sumber: Pergikuliner.com


Soto dianggap oleh masyarakat Indonesia sebagai kuliner yang sangat merakyat. Tidak hanya dari segi harganya saja yang terjangkau, tapi rasanya juga sangat ringan dan cocok untuk disantap dengan nasi putih yang menjadi makanan pokok di Indonesia. Hal ini membuat masing-masing daerah di Indonesia memiliki soto khasnya masing-masing. Uniknya, varian soto tersebut memiliki rasa yang berbeda-beda. Contohnya saja seperti soto Betawi rasanya berbeda dengan soto Lamongan dan soto mie Bogor.

 

Jawa Menjadi Daerah dengan Varian Soto Terbanyak di Indonesia



Sumber: Pergikuliner.com


Dari banyaknya varian soto yang ada di Indonesia, Pulau Jawa menjadi daerah yang punya varian soto terbanyak di antara pulau-pulau lainnya. Hampir sekitar 80% varian soto bisa dijumpai di Pulau Jawa, sementara sisanya dijumpai di Sumatera, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan, dan Sulawesi. Meski varian soto banyak dijumpai di Pulau Jawa, tapi penggunaan rempah dan bumbu paling banyak dijumpai di Sumatera Barat. Contohnya saja seperti soto Padang yang dibuat dari puluhan rempah dan bumbu sehingga rasanya menjadi lebih kuat. Berbeda dengan soto-soto di Jawa yang punya rasa yang lebih ringan dan kuah yang lebih bening.

 

Itulah asal usul soto yang jadi kuliner berkuah paling populer di Indonesia. Kamu sendiri lebih suka menyantap soto dari daerah mana, nih? Setelah membaca artikel di atas, jika kamu ingin mencicip soto untuk makan siang atau makan malam, mampir saja ke salah satu tempat makan yang menjual soto enak di bawah ini!

Soto Ayam Lamongan Cak Har

Foto Soto Ayam Lamongan Cak Har
Foto Soto Ayam Lamongan Cak Har
Foto Soto Ayam Lamongan Cak Har

Soto Rahayu Mulia

Foto Soto Rahayu Mulia
Foto Soto Rahayu Mulia
Foto Soto Rahayu Mulia

Soto Podjok Kediri

Foto Soto Podjok Kediri
Foto Soto Podjok Kediri
Foto Soto Podjok Kediri

Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo

Foto Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo
Foto Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo
Foto Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo

Soto Kudus Blok M

Foto Soto Kudus Blok M
Foto Soto Kudus Blok M
Foto Soto Kudus Blok M

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?