Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Cek Kadar Kalori yang Ada pada Sajian Kopi Favoritmu Yuk!

List Artikel
3 Desember 2019 | 0 Komentar

Kopi merupakan salah satu minuman ternama yang dihasilkan dari seduhan biji kopi yang sudah disangrai dan dihaluskan terlebih dahulu sehingga menjadi bubuk kopi. Kopi sebelumnya hanya digunakan sebagai minuman pengusir rasa kantuk, tapi saat ini kopi sudah menjadi sebuah gaya hidup, terutama bagi masyarakat perkotaan dan anak muda. Salah satu alasan mengapa kopi sangat digemari adalah karena kopi punya banyak variannya.

Tapi tahukah kamu kalau kadar kalori yang ada pada kopi ini berbeda-beda sesuai dengan variannya. Kopi memang mengandung kalori di dalamnya sehingga jika kamu minum di pagi hari bisa memberikan suntikan tenaga untuk beraktivitas. Agar tahu berapa kadar kopi yang ada pada sajian kopi favoritmu, cek langsung aja yuk!



Sumber : PergiKuliner.com


1. Kopi Hitam

Kadar kalori yang ada pada kopi hitam menjadi yang paling kecil jika dibandingkan varian kopi lainnya. Tapi ingat, kopi hitam yang dimaksud di sini adalah murni kopi hitam tanpa campuran gula di dalamnya. Beberapa jenis kopi hitam seperti kopi tubruk, kopi espresso, hingga kopi yang menggunakan proses manual brew. Dalam secangkir kopi hitam mengandung sekitar 5 kalori di dalamnya.

 

2. Latte

Selanjutnya ada varian kopi latte yang terbuat dari campuran espresso, susu steam, dan micro foam. Secangkir latte yang disajikan tanpa gula ini mengandung sekitar 120 kalori di dalamnya. Jika kamu menambahkan sesendok gula, maka akan ada tambahakan sekitar 16 kalori. Jumlah kalori ini bisa menyamai kalori satu porsi nasi putih yang biasa kamu santap.              


3. Cappucino

Untuk cappucino yang pada dasarnya punya campuran sama dengan latte yakni adanya espresso, susu steam, dan micro foam. Hanya saja pada latte susu steamnya lebih banyak. Sedangkan pada cappucino perbandingannya 1:1 antara susu steam dan micro foam.  Bisa dikatakan kalau kadar kalori cappucino tak jauh berbeda dengan latte, yakni sekitar 150 kalori dalam satu cangkirnya. Jika ingin rendah kalori, maka kamu bisa mengganti susu full cream dengan susu almond, susu skim, atau susu kedelai yang kalorinya lebih sedikit.

 

4. Kopi Susu

Pastinya di antara kamu ada yang gemari sekali menyeruput es kopi susu kekinian yang masih saja diburu hingga sekarang. Dalam segelas kopi susu terdapat beragam bahan campuran seperti espresso, susu, gula aren, hingga susu kental manis. Jika semuanya ada dalam satu gelas, maka kalorinya bisa menyamai satu porsi nasi putih. Tapi jika kamu menggunakan susu skim atau hanya menggunakan gula aren tanpa susu kental manis, maka kalorinya bisa berkurang hingga 20-30 kalori.

 

5. Frappucino

Frappucino sangat disukai oleh orang-orang yang memang gemar menyantap kuliner manis karena di dalamnya terdapat tambahan whipped cream. Tambahan whipped cream ini memberikan sumbangan kalori sekitar 100 kalori. Jika ditambahkan kalori pada bahan campuran frappucino seperti kopi, susu, dan cokelat. Rata-rata satu gelas frappucino mengandung sekitar 241 kalori di dalamnya.

 

6. Cafe Mocha

Cafe mocha adalah perpaduan dari kopi, susu, dan cokelat. Tak heran jika kalorinya sangat tinggi karena cokelat menyumbang kalori yang besar. Dalam satu gelas cafe mocha terdapat sekitar 250 kalori di dalamnya. Jika cokelat yang digunakan adalah jensi cokelat murni, maka kadar kalorinya bisa berkurang menjadi 197 kalori.

 

10. Kopi Instan

Untuk kopi instan, seperti yang kamu ketahui, citarasanya jauh lebih manis dari kopi-kopi yang disajikan di kedai kopi. Hal ini dikarenakan kamu tidak bisa menakar gulanya karena sudah ada pada kemasan. Dalam satu sachet kopi instan biasanya mengandung setidaknya 80-90 kalori di dalamnya. Hal itu jika kopi instan hanya terbuat dari campuran kopi dan gula saja. Tapi kalau di dalamnya ada susu atau krim bisa bertambah sekitar 5-10 kalori lagi.

 

Itulah beberapa kadar kalori pada varian kopi. Kopi kesukaanmu punya berapa kalori di dalamnya ya? Sebenarnya kamu sah-sah saja menyantap aneka kopi di atas, tapi sebaiknya jangan meminumnya setelah makan berat karena tubuh sudah mendapat asupan kalori dari makanan. Berikan jeda sekitar 2-3 jam kemudian, barulah kamu bisa mengonsumsi aneka kopi di atas, selain kopi hitam karena memang kopi hitam kalorinya sangat kecil sehingga bisa diminum setelah makan. 

Jadi pengen ngopi setelah membaca artikel di atas? Cek dulu yuk beberapa kedai kopi favorit Teman PergiKuliner di bawah ini!

Giyanti Coffee Roastery

Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery

Kopi Susu Bu Lurah

Foto Kopi Susu Bu Lurah
Foto Kopi Susu Bu Lurah
Foto Kopi Susu Bu Lurah

Crematology Coffee Roasters

Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters

Fillmore Coffee

Foto Fillmore Coffee
Foto Fillmore Coffee
Foto Fillmore Coffee

Kopi Kenangan

Foto Kopi Kenangan
Foto Kopi Kenangan
Foto Kopi Kenangan

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?